Jelang Debat Cawapres, Ma'ruf Amin Dipercaya Mampu Gaet Swing Voters

Kiai Ma'ruf dirasa sudah siap

Surabaya, IDN Times - Debat ketiga Pemilihan Presiden 2019 masih sebulan lagi. Debat ini akan mempertemukan para calon wakil presiden yaitu Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Publik dibuat penasaran dengan debat in,i karena Ma'ruf yang tak banyak mengambil porsi jawaban saat debat pertama akan melawan Sandiaga yang dikenal jago berdialog.

Baca Juga: Caleg DPR Adly Fayruz Bangga Dikenalkan Sebagai Cucu oleh Ma'ruf Amin

1. Ketua TKD Jatim optimis Ma'ruf siap untuk debat

Jelang Debat Cawapres, Ma'ruf Amin Dipercaya Mampu Gaet Swing VotersIDN Times/Fitria Madia

Meskipun begitu, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur Jokowi-Ma'ruf, Machfud Arifin, menegaskan bahwa Ma'ruf telah siap menghadapi debat tersebut. Ia menilai Ma'ruf merupakan sosok yang memiliki intelektual yang tinggi.

"Sangat siap. Kalau itu sudah kerjaannya, lah. Beliau kan sudah profesor doktor," ujarnya saat berada di Posko TKD Jatim, Jumat (22/2).

2. Lingkungan pondok pesantren melatih Ma'ruf pandai berdebat

Jelang Debat Cawapres, Ma'ruf Amin Dipercaya Mampu Gaet Swing VotersDok.IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Machfud melanjutkan, lingkungan pondok pesantren dinilainya dapat melatih kemampuan berbiacara Ma'ruf sejak kecil. Hal tersebut dikarenakan lingkungan pondok pesantren banyak yang mengajarkan santri untuk berdebat baik berbahasa Inggris atau Indonesia.

"Namanya orang pesantren itu jago debat semua. Mulai dari awal sudah dilatih debat bahasa Inggris, bahasa Indonesia. Sudah, jangan ragu sama Kiai Maruf. Kiai Maruf kan juga Rais Aam PBNU," tuturnya.

3. Tak khawatir kehilangan suara millennials

Jelang Debat Cawapres, Ma'ruf Amin Dipercaya Mampu Gaet Swing VotersIDN Times/Fitria Madia

Machfud juga tidak mengkhawatirkan kemampuan Ma'ruf untuk merebut hati swing voters yang didominasi millennials. Pasalnya, menurut Machfud, Ma'ruf telah memiliki pemikiran millennials.

"(Sandiaga) millennials itu kan tampilan saja. Kalau Kiai Ma'ruf berpikirnya millennials kan oke-oke saja. Kalau berpikirnya Pak Jokowi emang millennials. Dia kan paham tentang 4.0 juga kan," tuturnya yakin.

Baca Juga: Kisah Meliput Debat Capres Kedua: Lari, Terkecoh hingga Saling Dorong 

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya