Comscore Tracker

Dugaan Kekerasan Seksual di SPI Kota Batu, Kak Seto Angkat Bicara

Kak Seto akan mengunjungi sekolah tersebut

Batu, IDN Times - Dugaan kekerasan seksual, kekerasan fisik hingga eksploitasi yang diduga terjadi di Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI), Kota Batu membuat Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi angkat bicara. Melalui video virtual, Kak Seto menyampaikan bahwa dugaan kasus yang terjadi di sekolah SPI itu tentu cukup memprihatinkan. Terlebih, ia menilai sekolah tersebut sebagai instansi yang bagus dan berprestasi.

1. Yang terpenting adalah perlindungan anak-anak

Dugaan Kekerasan Seksual di SPI Kota Batu, Kak Seto Angkat BicaraIDN Times/Muhamad Iqbal

Dalam kesempatan tersebut, Kak Seto meminta kepada semua pihak untuk menahan diri dan tidak menghakimi sekolah SPI secara sepihak. Azas praduga tak bersalah harus menjadi pegangan utama dalam melihat kasus yang kini sedang bergulir. Pasalnya munculnya pernyataan yang menyudutkan sekolah tentu akan berdampak pada siswa. 

"Kami juga mohon agar tidak tidak ada pihak-pihak yang mencoba datang ke sekolah untuk sekadar melakukan tekanan atau lainnya. Kepentingan serta perlindungan bagi anak-anak harus diutamakan," katanya Kamis (10/6/2021). 

2. Kak Seto terkejut karena SPI dikenal memiliki sistem yang bagus

Dugaan Kekerasan Seksual di SPI Kota Batu, Kak Seto Angkat BicaraKunjungan Komisi 3 DPRD Jatim ke Sekolah SPI beberapa waktu lalu. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Kak Seto menambahkan bahwa dirinya sudah melihat sendiri bahwa konsep yang dibawa sekolah SPI cukup bagus dan menarik. Selain mendapat pelajaran secara akademik, para siswa juga mendapat kesempatan untuk mengembangkan potensi dan bakat yang mereka miliki. Potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa tersebut kemudian disalurkan ke bidang-bidang yang ada. 

"Pasti kami terkejut mendengar ini semua. Untuk itu, kami meminta semua pihak untuk betul-betul menghargai proses hukum yang berlaku," tambahnya. 

3. Akan datangi sekolah SPI

Dugaan Kekerasan Seksual di SPI Kota Batu, Kak Seto Angkat BicaraSMA Selamat Pagi Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Tak hanya itu saja, dalam waktu dekat, Kak Seto juga berencana untuk datang langsung ke sekolah SPI. Kedatangannya tersebut dalam rangka membesarkan hati dari anak-anak yang saat ini masih menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Ia tak ingin anak-anak menjadi stres karena pemberitaan yang berlebihan. 

"Jangan sampai anak-anak ini kemudian menjadi stres dan tertekan. Mereka harus mendapat perhatian lebih," sambungnya.  

Baca Juga: Komnas PA: Pengelola SPI Sudah Lama Dapat Aduan dari Siswa

4. Minta anak-anak tetap semangat belajar

Dugaan Kekerasan Seksual di SPI Kota Batu, Kak Seto Angkat BicaraKonferensi pers yang dilakukan oleh Sekolah Selamat Pagi Indonesia dan Kuasa Hukum JE. IDN Times/Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, Kak Seto juga menyampaikan agar para siswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan di sekolah SPI untuk tetap semangat. Apa yang sudah mereka kerjakan saat ini harus terus dilanjutkan. 

"Kami juga akan ikut melakukan pemantauan. Kalau memang betul ada sesuatu yang salah, maka harus diberikan sanksi. Kami percaya bahwa sekolah ini melahirkan anak berprestasi yang teguh, disiplin dan tegas," pungkasnya. 

Baca Juga: SPI Gandeng Kak Seto, Arist Minta Tak Abaikan Laporan Korban

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Kasus SPI, Kak Seto: Perlindungan Bagi Anak Harus Diutamakan 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya