Mahfud MD Mundur dari Menteri, Hashim: Prabowo Gak Perlu!

"Cukup Pak Mahfud saja"

Surabaya, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga adik kandung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo menegaskan bahwa kakaknya tidak perlu mundur meski sedang mencalonkan diri sebagai Presiden pada Pilpres 2024.

Hashim menekankan, Prabowo tidak akan meniru langkah Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD yang mundur dari kursi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan. 

"Gak bakal mundur. Tidak perlu mundur, cukup Pak Mahfud saja," tegasnya usai acara Gema Desa (Mantan Kades) se-Jatim dukung 02 di Surabaya, Kamis (1/2/2024). 

Dalam acara ini, Hashim yang juga menjabat Ketua Dewan Pembina Gema Desa Indonesia ini juga menyampaikan sejumlah program prioritas Prabowo-Gibran. Seperti, makan dan susu gratis untuk anak dan ibu menyusui. 

"Juga akan ada penambahan gaji guru senilai Rp2 juta per bulan," ucapnya. 

Sementara terkait mundurnya Mahfud MD dari kursi Menkopolhukam, Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jawa Timur (Jatim) sangat mengapresiasi langkah berani cawapres tersebut. Bahkan, mereka mempertanyakan paslon lain yang sekarang sedang ikut kontestasi Pilpres tapi masih menjabat.

Paslon lain yang dimaksud ialah Prabowo dan Gibran. Diketahui Prabowo masih mengemban jabatan sebagai Menteri Pertahanan. Sementara Gibran juga tercatat sebagai Wali Kota Solo.

"Ini untuk menghindari kemungkinan intervensi dan penyalahgunaan wewenang. Langkah mundur ini sebetulnya sudah disiapkan dan dikomunikasikan dengan partai pengusung yaitu PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo,” ujar Ketua TPD Jatim, Laksamana Madya TNI (Purn) Agus Setiadji, Rabu (31/1/2024).

Agus sangat menghormati keputusan Mahfud MD yang menurutnya tegas, berwibawa, dan konsisten. Dia menyebut Mahfud mampu menjaga diri dari konflik kepentingan. “Datang tampak muka dan pergi tampak punggung. Paslon lain kapan?” tanya dia.

"Untuk lebih fair, maka menurut saya sudah seharusnya paslon yang lain juga bersikap sama agar proses Pemilu ini lebih elegan dan terhormat,” imbuh Agus.

Baca Juga: Mahfud Mundur dari Menko Polhukam, Jokowi Sampaikan Terima Kasih

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya