Makna Sakral Coblosan di Rabu Legi Menurut Keyakinan Jawa 

#GenZMemililh Reshuffle kabinet juga pernah di Rabu Legi

Banyuwangi, IDN Times - Hari ini Rabu 14 Februari 2024, warga Indonesia sedang mempunyai hajat besar. Mereka akan menyelenggarakan pesta demokrasi untuk mencari bakal Presiden dan para elit parlemen. Bagi sebagian masyarakat, hari Rabu ini memang spesial karena juga bertepatan dengan hari kasih sayang. Tapi, masyarakat jawa punya sudut pandang lain. Mereka meyakini Rabu 14 Fabruari 2024 yang bertepatan dengan hari pasaran Rabu Legi punya makna sendiri. Presiden Joko Widodo juga pernah punya agenda penting yang ia lakukan di hari Rabu Legi. Bukan sebuah kebetulan.

Tokoh sekaligus pegiat budaya Jawa di Banyuwangi, Ki Asmoro Sampir misalnya. Ia menilai ada makna sakral di hari Rabu Legi. Menurut dia, weton di hari coblosan ini sangat cocok untuk memulai kegiatan untuk membangun sesuatu.

Ki Asmoro mengatakan, Rabu Legi menjadi hari yang paling populer dipilih masyarakat Jawa untuk membangun rumah. Dia menyebut, pasaran Legi memiliki angka 5 dalam matematika primbon Jawa.

Angka 5 ini tentunya sinkron dengan pondasi bangsa Indonesia yang tertuang di dalam 5 butir Pancasila. Juga sesuai dengan jumlah 5 waktu yang disyaratkan Sunan Kalijaga saat menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

"Rabu Legi itu hari baik untuk membangun rumah atau memulai usaha. Pasaran ini dipilih karena penuh sarat makna yang baik. Pancasila itu jumlahnya lima, sembahyang wajib umat Islam sehari juga lima dan ada lima perkara yang juga disebutkan dalam kidung Sunan Kalijaga," kata Ki Asmoro kepada IDN Times.

Ki Asmoro menilai, coblosan di Rabu Legi juga bisa berkaitan baik dengan mega proyek pembangunan IKN yang bakal jadi ibukota negara saat ini. Dia mengatakan, segala hal yang dimulai di hari Rabu Legi bakal berakhir dengan baik.

"Menurut keyakinan Jawa begitu. Pasaran Legi memiliki arti sakral, katanya Indonesia sedang membangun ibukota baru. Mungkin hari ini sengaja dipilih, atau secara tidak sengaja berkaitan dengan itu," jelasnya. 

Sementara jika dikaitkan dengan perihal jodoh, Ki Asmoro mengatakan pasaran Legi sangat cocok jika digandengkan dengan pasaran Pon. Jika dilihat dari weton Calon Presiden dan Wakil Presiden, ada dua orang yang punya weton Pon. Mereka adalah Prabowo Subianto dan Mahfud Md. Prabowo lahir pada Rabu, 17 Oktober 1951 atau memiliki weton Rabu Pon. Sementara Mahfud MD lahir Senin, 13 Mei 1957. Ia punya weton Senin Pon. 

Lantas pemerintah apakah tanggal Rabu Legi 14 Februari 2024 hanya sekadar tanggal buat Jokowi? Ternyata tidak. Entah kebetulan atau tidak, Jokowi kerapkali melakukan pergantian kabinet di hari Rabu. Bahkan, pada tahun 2019 Jokowi juga mengumumkannya pada 23 Oktober 2019 yang bertepatan dengan Rabu Legi. 

Baca Juga: Weton Minggu Pahing: Sifat, Asmara, Rezeki, hingga Karier

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya