Inovatif! Kelompok KKN Unair Buat Teh Celup Ketapang untuk Ikan Cupang

Semoga bisa segera diperjualbelikan, ya!

Bangkalan, IDN Times - Meningkatnya tren pemeliharaan ikan cupang atau betta fish menginspirasi para mahasiswa Universitas Airlangga yang tergabung dalam Kelompok 46 Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM). Mereka membuat teh celup khusus ikan cupang sekaligus menciptakan produknyang bisa dikembangkan warga Desa Demangan, Kabupaten Bangkalan.

1. Pohon ketapang melimpah di lokasi KKN

Inovatif! Kelompok KKN Unair Buat Teh Celup Ketapang untuk Ikan CupangIlustrasi Ikan Cupang (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Ide ini muncul saat kelompok KKN tersebut melihat banyaknya pohon ketapang di tepi sungai Desa Demangan. Sementara, di desa tersebut juga terdapat dua usaha budidaya ikan cupang. Mereka pun mempelajari bagaimana warga desa memanfaatkan daun ketapang yang berlimpah dan mencari solusi agar membuatnya lebih praktis hingga bisa dipasarkan lebih luas.

"Pemelihara ikan cupang di perkotaan seperti di Surabaya harus membeli daun ketapang kering karena jarangnya pohon ketapang di kota. Bahkan saya sendiri pernah melihat bahwa ada daun ketapang yang belum diolah sama sekali, itu dijual online seharga Rp150 ribu," ujar Ketua Kelompok 46 Annisa Nur Ilmastuti, Jumat (12/2/2021).

Baca Juga: 7 Ikan Hias yang Bisa Hidup Bersama Ikan Cupang, Akur dan Damai

2. Buat teh celup daun ketapang agar lebih praktis

Inovatif! Kelompok KKN Unair Buat Teh Celup Ketapang untuk Ikan CupangIlustrasi Ikan Cupang (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Akhirnya, kelompok itu mencetuskan daun ketapang dikemas menyerupai teh celup. Kemasan ini akan lebih praktis jika dipasarkan ke luar daerah. Selain itu, air kolam ikan juga lebih bersih karena ampas daun ketapang masih berada di dalam kemasan atau teabag. Produk ini pun dinamai Bettapang yang merupakan gabungan dari kata Betta dan ketapang.

"Bettapang merupakan produk teh ikan cupang yang telah dikemas layaknya teabag, jadi pembeli dapat langsung menggunakannya bak teh celup di kolam ikan cupangnya," tuturnya.

3. Daun ketapang punya banyak manfaat untuk ikan cupang

Inovatif! Kelompok KKN Unair Buat Teh Celup Ketapang untuk Ikan CupangProduk teh celup untuk ikan cupang buatan Kelompok KKN Unair. Dok Humas Unair

Annisa menjelaskan, daun ketapang memiliki sejumlah manfaat bagi ikan cupang. Daun ketapang kering berguna untuk menjaga pH air agar tetap sesuai bagi ikan cupang. Sedangkan zat tanin berwarna coklat berfungsi sebagai katalis untuk mempercepat keluarnya warna-warna indah dari ikan cupang itu sendiri.

"Kandungan dalam daun ketapang tersebut juga sangat berguna untuk menjaga ikan cupang agar tidak mudah terjangkit penyakit," ungkapnya.

Di samping kegunaannya yang bermacam-macam, pengolahan daun ketapang agar siap digunaan tergolong rumit. Daun ketapang yang sudah kecoklatan itu harus direndam dengan air garam semalaman. Kemudian, daun tersebut dikeringkan hingga daun dan tulangnya dapat dipisahkan dengan mudah. Daun tanpa tulang itulah yang direndam dalam kolam ikan cupang.

"Proses tersebut sedikit rumit dan terkadang orang kesulitan melakukan proses tersebut, oleh karena itu kami ciptakan Bettapang," pungkasnya.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya