Soekarwo Minta Anak Muda Lebih Kritis di Era Digital

Tangkal hoaks, yuk!

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jatim, Soekarwo, meminta generasi milenial agar lebih kritis dengan perkembangan teknologi di era digital. Tak hanya kritis, Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo juga meminta agar anak muda cepat belajar agar tak menjadi pasar. 

“Kalau anak muda terlambat mempelajari dan mengakomodasi perkembangan digital mereka bisa menjadi ekstrem dan mengarah terorisme," ujarnya, Senin (29/10).

Baca Juga: Soekarwo Ungkap Nasib Penyeberangan ke Madura Usai Suramadu Gratis

1. Rawan hoaks, Gubernur imbau media jadi penangkal hoaks

Soekarwo Minta Anak Muda Lebih Kritis di Era DigitalIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pakde Karwo melihat perkembangan digital terjadi hampir di semua aspek terutama ekonomi. Satu sisi kemajuan ini memberikan dampak positif, namun di pihak lain bisa menimbulkan dampak negatif seperti hoaks. “Untuk itu yang harus dilakukan saat ini adalah bagaimana mengubah hal negatif menjadi positif,” katanya.

Berkembangnya berita hoaks harus diantisipasi dengan baik. Pakde mengusulkan media mainstream membantu edukasi terkait hoaks. Caranya, dengan menyediakan halaman yang mengulas apakah suatu berita tergolong hoaks atau bukan. 

“Ini sebagai rujukan terhadap kebenaran. Media mainstream jangan kalah dalam pertarungan karena hoax adalah bagian dari perilaku menyimpang sejak lama,” jelasnya.

2. Pemuda di Jatim diyakini akan kritis pada pesta demokrasi

Soekarwo Minta Anak Muda Lebih Kritis di Era DigitalIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara untuk pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun depan, Pakde Karwo meyakini anak muda Jatim tidak apatis, namun sebaliknya mereka cenderung kritis. Mereka akan mengecek betul seperti apa calon yang akan dipilih. 

Untuk itu, debat yang diadakan baik di pusat maupun daerah harus mengusulkan visi, misi dan perubahan ke depan. “Semoga debat bisa memberikan nilai tambah terhadap apa yang dimiliki anak muda. Apalagi kultur arek di Jatim merupakan swing vote,” katanya.

3. Momen Sumpah Pemuda ke-90 Gubernur Jatim beri penghargaan ke pelopor pemuda

Soekarwo Minta Anak Muda Lebih Kritis di Era DigitalIDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam kesempatan ini, Soekarwo menyerahkan penghargaan di antaranya kepada para Pemuda Pelopor Provinsi Jatim tahun 2018. Terdiri dari lima bidang, yakni pendidikan, agama sosial budaya, pengelolaan SDA lingkungan dan pariwisata, pangan, serta inovasi teknologi. Kemudian penghargaan kepada Pemuda Utama Provinsi Jatim tahun 2018 yang terdiri dari empat bidang yakni kesadaran, pemberdayaan ekonomi, kecakapan, serta hobi, dan prestasi.

Pakde Karwo juga menyerahkan penghargaan kepada dua orang pemenang kategori International Exhibition Young Investors (IEYI) tahun 2018. Serta, penghargaan dan trophy kepada juara lomba kirab drum band dan marching band Sumpah Pemuda “Pemuda Cup XVIII/2018”. 

Upacara ini juga dimeriahkan dengan penampilan Drum Band dari SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun, serta kampanye ‘Lawan Narkoba’ dari BNNP Jawa Timur.

Baca Juga: Soekarwo dan Khofifah Kompak Hadiri Apel Pemenangan NasDem, Ada Apa?

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya