Profil Adhitya Wardhono, Ekonom Unej Panelis Debat Pilpres Kedua 

Anak Universitas Negeri Jember mana suaranya nih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah mengumumkan 11 orang panelis dan dua moderator dalam debat kedua pemilihan presiden (Pilpres) 2024. KPU juga telah merilis jadwal debat kedua, yaitu pada Jumat 22 Desember 2023 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB.

Debat kedua nanti banyak dinanti  karena kali ini giliran calon wakil presiden (cawapres) yang unjuk gigi. Ada Muhaimin Iskandar yang menjadi cawapres Anies Baswedan, Gibran Rakabuming Raka cawapres Prabowo Subianto dan Mahfud MD cawapres Ganjar Pranowo. Sebelumnya KPU telah mengadakan debat yang diikuti calon presiden peserta Pilpres 2024 pada Selasa (12/12/2023) lalu.

Dari daftar panelis dan dua moderator yang dirilis KPU, ada nama Adhitya Wardhono, SE., M.Si., M.Sc., Ph.D. ekonom dan dosen sekaligus peneliti dari Universitas Negeri Jember (Unej). Selain Adhitya Wardhono, ada juga wakil berbagai perguruan tinggi di Indonesia, perwakilan lembaga ekonomi dan Ombudsman RI. Sebelumnya di debat perdana lalu, Unej juga mengirimkan wakilnya sebagai panelis yaitu Prof. Bayu Dwi Anggono Dekan Fakultas Hukum Unej.

Adhitya juga tergabung dalam Forum Akademisi Penulis Kebijakan Moneter Bank Indonesia (Forum APIK) Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Berikut ini profil lengkap Adhitya Wardhono.

1. Lulusan Unej yang juga mengajar di Unej

Profil Adhitya Wardhono, Ekonom Unej Panelis Debat Pilpres Kedua Adhitya Wardhono Ph.D. Antaranews

Adhitya adalah lulusan jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jember tahun 1994.

Lalu, ia mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jember sejak tahun 1998 hingga sekarang. Pengabdiannya di Unej sudah berlangsung selama 25 tahun. Ia juga tercatat menjabat sebagai Koordinator Pusat Layanan Internasional Universitas Negeri Jember.

2. Riwayat pendidikan Adhitya Wardhono

Profil Adhitya Wardhono, Ekonom Unej Panelis Debat Pilpres Kedua Adhitya Wardhono saat berada di Goettingen, Jerman. Adhityawardhono.wordpress.com

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 selama empat tahun mulai 1990-1994 di Unej, ia melanjutkan program masternya di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Pada 1997, ia lulus dari program S2 di UGM.

Tak puas hanya di situ, ia pun kembali memperdalam ilmu di bidang ekonomi dengan melanjutkan studi. Mengutip  curriculum vitae-nya di website Unej, kali ini universitas luar negeri jadi tempat Adhitya Wardono melanjutkan studi. Pada tahun 2002 ia meraih gelar master dalam Cooperative Economics di University of Philipps, Marburg, Germany.

Selanjutnya di tahun 2006, ia menuntaskan program doktoral dan meraih gelar Ph.D di University of George-August, Goettingen, Jerman dalam bidang Rural Development and Agricultural Economics.

3. Concern Adhitya Wardhono di bidang ekonomi

Profil Adhitya Wardhono, Ekonom Unej Panelis Debat Pilpres Kedua Adhitya Wardhono dosen Unej. Google Scholar

Ada banyak opini dan analisa serta riset yang dilakukannya yang sudah diterbitkan ke dalam jurnal serta media nasional. Ia menaruh minat yang besar dalam bidang ekonomi pembangunan, ekonomi keuangan, keuangan mikro dan ekonometrika.

Ada sejumlah buku yang sudah diterbitkan di antaranya berjudul Role of Credit Guarantee for Financing MSMEs : Evidence from Rural and Urban Areas
in Indonesia and is a book from the book Chapter: Unlocking SME Finance in Asia Roles of Credit Rating and Credit Guarantee Schemes (2019) dan Time Series Data Analysis in Macroeconomic Models (2019).

Dalam blog pribadinya, akan dengan mudah ditemukan analisis dan opininya tentang keadaan ekonomi Indonesia. Seperti ekonomi Indonesia saat diterpa badai Covid-19, dampak kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia hingga momentum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean 2023 di Indonesia lalu.

Baca Juga: KPU Rilis 11 Panelis dan 2 Moderator Debat Cawapres, Ini Daftarnya

4. Ia ternyata adalah seorang penulis ulung

Profil Adhitya Wardhono, Ekonom Unej Panelis Debat Pilpres Kedua Adhitya Wardhono Ph.D. Adhityawardhono.wordpress.com

Ternyata ada sisi lain dari Adhitya Wardhono yang lebih dikenal sebagai ekonom. Dalam blog pribadinya, ia banyak menuangkan tulisan perjalanan hidup yang dilaluinya dan karya sastra buatannya. Ia tercatat aktif di dunia blogging mulai tahun 2010.

Dalam situs ini Anda akan menemukan tulisan mengenai Sketsa Hidup yang sekedar menangkap pernak-pernik kehidupan yang saya lintasi. Pun kegalauan yang mengendap direlung hati yang terungkap dalam dengan untaian kata sederhana, yang tulus lepas dari lubuk jiwa saya kompilasi dalam Puitika. Ruang pembelajaran kehidupan yang terpapar oleh sekian ribu fenomena, sangat sayang untuk dilupakan. Untuk itu fenomena ekonomi sosial dalam arti luas terangkum dalam rubrik Ekonomi File,” mengutip laman blog pribadinya.

Buat kamu yang penasaran seperti apa karya dan perjalanan Adhitya Wardhono, langsung saja berseluncur ke https://adhityawardhono.wordpress.com atau Instagram pribadinya adhitya.wardhono.

Itu tadi profil Adhitya Wardhono yang menjadi salah satu jajaran panelis dalam Debat Pilpres 2024. Sepak terjangnya yang tak main-main di bidang ekonomi Tanah Air menjadikannya layak bersanding dengan ekonom lain dalam debat kedua Jumat pekan ini. Penasaran bakal seperti apa perannya dan jalannya debat kedua nanti, saksikan debut Adhitya Wardhono di saluran TV nasional mulai pukul 19.00 WIB

Baca Juga: Profil Poppy Ismalina, Akademisi UGM dan Panelis Debat Cawapres

dhafintya noorca Photo Community Writer dhafintya noorca

Life keeps on going and learning

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya