Isu KLB, DPD dan DPC Partai Demokrat di Jatim Ikrar Setia pada AHY

Pastikan tak ada kader Partai Demokrat di Jatim terlibat

Surabaya, IDN Times - Isu diadakannya Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat menjadi pembicaraan hangat. Jajaran pengurus dan kader Partai Demokrat se-Jawa Timur pun mengambil sikap untuk tegas menolak adanya rencana KLB ilegal tersebut.

Baca Juga: Foto Arena KLB di Sibolangit Beredar, Temanya Demokrat Kembali ke Asal

1. Pengurus dan kader Partai Demokrat se-Jatim satukan suara setia pada AHY

Isu KLB, DPD dan DPC Partai Demokrat di Jatim Ikrar Setia pada AHYKetum Partai Demokrat AHY bersama dengan jajaran Partai Demokrat lainnya berjalan bersama memasuki Kantor Fraksi Partai Demokrat (FDP) pada Kamis, 6 Agustus 2020 (Instagram.com/agusyudhoyono)

KLB ilegal tersebut diisukan dimonitori oleh beberapa mantan kader Demokrat dan pihak eksternal yang tergabung dalam Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD). Namun, para kader di Jatim telah menyatakan kesetiaannya pada kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang disampaikan pada acara Apel Siaga Virtual.

"Dalam apel siaga tersebut Plt Ketua DPD dan seluruh Ketua dan Sekretaris DPC PD se- Jawa Timur secara lisan menyampaikan tekadnya untuk tetap loyal kepeda kepemimpinan AHY sebagai Ketua Umum DPP dan dengan tegas menolak pelaksanaan KLB," ujar Ketua Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPD partai Demokrat Jatim, Fatkhul Hadi, Jumat (5/3/2021).

2. Penyatuan suara dipimpin oleh Emil

Isu KLB, DPD dan DPC Partai Demokrat di Jatim Ikrar Setia pada AHYWakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, saat mengunjungi Bangsring Underwater. (Dok. Humas Banyuwangi)

Dalam apel siaga tersebut, Plt ketua DPD Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak dan Plt sekretaris Demokrat Jatim, Bayu Airlangga memimpin perwakilan para DPC di Jatim. Emil pun membulatkan suara untuk tetap setia terhadap kepemimpinan AHY yang diamini para pimpinan DPC se-Jatim.

"Apel siaga dipimpin langsung oleh Plt Ketua dan Plt Sekretaris DPD PD Jatim serta diikuti seluruh Ketua DPC dan sekretaris bagi DPC yg ketuanya sedang kosong posisinya," tutur Fatkhul.

3. Pengurus dan kader Partai Demokrat di Jatim tak terlibat KLB

Isu KLB, DPD dan DPC Partai Demokrat di Jatim Ikrar Setia pada AHY(Calon Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (kiri) didampingi ketua DPD Partai Demokrat NTT Jefri Riwu Kore memberikan keterangan kepada wartawan di Kupang, NTT, Selasa (18/02) ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Tak hanya itu, Fatkhul juga memastikan, jajaran pengurus Demokrat Jatim serta DPC Demokrat se-Jatim tidak terlibat upaya KLB ilegal, terlebih sebelumnya, para DPC juga menyatakan kesetiaannya kepada AHY. Isu KLB ilegal ini justru dianggap bisa memperkuat soliditas partai di Jatim.

"Kami pastikan pengurus Demokrat Se-Jatim tidak ada ada yang terlibah KLB ilegal atau GPK-PD," ungkapnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Madiun, Istono menambahkan, pihaknya akan berjuang sekuat tenaga untuk melawan GPK-PD. Ia mempercayai bahwa AHY masih layak dan pantas menjadi Ketua Umum Partai Demokrat yang telah terpilih secara sah melalui kongres.

"Kami jajaran partai Demokrat kota Madiun, secara sadar dan bertanggungjawab menolak GPK-PD yang mengarah pada KLB, kami tegak lurus menjunjung hasil Kongsres V dengan ketua umum AHY. Partai Demokrat haris kita bela dengan sekuat tenaga," tegasnya.

Baca Juga: Upaya Kudeta Partai Demokrat Mulai Terjadi pada Januari 2021

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya