Bicara di Depan Millennials, Menlu Retno Tiba-tiba Lakukan Hal Ini

Ia ingin menghapus jarak

Surabaya, IDN times - Jabatan sebagai seorang Menteri Luar Negeri tidak membuat Retno Marsudi sungkan duduk lesehan di hadapan ratusan orang. Ia duduk di hadapan para mahasiswa yang juga lesehan.

"Biar sama-sama lesehan," ujar Retno saat menjadi pembicara di acara Diplomacy Festival, Universitas Airlangga, Sabtu (24/11).

Baca Juga: Soal Pesan Pendek Menlu Retno yang Bocor, Indonesia Sindir Australia 

1. Retno ingin menghapus gap masyarakat dan diplomat

Bicara di Depan Millennials, Menlu Retno Tiba-tiba Lakukan Hal IniIDN Times/Fitria Madia

Dalam kegiatan tersebut, Retno berusaha menghapus jarak antara masyarakat umum dengan para diplomat. Pasalnya, Retno masih merasa masyarakat menganggap diplomat berada jauh di atas awang-awang.

"Biasanya kalau orang bicara soal masalah politik luar negeri tampak kayak ada gep antara apa yang dipahami masyarakat dengan apa yang kami kerjakan. Dan masyarakat tidak tahu apa yang dikerjakan diplomat," ujarnya.

2. Ia ingin mahasiswa paham betul terkait diplomasi

Bicara di Depan Millennials, Menlu Retno Tiba-tiba Lakukan Hal IniIDN Times/Fitria Madia

Dalam kegiatan tersebut, sekitar 700 orang yang menjadi peserta sebagain besar adalah mahasiswa. Retno pun menyasar mahasiswa sebagai penerus bangsa untuk mengerti tentang diplomasi secara nyata di depan mata.

"Mendekatkan diplomasi yang untuk sebagian orang itu mengawang-awang menjadi lebih dekat dengan masyarakat. Masyarakat terutama mahasiswa paham apa yang dilakukan oleh kami," terangnya.

3. Retno akrab dengan para millennials

Bicara di Depan Millennials, Menlu Retno Tiba-tiba Lakukan Hal IniIDN Times/Fitria Madia

Retno pun terlihat akrab dengan para peserta yang mayoritas merupakan millennials ini. Ia menjawab berbagai macam pertanyaan seputar diplomasi dengan gaya santainya.

"Jadi sekarang banyak hoaks di mana-mana. Jadi anak muda sebagai calon penerus terdepan Indonesia, yang akan menentukan Indonesia mau dibawa ke mana, jangan sampai termakan apalagi menyebarlan hoaks," ujarnya ketika membicarakan diplomasi dan dunia digital.

4. Salah satu fokus pembicaraan adalah Palestina

Bicara di Depan Millennials, Menlu Retno Tiba-tiba Lakukan Hal IniIDN Times/Fitria Madia

Salah satu fokus utama yang dibicarakan Retno adalah polemik Palestina. Ia pun menanamkan semangat perjuangan untuk membela Palestina kepada para calon diplomat masa depan tersebut.

"Masalah Palestina adalah masalah ketidakadilan yang terus-menerus terjadi. Ini adalah masalah kemanusiaan. Masalah Palestina, yang tidak kalah penting adalah kami bicara mengenai penghormatan terhadap hukum internasional dan resolusi dewan keamanan PBB. Kami harus berpihak dan mendukung Palestina. Tidak ada pilihan lain," pesannya.

5. Terdapat rangkaian acara lain

Bicara di Depan Millennials, Menlu Retno Tiba-tiba Lakukan Hal IniIDN Times/Fitria Madia

Selain materi yang disampaikan oleh Retno, masih terdapat berbagai rangkaian acara pada Diplo Fest kali ini. Retno menuturkan bahwa seluruh rangkaian acara tersebut untuk membuat dunia diplomasi menjadi nyata di masyarakat.

"Ada unsur pendidikan, jadi kita ada coaching mengenai public speaking, coaching simulasi tes bahasa inggris, coaching debate dan sebagainya. Ada edukasi di situ. Dan menunjukkan bahwa diplomasi Indonesia delivered, bekerja dan menghasilkan. Makanya puncaknya di 8 juni kita masuk dalam Dewan Keamanan PBB sebagai puncak raihan diplomasi indonesia," katanya.

Baca Juga: Bertemu Menlu Saudi, Retno Bahas Ganti Rugi Bagi Korban Jatuhnya Crane

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya