Banyak Tuduhan Kecurangan, Yenny: Jangan Delegitimasi KPU!

Komisioner KPU diawasi oleh semua partai


Surabaya, IDN Times - Putri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid merespons santai terkait ajakan berkelahi kubu paslon nomor urut 02. Ia menyerukan agar tidak ada yang meladeni hal tersebut karena akan berakibat perpecahan.

"Kalau ada yang ngajak gelut, ora usah diladeni yang paling penting kita ini semangatnya untuk datang ke TPS, semangat untuk bersilaturahmi," ujarnya usai Forum Kiai Kampung Jatim di Hotel Shangri-La Surabaya, Minggu (7/4).

 

1. Ingatkan kebersamaan yang harus dijaga

Banyak Tuduhan Kecurangan, Yenny: Jangan Delegitimasi KPU!IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Silaturahmi, lanjut Yenny, harus tetap di kedepankan. Ia mengingatkan bahwa bangsa Indonesia semua ini bersaudara. "Kita ini warga masyarakat warga indonesia, pilihannya boleh berbeda tetap kepentingan kita sama yaitu Indonesia tetap bersatu," tegasnya.

Baca Juga: Yenny Protes Bendera NU Dikibarkan Saat Sandiaga Kampanye

2. Jangan sudutkan penyelenggara pemilu

Banyak Tuduhan Kecurangan, Yenny: Jangan Delegitimasi KPU!Dok IDN Times/Istimewa

 

Sementara terkait ada kekhawatiran dari kubu 02 soal suara rawan dicuri, Yenny mengimbau semua pihak yang terlibat dalam kontestasi politik harus fokus. Ia berpesan, agar tidak membangun wacana yang menyudutkan penyelenggara pemilu.

"KPU kan lembaga yang independen, KPU itu nyemprit semua disemprit, 01 pun disemprit," kata Yenny.

3. Harus bantu KPU

Banyak Tuduhan Kecurangan, Yenny: Jangan Delegitimasi KPU!IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Maka dari itu, Yenny meminta kepada peserta pemilu tidak menciptakan opini soal kecurangan. Karena hal tersebut akan berimbas seakan mendelegitimasi KPU. "Nah, penyelenggara pemilu ini kan harus kita bantu agar bisa menyelenggarakan pemilu secara fair, secara adil, secara berimbang," katanya.

4. Komisioner KPU seleksi diawasi oleh semua partai termasuk opisisi

Banyak Tuduhan Kecurangan, Yenny: Jangan Delegitimasi KPU!IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Tak lupa, Yenny mengajak semua pihak harus taat aturan KPU. Karena komisioner KPU terpilih dari hasil musyawarah semua partai termasuk kubu oposisi. Semuanya turut andil untik menyeleksi.

"Jadi kalau kemudian ada wacana bahwa KPU ini curang pemilu suara tercuri, itu kan artinya mendelegitimasi menuduh KPU itu parsial atau berpihak, kita jaga KPU kita, jangan didelegitimasi," tandasnya.

Baca Juga: TKD Jabar: Sebar Hoax KPU Menangkan Jokowi, Tanda Kekalahan Prabowo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya