Comscore Tracker

6 Jenis Hydrating Skincare Buatan Gita Savitri, Punya Lab Sendiri

Tidak untuk ditiru di rumah ya!

Nama Gita Savitri Devi sudah tak asing dalam deretan influencer Indonesia yang saat ini tinggal di luar negeri. Channel Youtube dan Instagram Gita banyak diikuti followers karena ia vokal dalam berbagai isu sosial terutama tentang perempuan. 

Perempuan yang kini berusia 30 itu terkenal sebagai content creator, penulis dan penyanyi. Namun siapa sangka, dibalik kesibukannya itu, sehari-hari ia bekerja sebagai cosmetic chemist di salah satu industri untuk kosmetik bernama Cosmacon GMBH di Jerman. Ini dikarenakan sejak 18 tahun, Gita sudah menimba kuliah S1 di Freie Universität Berlin mengambil disiplin ilmu Kimia Murni. Jadi jangan kaget kalau kamu melihat Gita sering membuat skincare sendiri di rumahnya.

Bahkan, untuk memudahkannya berkesperimen dalam membuat kosmetik, Gita memiliki laboratorium sendiri lho di rumah! Sampai-sampai banyak penggemar yang mendorong Gita untuk membuat brand skincare sendiri. Hmm, kira-kira apa saja sih jenis skincare dan kosmestik yang telah Gita buat?

Berikut 6 jenis skincare dan komestik yang pernah dibuat sendiri oleh influencer Gita Savitri Devi.

1. Hand Cream

6 Jenis Hydrating Skincare Buatan Gita Savitri, Punya Lab SendiriHand cream buatan Gita Savitri. (ig/gitasav)

Gita Savitri pernah membuat sendiri hand cream untuk sang adik, Anastasia Delline. Anastasia memutuskan pindah dari Indonesia ke Turki bersama sang suami. Lalu Gita berinisiatif membuatkan hand cream setelah kulit tangan sang adik rusak karena perbedaan cuaca dari tropis ke dingin. Gita pun lalu mencoba beberapa bahan/ingredient hand cream yang bisa mengatasi masalah kulit tangan adik perempuannya itu.

Ia mencampurkan berbagai bahan mulai glycerin, ceramide complex untuk memperbaiki skin barrier, panthenol untuk conditioning agent, shea butter untuk moisturizer, bisabolol untuk melindungi kulit dan mengurangi iritasi dan aloe vera powder untuk anti inflamasi dan menenangkan kulit. Belum lagi castor oil, peptides untuk mengembangkan sel kulit dan  colloidal oatmeal untuk moisturizer sekaligus memberi layer perlindungan pada kulit. 

2. Facial cleanser 

6 Jenis Hydrating Skincare Buatan Gita Savitri, Punya Lab SendiriFacial cleanser ala Gita Savitri. (ig/gitasav)

Dalam captionnya, Gita menjelaskan bahwa bahan dasar dari facial cleanser-nya adalah amino acid complex, green tea dan willow bark extract. Namun untuk detailnya ia tak menjelaskan berapa takaran untuk masing-masing bahan. Mungkin agar followersnya tidak asal mencoba di rumah ya!

Pertama-tama, Gita menakar semua bahan dengan gelas ukur. Lalu panaskan dan aduk hingga semua bahan larut. Tahap selanjutnya homogenized semua bahan hingga tercampur dan berbusa lalu dinginkan dan aduk. Tambahkan surfaktan dan aduk lagi. Kalau sudah jadi, tinggal taruh ke dalam botol deh. Jadilah facial cleanser ala Gita Savitri. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Produk Hydrating Serum Lokal, Mulai Harga Rp99 Ribuan!

3. Hyaluronic Acid Booster

6 Jenis Hydrating Skincare Buatan Gita Savitri, Punya Lab SendiriHyaluronic Acid Booster. (ig/gitasav)

Seperti yang telah banyak diketahui hyaluronic acid banyak digunakan adalah polysaccharide dan menjadi skin conditioning agent terpopuler saat ini. Kalau menurut Gita sendiri, polysaccharide memiliki kapasitas besar untuk menahan air dibanding polymer lain karena mengandung molekuln 600 - 1000 kDa.

Produk skincare yang mengandung HA dapat melembabkan kulit secara instan. Namun Gita sendiri memilih skincare yang mengandung HA di bawah 1%. Karena jika terlalu banyak, HA malah mengentalkan formula dan jadinya bahan terlalu lengket.

Menurut Gita, hyaluronic acid mixture yang bisa bertahan di atas kulit dan memberi protective film. Namun hydrolized hyaluronic acid seperti oligo bisa menyerap ke stratum corneum lebih dalam. Manfaat hyaluronic acid sendiri yakni untuk meningkatkan elastisitas kulit, membantu menguatkan skin barrier dan mengurangi keriput. 

4. Shimmer 

6 Jenis Hydrating Skincare Buatan Gita Savitri, Punya Lab SendiriShimmer ala Gita Savitri. (ig/gitasav)

Shimmer adalah salah satu skincare yang bermanfaat untuk membuat kulit terlihat fresh dan mengilap, terutama saat terkena lampu pada malam hari. Nah Gita juga pernah membuat shimmer sendiri lo! Dia menggunakan phycocyanin dan active mineral complex untuk melindungi kulit dari radikal bebas. 

Pertama-tama, semua bahan diaduk dibawah high shear hingga semua tercampur sempurna. Lalu tambahkan shimmer ke mixture. Maka bahan akan mengental dan siap untuk dimasukkan botol shimmer.

5. Face Cream

6 Jenis Hydrating Skincare Buatan Gita Savitri, Punya Lab SendiriBody Lotion ala Gita Savitri. (ig/gitasav)

Di tengah cuaca yang dingin di Jerman, Gita lalu berinisiatif untuk membuat sendiri face cream yang bisa melembabkan kulit wajah. Pertama, ia menakar dulu semua bahan seperti mulsifier, emollient, butter dan beberapa bahan lain dalam gelas ukur lalu panaskan.

Di samping itu, dalam tahapan thickener, Gita menggunakan acrylates karena teksturnya yang halus dan silky. Di tahapan water phase, tak lain menggunakan air, glycerin dan sodium PCA. Campurkan semua bahan itu dan aduk hingga tercampur dan mengental. Kemudian dipanaskan lagi. Face cream ala Gita Savitri pun jadi!

6. Lip Gloss

6 Jenis Hydrating Skincare Buatan Gita Savitri, Punya Lab SendiriLip Gloss ala Gita Savitri. (ig/gitasav)

Sedikit berbeda dengan lipstick maupun lip cream, lip gloss sendiri adalah kosmetik yang bermanfaat untuk melembabkan bibir dan membuat bibir lebih kenyal dan halus. Gita sendiri dikenal dengan makeup yang simple dan tak jarang memakai lipstick warna nude untuk sehari-hari.

Pada Rabu (7/12/2022) kemarin, Gita baru saja membagikan hasil eksperimennya saat membuat lip gloss sendiri. Hasilnya ternyata memuaskan. Karena ia menggunakan lip gloss dengan bahan dasar lip balm, maka lip gloss-nya membuat bibirnya tampak lebih lembab dan sehat.

Untuk kamu yang belum memiliki basic ilmu kosmetik, jangan sampai coba-coba di rumah ya! Meski Gita dalam beberapa kontennya memberikan sedikit penjelasan mengenai bahan dan step by step-nya, namun ia tak menjelaskan detail tentang komposisi untuk masing-masing ingredients.

Jadi alangkah lebih baik jika kamu memakai skincare yang sudah cocok di wajah kamu, atau kamu berkonsultasi dengan dokter kulit atau parah ahli di bidang skincare.

Baca Juga: 9 Potret Terbaru Gita Savitri, Tampil dengan Gaya Hijab Berbeda

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya