Gus Ipul Merapat ke Kubu Jokowi?

Meskipun kalah tapi tetap diperhitungkan

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf masih belum menentukan sikapnya dalam kontestasi Pilpres 2019. Syaifullah atau yang akrab disebut Gus Ipul belum masuk dalam bursa tim kampanye kubu Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandi. 

Namun rupanya, kubu Jokowi sudah memberikan sinyal bahwa Gus Ipul akan turut memperjuangkan Jokowi di Jatim.

1. Sinyal ditangkap ketua relawan Jatim

Gus Ipul Merapat ke Kubu Jokowi?IDN Times/Sukma Shakti

Ketua relawan pemenangan Jokowi-Ma'ruf Bravo 5 Jatim, Ubaidillah Amin Moechammad mengatakan bahwa pihaknya sering menjalin komunikasi dengan Gus Ipul. Menurut Ubaidillah, Gus Ipul sudah mengisyaratkan akan bergabung dengannya. 

"5 hari yang lalu Gus Ipul bersama beberapa kiai-kiai sepuh Jawa Timur bertemu dengan Pak Presiden, Pak Jokowi di istana. Bocorannya katanya Gus Ipul InsyaAllah akan mendukung kiai-kiai itu. Tapi bahasanya masih menunggu istikharah," ujarnya.

2. Gus Ipul masih menimbang

Gus Ipul Merapat ke Kubu Jokowi?IDN Times/Ardiansyah Fajar

Hal serupa juga diutarakan oleh juru bicara Tim Kampanye Nasional, Ruhut Sitompul. Ruhut menjelaskan bahwa hubungan dekatnya dengan Gus Ipul memberikan kemungkinan besar atas dukungan Gus Ipul terhadap Jokowi-Ma'ruf. 

"Gus Ipul kemarin sama saya dia masih posisi netral. Tapi yang namanya aku, dia sahabat saya InsyaAllah Gus Kpul akan bersama kita seperti Mbak Yenny Wahid dan kiai sepuh NU lainnya. Jadi saya rasa tinggal menunggu waktu," yakin Ruhut.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Semua Provinsi Indonesia

3. Kedekatan personal menjadi kunci

Gus Ipul Merapat ke Kubu Jokowi?IDN Times/Fitria Madia

Ruhut mengungkapkan bahwa ia mengerti keadaan Gus Ipul sebagai kubu kalah pada Pilgub Jatim 2018. Keadaan ini juga diakibatkan Partai Gerindra yang sempat mendukung Gus Ipul. 

Namun Ruhut yakin kedekatan mereka akan lebih berpengaruh terhadap pilihan Gus Ipul. "Kita tunggu saja ini kan politik. Faktamya kita dukung dia. Tapi Mbak Khofifah dan Pak Wagub bersama kita. Udah gak usah khawatir lah," tutur Ruhut optimis.

Baca Juga: Ruhut Sindir Fadli Zon: Terus Berkicau, Rakyat Makin Simpati ke Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya