Prabowo atau Ganjar? PROJO Banyuwangi Gak Mau Buru-buru

Pokoknya setia sama Jokowi terus

Banyuwangi, IDN Times - Nama Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo belakangan ini santer disebut masuk kedalam bursa bakal calon Presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Selain dari partai politik, sejumlah ormas dan relawan juga ramai mencatut nama keduanya sebagai figur yang didukungnya.

Sebagai pemenang Pemilu dua periode, Presiden Joko Widodo tentunya memiliki basis pendukung yang cukup kuat. Lalu bagaimanakah arah dukungan relawan Jokowi pada Pemilu 2024 mendatang?

Salah satu kelompok relawan dengan skala terbesar, PROJO, tentu menjadi objek bidikan dari para suksesor Pemilu 2024. Di Banyuwangi, Jawa Timur, misalnya, PROJO dikenal sebagai salah satu relawan paling setia di garis Jokowi. Lalu, PROJO Banyuwangi bakalan condong ke Ganjar atau Prabowo?

1. Ada mekanisme yang harus diikuti sebelum menentukan arah dukungan

Prabowo atau Ganjar? PROJO Banyuwangi Gak Mau Buru-buruRudi Latief Hartono, Ketua PROJO Banyuwangi. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Kepada IDN Times, Ketua PROJO Banyuwangi, Rudi Latief Hartono, tegas menyatakan pendapatnya. Menurut dia, setiap langkah ditentukan berdasarkan konferensi daerah dari setiap provinsi yang selanjutnya dibahas pada Rakernas. Mulai dari strategi pemenangan dan arah dukungan dilakukan melalui mekanisme tersebut.

"Kami punya mekanisme melalui konferensi daerah di seluruh provinsi kemudian rakernas. Setiap langkah dan bagaimana teknisnya nanti dibahas dan disepakati disitu," kata Rudi, Rabu (26/7/2023).

2. PROJO hanya Pro Jokowi

Prabowo atau Ganjar? PROJO Banyuwangi Gak Mau Buru-buruIlustrasi kampanye. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Sesuai namanya, Rudi menyebut bahwa PROJO terbentuk sebagai relawan Pro Jokowi. Ditegaskannya, hingga saat ini relawan Jokowi di Banyuwangi masih solid dan militan. Sementara soal isu beda arah dukungan, Rudi dengan tegas menampiknya.

"Masih utuh, tidak ada pecah-pecah itu. Bahwa PROJO tetap masih bersama Jokowi. Sesuai namanya, PROJO itu Pro Jokowi, bukan Pro Ganjar atau Pro Prabowo, tidak Pro Anies juga, atau pro yang lainnya. Karena memang belum ada," ungkapnya.

3. Pilihan PROJO Banyuwangi di Pemilu 2024

Prabowo atau Ganjar? PROJO Banyuwangi Gak Mau Buru-buruIlustrasi kampanye. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Disudutkan dengan pilihan Ganjar atau Prabowo, Rudi belum bisa memutuskan ke mana dukungan PROJO Banyuwangi berlabuh. Menurut Rudi, hingga saat ini bahkan dari Dewan Pimpinan Pusat PROJO juga belum memutuskan perihal tersebut.

"Ini berdasarkan perintah Pak Jokowi pada Rakernas. Keputusan sudah tegas, tidak boleh terburu-buru, jangan berapi-api dan berambisi. Intinya menunggu dulu. Kemana nantinya itu masih dibahas pada musyawarah selanjutnya," jelas Rudi.

Terkait sosok dua nama yang masuk bursa bakal calon Presiden, Rudi mengaku tidak mau ambil pusing. Menurutnya, baik Ganjar atau Prabowo masih belum berstatus calon yang ditetapkan secara resmi oleh KPU.

"Baik itu Prabowo atau Ganjar kan belum tentu menjadi calon presiden. Kita tidak bisa menilai itu sekarang, karena calon Presidennya belum pasti. Bisa jadi juga yang lain nantinya, namanya juga politik," kata Rudi.

Baca Juga: Sah, Ketum Projo Budi Arie Dilantik Jadi Menkominfo

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya