KIB Buka Peluang ke Partai Lain, AHY Kirim Sinyal Lewat Ini

KIB butuh banyak partai untuk memperkuat koalisi

Surabaya, IDN Times - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) membuka peluang kepada partai politik lain untuk bergabung dalamo koalisinya. Karena sejauh ini baru ada tiga partai. Yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

1. Ketum Golkar sebut KIB perlu banyak partai

KIB Buka Peluang ke Partai Lain, AHY Kirim Sinyal Lewat IniTiga Ketum Partai, PAN Zulhas, PPP Suharso dan Golkar Airlangga saat di Hotel Shangri-La Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Peluang untuk partai lain bergabung dalam koalisi ini disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) Golkar, Airlangga Hartarto. Pria yang juga Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian ini mengakui kalau KIB memang perlu tambahan partai. Sehingga bisa menguatkan posisi koalisi itu sendiri.

"Visi misi kota perlukan upaya kerja keras, visi misi tidak bisa hanya satu partai, kita perlu lebih banyak partai bergabung dan tentu KIB ini merupakan ikhtiar kita untuk usaha bersama menyatukan politik ide gagasan agar masyarakat Indonesia bisa sejahtera," ujarnya saat penyampaian visi misi di Hotel Shangri-La Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Baca Juga: 3 Ketum Parpol ke Surabaya Umumkan Program Tapi Rahasikan Capresnya

2. AHY kirim sinyal lewat karangan bunga

KIB Buka Peluang ke Partai Lain, AHY Kirim Sinyal Lewat IniKarangan bunga dari AHY di acara visi misi KIB di Hotel Shangri-La Surabaya, Minggu (14/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Partai yang santer dikaitkan dengan KIB ialah Partai Demokrat. Sinyal kuat bergabungnya partai berlambang bintang mercy ini disampaikan secara tersirat oleh Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Anak sulung Presiden keenam ini mengirimkan karangan bunga ke acara KIB di Hotel Shangri La Surabaya.

Berdasarkan pantauan IDN Times, karangan bunga dengan nama AHY itu terpampang di depan pintu masuk ballroom yang merupakan tempat acara. Karangan bunga itu juga berdiri sendiri. Tidak ada karangan lain baik di kanan atau kirinya.

3. Demokrat sudah komunikasi dengan KIB

KIB Buka Peluang ke Partai Lain, AHY Kirim Sinyal Lewat IniKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato di acara HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan pihaknya memang telah menjalin komunikasi dengan parpol lain. Beberapa parpol di antaranya tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), serta Partai Gerindra dan PKB.

"Komunikasi dengan teman-teman parpol yang tergabung di KIB, seperti Golkar, PAN, dan PPP memang terus kami lakukan. Begitu pula dengan teman-teman Gerindra dan PKB,” kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Demokrat soal Koalisi: Kami Komunikasi dengan KIB dan Gerindra-PKB

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya