Peresmian Bandara Kediri Tunggu Jadwal Jokowi

Pemprov telah bersurat melalui Setneg

Kediri, IDN Times - Bandara Internasional Dhoho Kediri akan segera diresmikan dan beroperasi. Peresmian bandara yang dibangun oleh perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk Kediri ini menunggu jadwal Presiden Joko Widodo. Hal ini diungkapkan oleh Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono saat menggelar safari Ramadan di Kediri.

1. Sudah meminta jadwal Jokowi untuk remsikan bandara

Peresmian Bandara Kediri Tunggu Jadwal JokowiPeninjauan persiapan operasional Bandara Dhoho Kediri. IDN Times/ istimewa

Adhy menerangkan, pihaknya sudah mengirimkan permintaan jadwal Presiden Jokowi melalui Sekretariat Negara untuk meresmikan Bandara Internasional Dhoho Kediri. Pihak Pemprov berharap Presiden Jokowi bisa meresmikan bandara Internasional di lereng Gunung Wilis Kediri ini sebelum lebaran 2024. Sehingga bisa mengurangi kepadatan arus mudik melalui Bandara Juanda. “Kami sudah menyampaikan ke Setneg untuk pak Presiden (Jokowi) bisa menjadwalkan (peresmian Bandara Dhoho Kediri),” ujarnya, Senin (18/3/2024).

Baca Juga: Persiapan Operasional Bandara Kediri Masuk Tahap Kalibrasi

2. Berharap bisa beroperasi sebelum lebaran

Peresmian Bandara Kediri Tunggu Jadwal JokowiPj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono saat mengikuti safari ramadhan di Kediri. IDN Times/ istimewa

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kediri telah dua kali meminta Pemprov Jawa Timur untuk bisa menjembatani dengan pemerintah pusat terkait peresmian bandara. Pembangunan bandara ini sudah selesai sejak akhir tahun lalu. Uji coba penerbangan juga sudah dilakukan. Namun bandara tersebut urung beroperasi dan diresmikan. “Kami sangat berharap operasional ini menjelang Lebaran supaya bisa memecah penumpang yang turun ke Juanda. Segala sesuatunya siap,” tuturnya.

3. Telan biaya pembangunan hingga Rp13 T

Peresmian Bandara Kediri Tunggu Jadwal JokowiPeninjauan persiapan operasional Bandara Dhoho Kediri. IDN Times/ istimewa

Bandara Internasional Dhoho Kediri ini dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) oleh PT Gudang Garam Tbk melalui anak usahanya, PT Surya Dhoho Investama (SDHI). Bandara tersebut memiliki panjang landasan pacu atau runway 3.300 meter x 45 meter, dan mampu didarati segala jenis pesawat sekelas Boeing 777. Pihak SDHI menginvestasikan dana senilai Rp13 triliun untuk membangun bandara ini. Nantinya, bandara ini akan dikelola oleh Angkasa Pura I sebagai operator bandara. Harapannya, proyek ini dapat membantu mendongkrak perekonomian Jawa Timur, khususnya Kediri Raya.

Baca Juga: Bandara Kediri: Dibangun Gudang Garam, Dikelola AP I 

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya