TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Liga Debat IDN Times Hari Ini: Unpad Vs UIN Jakarta dan Telkom Vs UGM

Wah bakal seru nih

Liga debat mahasiswa 2024. IDN Times

Surabaya, IDN Times - Liga Debat Mahasiswa 2024 by IDN Times yang didukung Pertamina telah memasuk babak perempat final pada Jumat (24/5/2024).

Duel pertama akan menyajikan Universitas Padjajdjaran (Unpad) Bandung melawan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang berlangsung pada pukul 14.00. Kemudian debat kedua dilaksanakan pada pukul 16.00 antara Telkom University Bandung melawan Universitas Gajah Mada (UGM). 

Keempat tim tersebut masih akan beradu argumen dalam debat dengan tema "Pemanasan Global Gaya Hidup Gen Z Berubah, Kamu Pro atau Kontra?

Lalu, seperti apa persiapan mereka untuk bisa lolos dan maju ke babak final? 

1. Tim UIN Syarif Hidayatullah sudah lakukan persiapan matang

Ketua tim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Muhammad Andi mengatakan dia dan timnya telah melakukan persiapan yang cukup matang. Ia yakin bisa menumbangkan Unpad dan maju di babak final. 

"Untuk persiapan nanti sore Alhamdulillah sudah matang. Data yang dibawa nantinya juga dirasa sudah cukup lengkap. Tinggal bagaimana nantinya, Insyaallah bisa maju ke semi final, amin," ujar Andi kepada IDN Times

Baca Juga: Ungguli Itenas, ITB ke Perempat Final Liga Debat Mahasiswa IDN Times

2. Telkom University Bandung perdalam pemahaman dan topik yang akan dibahas

Liga Debat Mahasiswa IDN Times 2024 (Dok. IDN Times)

Sementara itu, ketua tim Telkom University Bandung, Joddy Syaputra mengatakan ia dan tim telah melakukan persiapan intensif dengan memperdalam pemaham topik-topik yang akan dibahas. Joddy juga yakin bisa memberikan penampilan terbaiknya melawan UGM.

"Kami telah melakukan persiapan yang intensif, mempertimbangkan berbagai skenario dan memperdalam pemahaman kami tentang topik-topik yang akan dibahas. Kami siap untuk memberikan yang terbaik dalam debat nanti sore," terangnya. 

3. Tim Unpad siapkan strategi dan latihan sebelum debat

Ketua Tim Unpad, Fathan mengatakan dia bersama timnya telah melakukan riset dari beberapa sumber. Hal itu sebagai modal untuk memaparkan argumentasi. Bahkan, mereka juga melakukan riset data dari berbagai media.

"Sejauh ini kami sudah melakukan riset dari beberapa sumber data. Mengkaji isu dari berbagai media juga. Nanti kami akan latihan dulu mungkin sebelum acara," ujar Fathan.

4. Liga debat diikuti 12 kampus dalam rangka HUT ke-10 IDN Times

Sebelumnya kompetisi debat yang didukung Pertamina ini telah kick off pada Selasa (21/5/2024). Liga Debat Mahasiswa 2024 ini diikuti 12 kampus dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 IDN Times, yang diperingati pada 8 Juni 2024.

Kompetisi bakal berlangsung dari penyisihan mulai 21 Mei hingga babak final 6 Juni 2024. Kompetisi digelar untuk mengasah nalar kritis dan keterampilan berpendapat mahasiswa di kalangan Generasi Z, sesuai audience IDN Times.

Satu tim beranggotakan tiga hingga lima orang. Peserta Liga Debat Mahasiswa 2024, antara lain: Institut Pertanian Bogor (IPB), Telkom University, Univesitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), UIN Syarif Hidayatullah. Berikutnya, Institut Teknologi Nasional, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Mataram, Universitas Negeri Medan, dan Institut Teknologi Bandung.

Babak penyisihan dan perempat final digelar 21-27 Mei 2024, dilanjutkan dengan semi final pada 28-29 Mei 2024. Babak penyisihan hingga semi final digelar daring melalui Zoom. Babak final digelar luring di Kantor IDN Media di Jakarta, 6 Juni 2024. 

Panitia menyiapkan hadiah uang tunai puluhan juta untuk pemenang. Juara pertama mendapatkan Rp10 juta dan sertifikat, juara kedua Rp8 juta dan sertifikat, juara ketiga Rp6 juta dan sertifikat, dan juara keempat Rp4 juta dan sertifikat

Baca Juga: Delapan Tim Melaju ke Babak Perempat Final Liga Debat Mahasiswa 2024

Berita Terkini Lainnya