Jual-Beli Jabatan, Kiai Asep Bantah Rekomendasikan Haris kepada Rommy

Cuma menjelaskan bahwa murid ngaji

Surabaya, IDN Times - Selain nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pengasuh Pondok Pesantren, Amanatul Ummah, Kiai Asep Saifuddin Halim, juga disebut oleh mantan Ketua Umum PPP, Romaharmuziy. Mereka berdua lah yang disebut merekomendasikan Haris Hasanudin menjadi Ketua Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur.

Baca Juga: Rommy Sebut Nama Kiai & Khofifah Soal Kasusnya, Ini Tanggapan KPK

1. Hanya memberikan penjelasan Haris sebagai muridnya

Jual-Beli Jabatan, Kiai Asep Bantah Rekomendasikan Haris kepada RommyRommy (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Namun, Asep membantah bahwa ia merekomendasikan Haris untuk menjadi Kakanwil Kemenag Jatim kepada Rommy. Asep mengatakan, ia hanya dimintai pendapat tentang sosok Haris.

"Berkaitan siapa dia, saya memberi rekomendasi dia santri saya bertahun-tahun setiap pagi ngaji di tempat saya ngaji fiqih, ngaji hadist, gitu," ujarnya di kediamannya, Jumat (22/3).

2. Haris hanya sebatas santrinya

Jual-Beli Jabatan, Kiai Asep Bantah Rekomendasikan Haris kepada RommyDok. IDN Times/Istimewa

Asep juga menambahkan, bahwa ia mengenal sosok Haris hanya sebatas hubungan antara guru dan murid. Ia tidak mengenal terlalu jauh, apalagi sampai merekomendasikan Haris untuk jadi Kakanwil Kemenag Jatim.

"Kalau ditanyai siapa Haris ya saya harus menjawab dia santri saya bertahun-tahun. Dia ngaji ke saya sejak menjadi mahasiswa. Tidak ada yang lain kecuali itu," tuturnya.

3. Tidak tahu Haris sempat mendapat tindakan pendisiplinan

Jual-Beli Jabatan, Kiai Asep Bantah Rekomendasikan Haris kepada RommyDok. IDN Times/Istimewa

Selain itu, Asep juga tidak mengetahui bahwa Haris sebelumnya pernah mendapatkan sanksi disiplin, sehingga membuat Haris sebenarnya tak lolos administrasi untuk menjadi Kakanwil Kemenag Jatim.

"Tidak pernah (tahu). Saya kan baru di PPP. Pilihan saya di PPP itu juga karena satu-satunya partai yang rahmatan lil alamin," pungkas dia.

4. Kiai Asep dan Khofifah disebut merekomendasi Haris

Jual-Beli Jabatan, Kiai Asep Bantah Rekomendasikan Haris kepada RommyRommy (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Sebelumnya, Rommy menyebut-nyebut nama Khofifah dan Kiai Asep. Menurut Rommy ia tidak melakukan jual beli jabatan karena nama Haris juga direkomendasikan oleh Khofifah dan Kiai asep.

"Memang dari awal saya menerima aspirasi itu dari ulama, seorang kiai, Kiai Asep Saifuddin Halim yang dia adalah seorang pimpinan ponpes (pondok pesantren) besar di sana. Dan kemudian Ibu Khofifah Indar Parawansa, misalnya, beliau gubernur terpilih," ujar Rommy di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (22/3).

Baca Juga: Respons Khofifah Saat Namanya Disebut Rommy di KPK 

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya