Comscore Tracker

Inilah 5 Efek Samping Menggunakan Pasta Gigi untuk Perawatan Wajah 

Berbahaya bagi kulit wajah yang sensitif

Pasta gigi sering digunakan untuk perawatan wajah, karena dipercaya dapat mengatasi masalah-masalah yang ada pada wajah, seperti komedo dan jerawat, bahkan juga bisa memutihkan kulit wajah secara alami. Meski benar adanya bisa memutihkan wajah secara alami dan menghilangkan jerawat, ternyata pasta gigi juga memiliki efek samping lho jika digunakan untuk perawatan wajah.

Pasta gigi mengandung bahan kimia yang seharusnya tidak boleh digunakan pada wajah, dan akan berakibat fatal jika digunakan oleh seseorang yang memiliki kulit wajah yang sensitif. Nah, berikut ini efek sampingnya jika kamu menggunakan pasta gigi untuk perawatan wajah.

1. Memicu kulit wajah mengelupas

Inilah 5 Efek Samping Menggunakan Pasta Gigi untuk Perawatan Wajah greenspawellness.vn

Meski pasta gigi dapat memutihkan kulit wajah secara alami, penggunaan pasta gigi di wajah ini justru akan membuatmu kulit wajahmu menjadi kering lho. Kandungan fluoride yang ada pada pasta gigi dapat membuat kulit wajahmu menjadi mengering.

2. Membuat pori-pori kulit wajah membesar

Inilah 5 Efek Samping Menggunakan Pasta Gigi untuk Perawatan Wajah parenting.firstcry.com

Menggunakan pasta gigi untuk perawatan wajah, malah bisa membuat pori-pori wajahmu membesar lho, mengapa? Karena pasta gigi mengandung alkohol, yang jika dioleskan pada kulitmu akan membuat kulit tidak bisa menyimpan air, sehingga akan mudah mengikis lapisan kulitmu. Hal tersebut dapat membuat pori-pori kulitmu membesar sehingga peradangan kulit menjadi memburuk.

Baca Juga: Duh, 5 Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Lebih Sensitif Terhadap Matahari

3. Memicu jerawat menjadi makin parah

Inilah 5 Efek Samping Menggunakan Pasta Gigi untuk Perawatan Wajah coiffure-beauty.com

Meski pasta gigi dapat menghilangkan jerawat secara instan, namun juga bisa memperparah jerawatmu. Sebagian pasta gigi mengandung menthol lho, jika terpapar ke kulit wajah bisa menyebabkan gatal-gatal dan juga iritasi. Selain itu, kandungan essential oil pada pasta gigi dapat menyumbat pori-pori wajah, sehingga jerawat yang muncul akan lebih banyak dari sebelumnya.

4. Membuat kulit wajah menjadi kering

Inilah 5 Efek Samping Menggunakan Pasta Gigi untuk Perawatan Wajah healthline.com

Meski pasta gigi dapat memutihkan kulit wajah secara alami, penggunaan pasta gigi di wajah ini justru akan membuatmu kulit wajahmu menjadi kering lho. Kandungan fluoride yang ada pada pasta gigi dapat membuat kulit wajahmu menjadi mengering.

5. Memicu peradangan pada kulit wajah

Inilah 5 Efek Samping Menggunakan Pasta Gigi untuk Perawatan Wajah lifedaily.com

Menggunakan pasta gigi untuk perawatan wajah, ternyata juga bisa menyebabkan kulit wajah mengalami peradangan lho, mengapa bisa? Karena kandungan pada pasta gigi yang cukup keras bagi kulit wajah. Apalagi jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif, peradangan ini akan lebih mudah terjadi.

Namun, jika peradangan ini sudah terlanjur terjadi, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kulit agar kulit wajahmu mendapatkan perawatan yang tepat.

Itulah ulasan dari 5 efek samping yang akan terjadi jika kamu menggunakan pasta gigi untuk perawatan wajah. Sebaiknya gunakan masker dari sayuran atau buah-buahan untuk perawatan wajahmu, karena tidak memiliki efek samping, serta juga lebih menyehatkan untuk kulit. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Ini Siap Melindungi Kulitmu dari Kotornya Polusi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh eliza ustman di IDN Times Community dengan judul 5 Efek Samping Menggunakan Pasta Gigi Untuk Perawatan Wajah 

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You