Khofifah Tak Kenal Dekat dengan Haris Meski Menantu Ketua Timsesnya

Cuma sekedar tahu sebagai sesama pejabat

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kaget namanya disebut-sebut oleh tersangka kasus dugaan jual beli jabatan, Romaharmuziy. Khofifah disebut memberi rekomendasi Haris Hasanuddin untuk menjadi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur (Jatim). Padahal, Khofifah merasa tidak mengenal Haris secara pribadi.

Baca Juga: Rommy Sebut Nama Kiai & Khofifah Soal Kasusnya, Ini Tanggapan KPK

1. Tidak mengenal Haris secara pribadi

Khofifah Tak Kenal Dekat dengan Haris Meski Menantu Ketua TimsesnyaIDN Times/Fitria Madia

Khofifah mengatakan, dia mengenal Haris hanya sebatas profesionalitas saja. Dia pertama kali mengenal saat Haris menjabat sebagai Kakanwil Kemenag Surabaya

"Secara personal tidak, tetapi beliau pernah menjadi Kakanwil Kemenag Surabaya. Saya sempat ketemu di pengajian sekali," ujar dia di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (23/3).

2. Bertemu saat menjadi Gubernur

Khofifah Tak Kenal Dekat dengan Haris Meski Menantu Ketua TimsesnyaIDN Times/Fitria Madia

Pertemuan keduanya terjadi saat Khofifah telah menjadi Gubernur Jawa Timur. Saat itu, Khofifah bertemu dengan Haris yang menjadi Plt Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Khofifah bertemu dengan Haris bersama dengan tim Kemenag.

"Saya ketemu lagi ketika beliau audiensi di sini (Grahadi). Jadi saya mengajak mendiskusikan data yang diserve oleh UIN Syarif Hidayatullah. Saya minta kita sama-sama melakukan pemetaan, dan itu Pak Haris datang dengan tim dan saya juga menerima dengan tim," tutur dia.

3. Baru tahu Haris menantu orang dekatnya

Khofifah Tak Kenal Dekat dengan Haris Meski Menantu Ketua TimsesnyaIDN Times/Fitria Madia

Haris diketahui merupakan menantu dari Roziqi, Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Emil Dardak saat Pilgub Jatim 2018. Bahkan, mertua Haris itu pun menjadi ketua Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) yang dibina Khofifah sebagai pemenangan pasangan Joko "Jokowi" Widodo - Ma'ruf Amin.

Akan tetapi, Khofifah mengaku jika belakangan ini baru tahu jika Haris adalah menantu Roziqi. "Tetapi teman-teman, yang namanya open bidding ya open bidding. Anak ya anak, mantu ya mantu itu bersifat personal kalau tidak memenuhi kualifikasi, kan gak bisa ikut open bidding," jelas dia.

4. Tidak tahu Haris tidak memenuhi persyaratan seleksi

Khofifah Tak Kenal Dekat dengan Haris Meski Menantu Ketua TimsesnyaIDN Times/Fitria Madia

Haris pun diketahui tidak memenuhi persyaratan administrasi saat mengajukam diri sebagai Kakanwil Kemenag Jatim. Khofifah pun kembali menekankan, bahwa ia tak tahu menahu akan hal tersebut.

"Yaa Allah, aku ini bukan BAKN (Badan Administrasi Kepegawaian Negara). Seseorang mau maju, tidak maju ikut open bidding, apa urusannya melapor ke saya?" tandas dia.

Baca Juga: Namanya Dicatut Rommy, Begini Kata Khofifah

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya