Comscore Tracker

Seleksi Mandiri UB, Hanya 8 Persen dari Pendaftar yang Diterima

Jangan berkecil hati, masih ada gelombang kedua 

Malang, IDN Times - Sebanyak 5.400 peserta diterima melalui Seleksi Masuk Mandiri Gelombang Pertama di Universitas Brawijaya (UB). Pengumuman penerimaan dilakukan pada Selasa (22/6/2021). UB sendiri membuka penerimaan jalur mandiri dalam dua gelombang. 

1. Ada 35 ribu calon mahasiswa yang mendaftar, hanya 8 persen yang diterima

Seleksi Mandiri UB, Hanya 8 Persen dari Pendaftar yang DiterimaUniversitas Brawijaya tetap produkrif selama masa pandemik COVID-19. Dok/Humas UB

Wakil Rektor Bidang Akademik, Aulanni’am menjelaskan bahwa jumlah yang diterima merupakan 8 persen dari 35.375 pendaftar Seleksi Mandiri Gelombang Pertama. Menurut dia, seleksi mandiri gelombang pertama dan kedua diperuntukkan bagi program sarjana dan pendidikan vokasi. Seleksi ini dinilai berdasarkan prestasi akademik dan nilai UTBK.

2. Pendaftaran gelombang kedua akan ditutup tanggal 13 Juli

Seleksi Mandiri UB, Hanya 8 Persen dari Pendaftar yang DiterimaKampus Universitas Brawijaya bersiap untuk daftar ulang mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. IDN Times/Alfi Ramadana

Seleksi mandiri gelombang pertama, kata Aulanni’am, dilaksanakan pada 2-16 Juni. Hasilnya akan diumumkan pada 22 Juni 2021. Sedangkan gelombang kedua pendaftaran dilakukan pada 18 Juni hingga 13 Juli 2021 dan pengumuman hasil seleksi pada 17 Juli 2021.

"Kami harap melalui seleksi mandiri yang diadakan sebanyak dua gelombang siswa berprestasi yang belum beruntung pada SNMPTN dan SBMPTN bisa terjaring melalui seleksi mandiri tersebut," katanya, Rabu (23/6/2021). 

Baca Juga: Tahun Ini Universitas Brawijaya Terima 6 Ribu Maba Jalur SBMPTN   

3. Masih ada kesempatan bagi yang belum lolos

Seleksi Mandiri UB, Hanya 8 Persen dari Pendaftar yang DiterimaMahasiswa peneliti memaparkan hasil penelitian mereka di depan PJT I. IDN Times/ Alfi Ramadana

Aulanni'am menambahkan, mereka yang belum lolos melalui jalur madiri gelombang pertama tak perlu berkecil hati. Pasalnya, masih ada jalur seleksi mandiri gelombang kedua dan vokasi yang akan dibuka secara bertahap.

Kesempatan tersebut diberikan UB guna menjaring dan memberikan kesempatan kepada siswa siswa berprestasi agar bisa masuk sesuai jurusan yang mereka inginkan. "Selain seleksi mandiri dalam dua gelombang, kami juga membuka seleksi untuk jalur vokasi," tandasnya. 

Baca Juga: Universitas Brawijaya Akan Buka Prodi Bisnis Jasa Makanan Halal 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul 5.400 Peserta Diterima Lewat Jalur Mandiri UB

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya