Comscore Tracker

10 Prodi Terfavorit Unesa Selama UTBK-SNMPTN! Ada Pilihanmu?

Bagi pendaftar, semoga lolos, ya!

Surabaya, IDN Times - Sebagai salah satu kampus negeri di Kota Surabaya, persaingan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2021 cukup ketat. Bahkan, sepuluh program studi dengan rasio keketatan tinggi memiliki peminat puluhan kali lebih banyak dibanding kuota yang disediakan.

1. Rasio keketatan melihat perbandingan pendaftar dan kuota prodi

10 Prodi Terfavorit Unesa Selama UTBK-SNMPTN! Ada Pilihanmu?ltmpt.ac.id

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd menjelaskan bahwa terdapat 10 program studi dengan rasio keketatan paling tinggi di Unesa. Rasio keketatan ini didapat dari perbandingan jumlah pendaftar dengan jumlah kursi yang tersedia di masing-masing prodi.

"Semakin tinggi rasio keketatan, semakin tinggi pula persaingan di prodi tersebut. Karena itu, bagi peserta yang mendaftar di prodi-prodi favorit Unesa tersebut harus benar-benar mempersiapkan diri. Segala syarat-syarat harus dipenuhi baik syarat fisik maupun mental. Prodi yang dipilih harus benar-benar menjadi jalan pengembangan diri untuk ke depannya," ujar Bambang, Selasa (18/5/2021).

2. Prodi paling ketat adalah Ilmu Komunikasi

10 Prodi Terfavorit Unesa Selama UTBK-SNMPTN! Ada Pilihanmu?Unesa.ac.id

Kedudukan pertama sebagai prodi yang paling ketat adalah S-1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.136 peserta yang memperebutkan 37 kuota masuk prodi tersebut. Rasio keketatannya yakni ada di angka 30,7. Kedua, diduduki prodi S-1 Gizi Fakultas Teknik (FT) dengan jumlah pendaftar sebanyak 971 peserta dan kuota yang tersedia ada 36 kursi dengan rasio keketatan sebanyak 27.0.

"Ketiga, prodi S-1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). Jumlah pendaftar sebanyak 1.795 peserta yang memperebutkan sebanyak 36 kuota masuk. Rasio keketatan prodi tersebut yakni 27,0. Keempat, diisi oleh prodi S-1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan total pendaftar sebanyak 1.872 orang, kuota yang tersedia yakni 92 kursi dan rasio keketatannya di angka 20,3," lanjut Bambang.

Posisi kelima yaitu prodi S-1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik (FT) yaitu 707 pendaftar untuk 36 kursi dengan rasio 19,6. Keenam, yaitu prodi S-1 Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dengan 485 pendaftar yang bersaing mengisi 27 kuota yang disediakan Unesa dengan rasio 18,0.

3. Sastra Inggris termasuk prodi yang banyak diminati

10 Prodi Terfavorit Unesa Selama UTBK-SNMPTN! Ada Pilihanmu?fbs.unesa.ac.id

Posisi berikutnya berasal dari rumpun ilmu bahasa yaitu ada prodi S-1 Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dengan jumlah pendaftar 664 peserta yang memperebutkan sebanyak 38 kuota. Rasio keketatan prodi tersebut yakni 17,5. Kedelapan, diisi oleh prodi S-1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) dengan pendaftar sebanyak 774 orang. Kuota yang tersedia yakni 45 kursi dengan keketatan ada di rasio 17,2.

"Kesembilan, yakni prodi S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) yang memiliki sebanyak 935 pendaftar. Kuota yang tersedia ada 55 kursi dengan rasio keketatan sebanyak 17,0. Kesepuluh, dipungkasi oleh prodi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) yang diminati sebanyak 647 pendaftar. Kuota tersedia 40 orang dan rasio keketatan ada di angka 17,0," lanjut Bambang.

Baca Juga: Hardiknas, Unesa Beri Pendidikan Gratis Anak Kru KRI Nanggala-402

4. Keketatan prodi selama UTBK bisa jadi pertimbangan untuk SPMB

10 Prodi Terfavorit Unesa Selama UTBK-SNMPTN! Ada Pilihanmu?Kampus Unesa. Unesa.ac.id

Bambang menerangkan, peringkat keketatan prodi tersebut bisa menjadi rujukan bagi peserta yang hendak mendaftar di jalur mandiri atau SPMB Unesa. Jika prodi yang diinginkan memiliki keketatan tertinggi, persipan pendaftaran harus benar-benar matang  karena persaingan amat ketat.

“Begitupun dengan prodi-prodi lainnya tentu peserta harus mempersiapkan diri sematang mungkin, syarat-syarat pun harus dipenuhi dengan baik-baiknya. Semakin baik persiapan peserta, hasilnya pun tentu tidak akan mengecewakan,” pungkas Bambang.

Di samping itu, saat ini Unesa memiliki kuota sebesar 30 persen dari total daya tampung. Pendaftaran jalur Nontes UTBK dibuka mulai 14-18 Juni 2021. Kemudian untuk jalur prestasi dibuka mulai 14-25 Juni 2021. Lalu untuk jalur Disabilitas, TMUBK, dan jalur kerja sama dibuka mulai 21 Juni-6 Juli 2021.

Selain itu, untuk jalur sarjana terapan gelombang pertama dibuka 21 Juni-6 Juli 2021 dan gelombang kedua dibuka 21-27 Juli 2021. Untuk informasi lebih lanjut, syarat dan ketentuan lainnya bisa diakses di media sosial resmi Unesa atau www.admisi.unesa.ac.id.

Baca Juga: Pengin Kuliah Unesa? Simak Jadwal Pendaftaran SPMB Berikut Ini

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya