Ahmad Dhani Tinggal di Sel Berisi 10 Tahanan

Ia sempat satu sel dengan 103 tahanan

Sidoarjo, IDN Times - Setelah melewati masa orientasi, terdakwa kasus pencemaran nama baik, Ahmad Dhani Prasetyo dipindahkan dari sel Masa Pengenalan Lingkungan (Mapenaling) ke sel umum. Pentolan Dewa 19 ini terhitung sudah 13 hari tinggal di Rumah tahanan (Rutan) Klas 1 Surabaya di Medaeng, Sidoarjo.

Baca Juga: Surat Ahmad Dhani Tentang NU Beredar, Pengacara Ragukan Keaslian

1. Dipindah ke sel blok D

Ahmad Dhani Tinggal di Sel Berisi 10 TahananIDN Times/Vanny El Rahman

Kepala Keamanan Rutan Klas 1 Surabaya, Andi Surya mengatakan pemindahan Dhani dari sel Mapenaling ke sel umum dilakukan sejak Kamis (14/2) lalu. Karena memang sesuai syarat yang ada, penempatan sel mapenaling hanya satu pekan saja. "Dipindah ke blok D sudah sejak sekitar satu minggu setelah masuk (Rutan Medaeng)," ujarnya saat ditemui, Rabu (20/2).

2. Berisi 10 tahanan

Ahmad Dhani Tinggal di Sel Berisi 10 TahananIlustrasi penjara. (IDN Times/Sukma Shakti)

Andi menyebut, Dhani kini menempati salah satu sel di Blok D. Sel itu hanya berukuran 2x4 meter, dan berisi 10 tahanan lain. Jumlah tahanan dalam sel yang ditempati Dhani itu juga, tak ideal. Seharusnya kata Andi untuk sel sek ukuran tersebut, hanya diisi 5 tahanan saja.

Kondisi ini terpaksa, lantaran Rutan Medaeng sendiri sedang mengalami kondisi kelebihan kapasitas tahanan "Dhani di blok D, bersama 10 tahanan, idealnya 5 tahanan saja, tapi ya karna over capacity ini," kata Andi.

3. Pastikan fasilitas standar

Ahmad Dhani Tinggal di Sel Berisi 10 TahananIDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam sel itu, lanjut Andi, Dhani diperlakukan sama dan setara layaknya tahanan yang lain. Tidak ada fasilitas apapun di sel tersebut, kecuali kamar ganti atau toilet di dalamnya.

"Gak ada fasilitas apa-apa, semua sama rata. Kamar mandi ada di dalam, di sini, semua kamar ada kamar mandinya jadi buang air di dalam," beber Andi. 

4. Sempat tinggal bersama 103 tahanan

Ahmad Dhani Tinggal di Sel Berisi 10 TahananIDN Times/Sukma Shakti

Sebelumnya, saat menjalani masa mapenaling, Dhani harus tinggal bersama 103 tahanan lainnya di sel berukuran 5x10 meter. Jumlah itu pun tidak pasti alias fluktuatif. Bisa bertambah lebih jika ada pelimpahan tahanan dari pengadilan negeri.

"Dia (Dhani) kita masukkan ke sel Mapenaling, untuk masa awal, jadi SOPnya siapapun yang baru masuk, harus Mapenaling, biar tahu situasi lingkungan," kata Karutan Klas 1 Surabaya, Teguh Pamuji, Kamis (7/2) lalu.

Baca Juga: Kapala Rutan Tegaskan Tak Ada Aktivitas Kampanye oleh Dhani

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya