Menang di Pilkada, Relawan Khofifah Alihkan Dukungan ke Jokowi

Barkod sasar kalangan millennial dan pengusaha

Surabaya, IDN Times - Keberpihakan Khofifah Indar Parawansa terhadap calon presiden petahana, Joko "Jokowi" Widodo rupanya turut menyertakan para pendukungnya untuk mendukung Jokowi. Setelah Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) yang mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi, kali ini giliran Barisan Komunitas Pendukung Jokowi (Barkod) yang dulunya Barisan Relawan Kofifah pun mendeklarasikan diri sebagai relawan pemenangan pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf pada Jumat (9/11).

1. Barkod dulunya merupakan relawan Khofifah

Menang di Pilkada, Relawan Khofifah Alihkan Dukungan ke JokowiIDN Times/Fitria Madia

Khofifah mengakui bahwa para relawan yang berada di Barkod merupakan relawan yang juga mendukungnya saat kontestasi Pilgub 2018. Ia mensyukuri atas kerelaan para pendukungnya untuk turut mendukung Jokowi.

"Bagi saya ini adalah energi baru, yang akan menjadi bagian pemenangan yang jauh signifikan dari pemenangan Pilgub yang lalu. Mudah-mudahan ini menjadi semangat bagi relawan yang lain," harapnya.

Selain itu, banyaknya pasukan yang ia bawa dari Jawa Timur diharapkan akan menyumbang suara tinggi bagi Jokowi-Ma'ruf di Jatim.

"Kepala Daerah yang kemarin terpilih kemarin juga punya relawan yang banyak, relawan itu juga rasanya akan berseiring dengan irisan afiliasi pada saat Pilpres yang akan datang," terangnya.

Baca Juga: Nasib Guru Honorer Belum Jelas, Ini Langkah Kubu Jokowi-Ma'ruf

2. Tidak akan bergesekan dengan JKSN

Menang di Pilkada, Relawan Khofifah Alihkan Dukungan ke JokowiIDN Times/Fitria Madia

Khofifah mengatakan, Barkod tidak kan bersinggungan dengan JKSN. Malah kedua jaringan tersebut akan bekerja berseiringan dan saling menguatkan.

"Kalau JKSN kan Jaringan jadi gak cuma Kiai dan Santri tapi juga jaringannya. Kita melihat di negeri ini banyak elemen di negeri ini yang punya minat dan komitmen membangun relawan. Pasti di beberapa titik akan beririsan tetapi akan saling menguatkan," paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum Barkod, Zahrul Azhar Asumta atau yang karib disapa Gus Han juga menjelaskan pembagian segmentasi antara JKSN dan Barkod.

"Kalau JKSN itu kan lebih ke Kiai Ma'rufnya. Tapi kalau Barkod kita sasarnya ke millennials dan pengusaha-pengusaha. Jadi memang beda segmennya," terang Gus Han.

3. Akan setingkat nasional

Menang di Pilkada, Relawan Khofifah Alihkan Dukungan ke JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Barkod terbagi menjadi empat bagian yaitu Barkodpreneur yang menyasar pengusaha, Barkodekualitas yang menampung kaum minoritas dan perempuan pendukung Jokowi, Barkodmilenial sebagai wadah para milenial, dan Barkodberkarya yang terdiri dari barisan buruh, petani, dan nelayan. Gus Han menjelaskan bahwa hingga saat ini jumlah relawan masih dalam proses perhitungan.

"Ini adalah bentuk penyederhanaan para relawan yang sangat banyak. Ini nasional jadi insyaallah kita akan deklarasikan di beberapa daerah juga," pungkasnya.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Khofifah Sebagai Striker Tanpa Bola

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya