Hari Sumpah Pemuda, 1500 Orang Aksi Injak Bendera Israel

Suarakan dukungan untuk Palestina serta galang dana

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 1.500 orang yang tergabung dalam Aswaja Arek-arek Suroboyo Wani Jogo Al Aqso menggelar aksi solidaritas untuk Palestina yang saat ini berperang dengan Israel. Aksi ini dilakukan tepat momen Sumpah Pemuda tepatnya di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (28/10/2023).

"Kami Aswaja mengadakan kepedulian untuk saudara muslimin kita yang ada di Gaza Palestina dengan pawai damai mengelilingi Tugu Pahlawan," ujar Panitia Aksi Aswaja, Donny Hendri Cahyono.

Dalam aksinya, peserta aksi kompak membawa bendera Palestina dan Indonesia. Kemudian ada satu bendera Israel dengan ukuran besar yang ditaruh di jalan raya dengan cap kaki. Beberapa peserta aksi turut menginjak bendera Israel.

 

Tak hanya itu saja, beberapa peserta aksi tampak membawa poster bergambar tank berisi tulisan, "Israel The Real Terorist" . Ada peserta lain yang membawa tulisan "Save Gaza", "Save Palestine". 

 

Tak sekadar aksi keliling Tugu Pahlawan saja, para peserta aksi juga menggalang dana untuk Palestina. Hingga saat ini telah terkumpul uang sebanyak Rp23,3 juta. Kemudian juga akan ada tambahan lagi sekitar Rp30 juta.

 

"InsyaAllah akan kami serahkan kepada Duta Besar (Palestina) yang akan kami temui, sehingga penggalangan dana dari saudara-saudara InsyaAllah akan amanah, tepat pada tujuan dan sasarannya," kata dia.

 

Baca Juga: 7 Lagu Nasional untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya