Comscore Tracker

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara Praktek

Kamu bisa bergaya dengan menghafal segel-segel dasar ini

Suka nonton anime Naruto atau Boruto? Pasti kalian tahu kalau di anime ninja tersebut setiap karakter punya teknik yang bisa mengeluarkan jurus-jurus hebat. Mulai dari elemen tanah, api, air, petir, angin, pasir dan beberapa jurus-jurus kuat lainnya.

Setiap hendak mengeluarkan jurus itu, para tokoh selalu mengawalinya dengan sebuah kombinasi teknik gerakan tangan yang berbeda-beda. Kombinasi tersebut dinamakan segel jutsu. Segel ini digunakan untuk melakukan beraneka ninjutsu, genjutsu termasuk taijutsu. Semakin kuat jutsu yang ingin dikeluarkan, biasanya semakin banyak rangkaian segel yang digunakan.

YouTuber sekaligus musisi Indonesia, Reza Oktovian atau yang akrab dikenal Reza Arap sering kali mempraktekkan gerakan segel di setiap penampilannya bersama Weird Genius. Dapat dikatakan Reza Arap adalah satu-satunya artis di Indonesia yang memiliki jalan ninja yang berbeda.  

Namun tahukah kamu bahwa ada 12 segel dasar di anime Naruto atau Boruto yang biasa digunakan. Seluruh segel tersebut mengadaptasi nama-nama zodiak dari Tionghoa. Lalu apa saja jenis segel tangan dan bagaimana gerakannya yang benar? Simak ulasan berikut ini.

1. Segel monyet / Saru

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel Monyet. (naruto.fandom.com)

Segel ini diadaptasi dari zodiak Monyet atau disebut Saru dalam dunia Naruto. Segel ini biasa digunakan oleh Sasuke untuk memproses cidori. Untuk membentuk gerakan tangan segel monyet ini, caranya cukup sederhana. Pertemukan dua telapak tangan, pastikan kelingkingberbaring rata di atas ibu jari dan sebaliknya di sisi lainnya. 

Baca Juga: [QUIZ] Siapa Karakter Perempuan di Naruto yang Cocok Jadi Waifu Kamu?

2. Segel babi hutan / I

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel babi. (naruto.fandom.com)

Segel ini diadaptasi dari zodiak babi hutan atau disebut I dalam dunia Naruto. Segel yang satu ini jarang digunakan untuk transformasi ninjutsu yang kuat. Namun, segel ini kerap digunakan untuk proses kuciyose atau jutsu pemanggilan. Untuk membentuk gerakan tangan segel monyet ini, caranya cukup sederhana. Intinya ada di fleksibilitas gerakan pergelangan tangan. Bentuk kepalan separuh, lalu pertemukan keduanya menghadap ke bawah.

3. Segel burung/ Tori

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel burung. (naruto.fandom.com)

Segel burung ini diadaptasi dari zodiak ayam jantan atau disebut Tori dalam dunia Naruto.Segel burung ini berkaitan erat dengan elemen angin. Salah satu pengguna segel ini adalah Naruto itu sendiri. Segel ini cukup simpel, tapi terlihat rumit untuk pertama kali prakteknya. Pertama bentuk gerakan takdim, pastikan setiap ujung jari saling bertemu. Lalu agak renggangkan, lipat kedalam jari tengah dan jari manis hingga bersimpangan. 

Baca Juga: 8 Karakter di Naruto yang Jarang Diketahui, Saking Jarang Munculnya

4. Segel anjing/ Inu

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel anjing (naruto.fandom.com)

Segel anjing ini diadaptasi dari zodiak anjing atau disebut Inu dalam dunia Naruto. Segel anjing ini banyak digunakan untuk pelepasan jutsu elemen air. Segel anjing ini sangat mudah dipraktekkan. Bentuk kepalan tangan kiri, dan letakan telapak tangan kanan diatas punggung kepalan tangan kiri. 

5. Segel kerbau/ Ushi

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel sapi/kerbau. (naruto.fandom.com)

Segel kerbau ini diadaptasi dari zodiak kerbau atau disebut Ushi dalam dunia Naruto. Segel ini banyak digunakan untuk melepaskan teknik elemen api seperti Uchiha Madara dan Itachi. Untuk membentuk segel ini, bentuk telapak tangan horizontal dan tangan kiri menghadap ke atas. Lalu pertemukan ruas-ruas jari. Setelah itu lipat jari manis dan jari tengah kanan kiri untuk menumpang di tangan kanan. 

6. Segel harimau/ Tora

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel harimau. (naruto.fandom.com)

Segel harimau ini diadaptasi dari zodiak harimau atau disebut Tora dalam dunia Naruto. Segel ini diperlukan sebagai pendahulu untuk rangkaian pelepasan elemen api dan tanah. Ini merupakan segel paling familiar. Caranya cukup gampang, kepalkan kedua tangan dan pertemukan. Lalu sisakan jari telunjuk dan jari tengah yang keduanya bertemu menghadap ke atas. 

7. Segel ular/ Mi

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel ular. (naruto.fandom.com)

Segel ular ini diadaptasi dari zodiak ular atau disebut Mi dalam dunia Naruto. Segel ular ini paling banyak digunakan untuk kombinasi hampir di setiap jutsu. Segel ular ini adalah segel termudah untuk dilakukan. Satukan kedua tangan dan saling menggenggam. Mirip bentuk tangan orang Yunani yang sedang berdoa. 

8. Segel tikus/ Ne

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel tikus. (naruto.fandom.com)

Segel tikus ini diadaptasi dari zodiak tikus atau disebut Ne dalam dunia Naruto. Segel ini juga tidak terasosiasi dengan peleapasan transformasi alam apa pun. Tapi, ini adalah segel khas dari klan Nara, asal Shikamaru untuk melepaskan teknik bayangan. Caranya, mula-mula bentuk jari telunjuk dan jari tengah mengacung dengan tangan kiri. Lalu genggam dua jari tersebut dengan tangan kanan. 

9. Segel kuda/ Uma

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel kuda. (naruto.fandom.com)

Segel kuda ini diadaptasi dari zodiak kuda atau disebut Uma dalam dunia Naruto. Segel ini tidak diperlukan untuk perilisan transformasi alam dasar. Tapi, Sasuke sering terlihat menggunakan segel ini untuk teknik bola apinya. Ini juga biasa digunakan untuk menghilangkan teknik ilusi genjutsu. Cara prakteknya agak rumit. Pertama bentuk setengah kepalan tangan dan satukan ruas-ruas jari dengan punggung menghadap ke depan. Setelah itu, tarik jari telunjuk dan hanya pertemukan ujung mereka. 

10. Segel kelinci/ Usagi

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel kelinci. (naruto.fandom.com)

Segel kelinci ini diadaptasi dari zodiak kelinci atau disebut U/Usagi dalam dunia Naruto. Biasanya ini dipakai Sasuke atau Kakashi saat mereka menyalurkan Chidori atau tangan petir. Tanda segel ini terlihat cukup mudah. Seseorang bisa melakukannya dengan membentuk pistol jari dengan tangan kiri dan membentuk janji kelingking dengan tangan kanan. Lalu satukan keduanya seperti di gambar. 

11. Segel domba/ Hitsuji

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel domba. (naruto.fandom.com)

Segel domba ini diadaptasi dari zodiak kambing atau disebut Hitsuji dalam dunia Naruto. Hitsuji ini mungkin salah satu segel yang sering terlihat dan menjadi segel ikonik di Naruto. Naruto kerap menggunakan segel ini untuk membuat jutsu klon miliknya kage bunshin no jutsu. Cara mempraktekkannya mudah, acungkan jari telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan lalu satukan. Dengan posisi tangan kanan sedikit jatuh ke bawah. 

12. Segel naga/ Tatsu

Ini 12 Segel Dasar Ninjutsu Naruto, Lengkap dengan Cara PraktekSegel naga. (naruto.fandom.com)

Segel naga ini diadaptasi dari zodiak naga atau disebut Tatsu dalam dunia Naruto. Segel ini digunakan untuk menifestasi perubahan bentuk kedua atau ketiga dari suatu elemen. Membentuk segel ini terbilang susah. Kedua tangan saling menggenggam. Namun ibu jari dan kelingking arus tegak dan saling bertemu ujungnya. 

 

Itu tadi 12 segel dasar Ninjutsu Naruto. Udah dipraktekkan?

Baca Juga: 8 Karakter di Naruto yang Jarang Diketahui, Saking Jarang Munculnya

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya