Comscore Tracker

Minyak Goreng Digarong, Jokowi: Usut Tuntas!

Presiden mengakui minyak goreng masih jadi masalah

Sumenep, IDN Times - Minyak goreng masih menjadi komoditas yang paling disorot. Banyak masalah yang terjadi, mulai dari kelangkaan hingga harga yang melambung. Apalagi, baru-baru Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag berinisial IWW ditetapkan tersangka kasus ekspor minyak goreng.

1. Akui minyak goreng masih jadi masalah sampai sekarang

Minyak Goreng Digarong, Jokowi: Usut Tuntas!Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Pasar Bangkal, Sumenep, Rabu (20/4/2022). Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pun mengakui banyaknya masalah terkait minyak goreng. "Masalah minyak goreng masih menjadi masalah kita sampai sekarang," ujarnya saat memberikan keterangan pers di Pasar Bangkal, Sumenep, Rabu (20/4/2022). Namun sebenarnya, lanjut dia, permasalahan minyak goreng sudah diintervensi pemerintah.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Minta Masyarakat Hindari Puncak Arus Mudik Lebaran 28-30 April

2. Ingin normalkan minyak goreng

Minyak Goreng Digarong, Jokowi: Usut Tuntas!Gonta-Ganti Kebijakan Minyak Goreng (IDN Times/Aditya Pratama)

Jokowi pun bilang kalau ingin menekan terus harga minyak goreng. Minimal mendekati harga normal sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). Karena diakuinya, harga yang ada saat ini masih tinggi. "Jadi memang harganya tinggi, karena apa, karena harga di luar, harga internasional itu tinggi banget," ungkapnya.

"Sehingga, kecenderungan produsen itu ekspor. Karena memang harganya tinggi di luar," dia melanjutkan.

3. Sudah ambil kebijakan tapi belum efektif, ternyata ada oknum Kemendag bermain

Minyak Goreng Digarong, Jokowi: Usut Tuntas!ilustrasi minyak goreng. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Nah, untuk itu pemerintah membuat sejumlah kebijakan. Seperti penetapan HET minyak curah dan subsidi ke produsen. Namun, kebijakan ini diakui Jokowi belum efektif. "Kita lihat beberapa minggu ini belum efektif. Di pasar saya lihat minyak curah belum sesuai HET yang kita tetapkan," katanya.

"Artinya ini ada permainan. Oleh sebab itu kemarin dari Kejaksaan Agung sudah menetapkan empat tersangka urusan minyak goreng ini. Saya minta diusut tuntas, sehingga kita bisa tahu siapa yang bermain," ucap Jokowi menegaskan.

Baca Juga: Mudik Mayoritas Jalur Darat, Jokowi Khawatir Macet

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya