Jokowi Resmikan Pengolah Sampah Jadi Listrik, Ini Rangkaian Acaranya

Bakal jadi PSEL pertama dan terbesar di Indonesia

Surabaya, IDN Times - Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo sebagai PSEL pertama di Indonesia akan diresmikan oleh Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo pada Kamis (6/5/2021). Berbagai rangkaian acara disiapkan dalam peresmian pilot project nasional ini.

Rencananya, peresmian proyek nasional ini juga akan dihadiri beberapa menteri antara lain Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, hingga Menteri Sosial RI yang juga merupakan Wali Kota Surabaya saat proyek ini dibangun, Tri Rismaharini.

1. Penjelasan singkat mengenai PSEL dengan miniatur

Jokowi Resmikan Pengolah Sampah Jadi Listrik, Ini Rangkaian AcaranyaAnna Fajriatin saat menjaga posko PSBB di MERR Surabaya. IDN Times/Faiz Nashrillah

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Anna Fajriatin menjelaskan bahwa rangkaian peresmian PSEL Benowo ini akan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Rangkaian acara ini akan dimulai dengan penjelasan PSEL secara keseluruhan melalui miniatur.

"Pak Presiden juga ingin melihat secara langsung, jadi mulai dari maket-nya. Kemudian ada penjelasan singkat terkait pengolahan sampah menjadi listrik ini, mungkin sebelum masuk ke area tenda atau tempat acara," ujar Anna, Rabu (5/5/2021).

2. Akan diajak tinjau langsung mesin turbin

Jokowi Resmikan Pengolah Sampah Jadi Listrik, Ini Rangkaian AcaranyaWali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau kesiapan PSEL Benowo, Senin (3/5/2021). Dok Humas Pemkot Surabaya

Setelah Jokowi mendapatkan penjelasan singkat mengenai PSEL Benowo, ia akan dibawa ke lantai 3 kemudian lantai 6. Anna menerangkan bahwa lantai 3 merupakan lokasi mesin turbin yang mengolah sampah menjadi energi listrik.

"Jadi proses mesinnya itu bagaimana, berapa jumlah tonase-nya, berapa jumlah listrik yang dihasilkan. Jadi bisa kelihatan di dalam layar," tutur Anna.

3. Bisa lihat proses dump truk mengantar sampah

Jokowi Resmikan Pengolah Sampah Jadi Listrik, Ini Rangkaian AcaranyaWali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau kesiapan PSEL Benowo, Senin (3/5/2021). Dok Humas Pemkot Surabaya

Selain itu, di lantai 3 ini Jokowi bisa memantau suasana luar PSEL dari ketinggian. Dari sudut pandang itu, pemandangan dump truk yang mengantarkan sampah-sampah ke waste pit bisa dilihat dengan jelas. Sampah dari waste pit ini yang kemudian akan dimasukkan ke mesin turbin untuk diolah jadi listrik.

"Nah, bagaimana caranya kita bisa melihat listrik itu. Jadi memang, di situ kan ada cerobong, kalau cerobongnya sudah berwarna putih itu berarti pembakarannya sempurna, dan itu menggunakan teknologi yang ramah lingkungan," jelasnya.

Anna memastikan bahwa rangkaian acara ini akan berjalan lancar. Ia pun percaya, PSEL Benowo bisa beroperasi dengan baik sebagai pilot project nasional agar lebih banyal PSEL lain di Indonesia.

"Jadi ini Insya Allah bakal menjadi pilot project nasional," tutupnya.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi 6 Mei, Eri Pastikan PSEL Benowo Siap Beroperasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya