Comscore Tracker

Mahfud MD Bilang Bjorka Tidak Ada Apa-apanya!

Klaim data negara tak bocor

Surabaya, IDN Times - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menilai kemampuan Hacker, Bjorka sepele. Dia bahkan menyebut kalau Bjorka tidak ada apa-apanya.

"Ngapain tanya kayak gitu kamu? Bjorka itu tidak ada apa-apanya," tegasnya saat di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (21/9/2022).

1. Sebut tak ada data negara yang bocor akibat ulah Bjorka

Mahfud MD Bilang Bjorka Tidak Ada Apa-apanya!goggle

Mahfud bilang, sejauh ini tidak ada data negara yang bocor karena ulah Bjorka. Kebocoran yang ada berupa data menteri disebut oleh Mahfud hanya karangan belaka oleh sang hacker.

"Apa data bocor oleh Bjorka data negara? Tidak ada. Itu buat sendiri aja terus disebae seakan-akan (membocorkan)," kata dia.

2. Data Mahfud yang diduga bocor disebutnya salah

Mahfud MD Bilang Bjorka Tidak Ada Apa-apanya!suntechrecycle.com

Bahkan, Mahfud MD berani menyampaikan secara tegas kalau data dirinya yang diduga disebarluaskan oleh Hacker Bjorka merupakan data yang salah. Hal itu merujuk pada nama Mahfud MD yang seharusnya bernama Siti Khadidjah.

"Datanya salah, coba data saya disebarkan ditulis nama ibu Siti Aminah. Nama ibu saya bukan Siti Aminah, ngarang dia," imbuh Mahfud.

3. UU PDP dibuat bukan karena aksi Bjorka

Mahfud MD Bilang Bjorka Tidak Ada Apa-apanya!Google

Mahfud menambahkan kalau Rancangan Undang-undang (RUU) Pellindungan Data Pribadi (PDP) yang disahkan tidak ada kaitannya dengan Bjorka. "UU PDP ini kan sudah lama ditunggu. Jadi itu tidak ada kaitannya dengan kebocoran data... sebelum ribut-ribut soal Bjorka itu sudah disahkan di DPR tinggal nunggu sidang pleno," tegasnya.

"Ini sudah dua tahun lebih dibahas dan sudah diundangkan kemarin. Jadi itu bagus dan untuk peraturan perlindungan data pribadinya peraturan pelaksanaannya itu kita siapkan, jadi tinggal jalan," kata Mahfud.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya