Soekarwo dan Gus Ipul Hadiri Deklarasi Dukungan Ulama untuk Jokowi

Padahal sudah lama tak nampak bersama

Surabaya, IDN Times - Mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan Syaifullah Yusuf kompak hadir dalam acara Silaturahmi Alim Ulama NU Jawa Timur yang diselenggarakan di Hotel Bumi, Sabtu (9/3). Acara ini merupakan deklarasi dukungan para ulama di Jatim kepada Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin.

Moeldoko, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) mengatakan dalam acara tersebut memang merupakan deklarasi dukungan yang ditujukan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Kaitannya dengan 01, itu otomatis lah itu, karena satu bahwa untuk melihat pemimpin ke depan adalah orang yang sudah memiliki pengalaman, pengalaman mengelola pemerintahan. Ini Pak Jokowi udah terbukti kan," ujarnya.

Baca Juga: Ketua Timses Harap Soekarwo Dapat Bantu Katrol Suara Jokowi di Pacitan

1. Pakde Karwo-Gus Ipul bersatu di acara dukungan Jokowi-Ma'ruf

Soekarwo dan Gus Ipul Hadiri Deklarasi Dukungan Ulama untuk JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Soekarwo dan Syaifullah Yusuf saat bertemu langsung saling berpelukan dan saling cium pipi. Suasana pertemuan pun sangat cair. Padahal, saat masih menjabat di pemerintahan Jawa Timur, keduanya terlihat tak akur seusai gelaran Pilgub Jatim 2018.

Beberapa kali Gus Ipul sapaan Saifullah, absen dalam acara yang digelar Pemprov Jatim. Bahkan, Gus Ipul juga absen pada malam perpisahan pasangan Soekarwo-Gus Ipul yang digelar di Gedung Negara Grahadi.

2. Khofifah juga menyempatkan hadir

Soekarwo dan Gus Ipul Hadiri Deklarasi Dukungan Ulama untuk JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Selain Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo dan Gus Ipul, hadir juga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam pertemuan tertutup tersebut. Selain sebagai Ketua Muslimat NU, Khofifah merupakan tokoh Jatim yang aktif menggalang dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf melalui Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN).

3. TKN senang atas kehadiran tokoh Jatim

Soekarwo dan Gus Ipul Hadiri Deklarasi Dukungan Ulama untuk JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Moeldoko mengaku senang atas kehadiran tokoh-tokoh pemerintahan di Jatim dalam acara tersebut. Kedatangan Pakde Karwo, Gus Ipul, dan Khofifah, menurutnya membuat kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jatim telah ada di depan mata.

"Ya saya pikir Indikatornya kan udah jelas, ya kan begitu," ujarnya disambut gelak tawa.

4. Berisikan seruan mendukung Jokowi-Ma'ruf

Soekarwo dan Gus Ipul Hadiri Deklarasi Dukungan Ulama untuk JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Selain itu, dalam acara ini juga dihadiri ulama-ulama pengasuh pondok pesantren yang ada di Jatim. Mereka bersepakat untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf dalam kontestasi Pilpres 2019. Mereka juga membaca sebuah seruan untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Merapatkan barisan untuk mengawal Jatim bersatu mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf yang merupakan representasi terbaik NU," ujar para kiai membacakan salah satu isi seruan.

Baca Juga: Jokowi vs Prabowo Bahas Isu Rokok, Eks Menkes: Keduanya Gak Serius

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya