GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20, Dishub Surabaya Siapkan Transportasi

Saat ini pihaknya masih dalam tahap kajian

Surabaya, IDN Times - Indonesia telah resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Salah satu stadion yang akan menjadi venue adalah Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Sebagai salah satu penyelenggara, Surabaya sedang berbenah. Selain renovasi GBT, salah satu faktor yang diperhatikan adalah kesiapan transportasi publik. Hal itu penting diperhatikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Sebab, selain karena transportasi umum menjadi kebutuhan suporter, letak GBT juga berada jauh di ujung barat Kota Pahlawan dengan akses jalan yang tak cukup lebar.

1. Berharap pembangunan JLLB segera rampung

GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20, Dishub Surabaya Siapkan TransportasiSuasana di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad pun mengamini hal tersebut. Untuk itu, ia berharap pembangunan Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB) yang akan menyambungkan pusat kota hingga ke GBT dapat segera rampung. Ketika JLLB tuntas, akses ke GBT akan lebih lebar dan mudah.

"Kami masih tunggu dari Dinas PU dan Bina Marga untuk merampungkan JLLB," ujar Irvan ketika dikonfirmasi IDN Times, Jumat (25/10).

2. Kaji transportasi untuk pemain dan suporter

GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20, Dishub Surabaya Siapkan TransportasiKadishub Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad (kanan). Dok. IDN Times/Humas Pemkot Surabaya

Sembari menanti penyelesaian JLLB, saat ini Dishub sedang mengkaji jenis transportasi apa yang memungkinkan untuk mempermudah transportasi. Baik bagi pemain maupun suporter.

Ketika disinggung apakah akan ada Suroboyo Bus yang khusus melayani rute GBT, Irvan belum bisa memastikan.

"Sedang kami kaji angkutan ke arah kawasan GBT yang sejalan dengan proyek JLLB," imbuh Irvan.

Baca Juga: Surabaya Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Ini Langkah-langkah Risma

3. Siapkan tambahan ruang parkir

GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20, Dishub Surabaya Siapkan TransportasiSuasana Gelora Bung Tomo Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak hanya jalan dan angkutan, Dishub juga sedang menggodok lahan parkir di Stadion GBT. Ia memperkirakan parkiran yang saat ini telah ada tidak dapat menampung penonton sepak bola level Piala Dunia. Sebab diperkirakan, penonton akan membludak, tak hanya lokal tapi juga internasional.

"Kami juga siapkan ruang parkir yang cukup. Sedang kami pikirkan," tutup Irvan.

4. Risma menghadap Kementerian PUPR untuk membantu JLLB

GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20, Dishub Surabaya Siapkan TransportasiWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menggelar jumpa pers di kediamannya, Rabu (23/10). IDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan akan mempercepat pembangunan JLLB dan renovasi Stadion GBT untuk menyambut Piala Dunia 2021. Ia juga akan menghadap Kementerian PUPR untuk membantu percepatan pembangunan JLLB serta fly over.

"Saya akan menghadap Menteri PUPR untuk membantu percepatan akses ini, termasuk PT Pelindo untuk fly over. Karena dari fly over aksesnya melewati sekitar TPA, kemudian masuk ke stadion,” ujarnya di kediaman, Kamis (24/10).

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Siapa yang Bakal Tampil?

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya