Pulang ke Blitar, Anas Urbaningrum Tidak Akan Sampaikan Pidato 

Hanya sungkem dan ziarah ke makam ayah

Blitar, IDN Times - Sejumlah persiapan telah dilakukan keluarga, untuk menyambut Anas Urbaningrum pulang ke rumah. Sebuah tenda besar berwarna merah putih telah terpasang di rumah ibu Anas Urbaningrum di Desa Nganglik, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Anas dijadwalkan akan pulang untuk sungkem kepada ibunda dan nyekar ke makam ayahnya besok siang. Selain itu Anas juga akan menggelar buka bersama serta tarawih dengan sahabat dan para kolega. Tak ada agenda pidato seperti saat ia bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.

1. Siapkan tenda antisipasi turun hujan

Pulang ke Blitar, Anas Urbaningrum Tidak Akan Sampaikan Pidato Tenda warna merah putih yang dipasang di rumah Anas Urbaningrum di Blitar. IDN Times/ istimewa

Perwakilan keluarga Anas Urbaningrum, Totok S Afandi mengatakan tenda berukuran 8x30 meter dipasang sebagai antisipasi jika turun hujan. Setelah sungkem dan berziarah ke makam ayahnya, Anas akan menerima tamu dari kalangan teman sekolah hingga aktivis di bawah tenda tersebut.

"Kapasitas tenda ini sekitar 300 orang, karena besok itu teman-teman Mas Anas akan datang menyambut kedatangannya. Ya siap-siap saja kalau hujan jangan sampai basah semua. Nanti buka dan tarawihnya di sini," ujarnya, Selasa (11/04/2023).

Baca Juga: Besok Bebas, Keluarga Anas Urbaningrum Telah Berada di Bandung 

2. Rencana tiba di Blitar besok siang

Pulang ke Blitar, Anas Urbaningrum Tidak Akan Sampaikan Pidato Tenda warna merah putih yang dipasang di rumah Anas Urbaningrum di Blitar. IDN Times/ istimewa

Anas sendiri bebas dari Lapas Sukamiskin sekitar pukul 14.00 WIB. Setelah menyampaikan pidato singkatnya di depan para sahabat yang menjemputnya, Anas akan bergeser ke buka bersama, tarawih dan diskusi dengan para kolega.

Setelah itu baru bergeser ke Semarang untuk sahur bersama dan melanjutkan perjalanan ke Blitar. "Berangkat dari Bandung kira-kira pukul 20.00 WIB, sampai sini pukul 11.00 WIB. Mas Anas sungkem ibu, ziarah makam ayahnya. Kemudian buka bersama. Kami sediakan nasi kotak karena biar efektif waktu. Soalnya setelah itu tarawih juga," imbuhnya.

3. Tidak ada pidato yang disampaikan di Blitar

Pulang ke Blitar, Anas Urbaningrum Tidak Akan Sampaikan Pidato Anas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sementara adik kandung Anas Urbaningrum, Anna Lutfi mengatakan kakaknya tidak akan memberikan sambutan ataupun pidato di Blitar. Hal ini untuk menjaga ketenangan, mengingat usia sang ibu sudah sepuh. Acara di Blitar juga akan fokus ke sungkem dan bersifat lebih internal.

"Tidak ada pidato di Blitar. Kami ingin suasana tenang. Mas Anas juga minta saya mewakilinya jika ada media yang ingin wawancara," pungkasnya.

Baca Juga: Loyalis Serta Kerabat Anas Urbaningrum Mulai Penuhi Lapas Sukamiskin

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya