Comscore Tracker

5 Cerita Lucu Keanu Agl di Balik Perannya di Film Keramat 2

Dari selebgram menjadi aktor film

Selebgram Keanu (Agl) Angelo mungkin sudah banyak dikenal. Ia memiliki lingkar pertemanan para selebgram terkenal di Indonesia. Namun untuk bermain dalam sebuah film, Keramat 2: Caruban Larang (2022) adalah debut pertamanya sebagai aktor. Apalagi menurutnya, film Keramat 2 bukan film main-main. Film pendahulunya Keramat (2009), menurutnya adalah salah satu film horor Indonesia terseram.

Dalam film garapan sutradara Monty Tiwa ini, Keanu berperan sebagai dirinya sendiri seorang youtuber bernama Keanu. Ia juga mengaku selama ini tak mendalami dunia seni peran atau belajar akting. Ia melakukan akting secara otodidak. 

Lalu, bagaimana bisa ia mendapat tawaran bermain di film Keramat 2: Caruban Larang? Keanu membagikan beberapa kisah lucu dibaliknya. 

1. Sempat mengira film Keramat adalah film dewasa.

5 Cerita Lucu Keanu Agl di Balik Perannya di Film Keramat 2Keanu Agl. (ig/keanuagl)

Dalam percakapannya dengan Ernest Prakasa di channel Youtube HAHAHA TV, Keanu mengaku pertama kali menonton film Keramat saat kelas 6 SD. Saat itu, ia menemukan file film tersebut di laptop kakaknya. Karena film Keramat berada di antara film-film dewasa lainnya, ia sempat kira bahwa Keramat adalah film dewasa juga. 

Seperti yang kita ketahui, Keramat adalah film horor Indonesia pertama yang menggunakan gaya mocumentary. Keanu awalnya percaya bahwa Keramat adalah film dewasa karena banyaknya footage ala dokumenter yang diambil candid. Hingga saat ia menonton, ia benar-benar terkejut dan merasa di-prank oleh sang kakak. 

Tapi saking tertariknya dengan film Keramat, ia lalu mencari tahu tentang film tersebut. Keanu lalu mengetahui bahwa sutradara Monty Tiwa berada dibalik film menyeramkan itu. Sejak itu, Keanu menjadi penggemar Monty Tiwa dan mengikuti film-filmnya. 

Baca Juga: Keanu Agl Debut Main Film di Keramat 2: Jangan Hina Gue!

2. Ditawari menjadi cast Keramat 2 di acara premier film saat berkenalan dengan Monty Tiwa.

5 Cerita Lucu Keanu Agl di Balik Perannya di Film Keramat 2Keanu Agl. (ig/keanuagl)

Fakta lucu lainnya adalah Keanu ditawari menjadi cast film Keramat 2 saat ia menghadiri premier film Ku Kira Kau Rumah pada Februari 2022 lalu. Di sana, ia star struck saat melihat Monty Tiwa berada di acara yang sama. Saking terkejutnya, temannya lah yang mengantarkan Keanu untuk berkenalan dengan Monty Tiwa. 

Saat itu, Keanu secara terang-terangan mengaku bahwa ia penggemar film Keramat. Lalu Monty Tiwa malah menanggapinya dengan menawarkan Keanu untuk bermain di film Keramat 2. Meski mengiyakan, namun saat itu Keanu masih menganggap tawaran itu hanya lelucon saja.

Namun saat proses syuting dimulai baru terungkap bahwa sebelum Keanu datang, Monty Tiwa sedang 'ditagih' cast Keramat 2 oleh Chand Parwez Servia produser StarVision, khususnya yang berperan sebagai youtuber. 

3. Keanu mengetahui dirinya masuk line cast Keramat 2 dari Ajil Ditto.

5 Cerita Lucu Keanu Agl di Balik Perannya di Film Keramat 2Keanu dalam poster Keramat 2. (ig/keanuagl)

Keanu bercerita bahwa ia tak berani bilang ke siapapun bahwa ia ditawari menjadi pemain film Keramat 2. Apalagi hingga tawaran itu diterima, Monty Tiwa tidak memberi kabar lanjutan hingga sebulan lebih lamanya.

Ia malah mengetahui bahwa dirinya benar-benar masuk line cast dari temannya Ajil Ditto yang juga pemain Keramat 2. Ajil mengetahui nama Keanu Angelo sebagai cast dari Monty Tiwa sendiri dan ia langsung menghubungi Keanu. 

Ia juga terkejut bahwa perannya di Keramat 2 adalah karakter penting. Sebelumnya, Keanu mengira bahwa ia di Keramat 2 hanya menjadi figuran atau ia menyebutnya sebagai "banci-banci ornamen". Atau dalam bahasa film disebut comic relief, sebuah interupsi (selingan) dari adegan tragedi, oleh adegan lucu singkat. Namun ternyata tidak. 

4. Sempat kebingungan saat diminta masuk frame di tengah dialog syuting.

5 Cerita Lucu Keanu Agl di Balik Perannya di Film Keramat 2Lutesha dan Keanu. (ig/keanuagl)

Keramat 2 kembali mengusung gaya pengambilan gambar seperti di film Keramat, yakni tanpa skenario. Para pemain harus memahami logika jalan cerita, blocking, dan tahu apa yang harus dilakukan di sebuah adegan. 

Di saat proses syuting sedang merekam adegan antara Lutesha dan Ajil Ditto, Keanu kebingungan saat ia tiba-tiba diminta masuk frame. Sedangkan di adegan itu, ia tidak mendapat peran. Keanu lalu dipaksa untuk memahami logika cerita 'jika Keanu berada di tengah pertengkaran tersebut, apa yang bisa dilakukan'. Hal itu cukup baru bagi Keanu karena Keramat 2 adalah debut film pertamanya. 

5. Mau nangis saat mendadak diminta monolog cerita horor lucu.

5 Cerita Lucu Keanu Agl di Balik Perannya di Film Keramat 2Keanu Agl. (ig/keanuagl)

Saat 10 menit sebelum take, Keanu diminta Monty Tiwa untuk bermonolog cerita horor tapi lucu. Keanu sempat mengira cerita tersebut sudah ada dan ia tinggal membawakannya saja. Tapi tidak. Di waktu yang sangat mepet itu, Keanu berusaha mengumpulkan dan membuat cerita horor dari pengalaman teman-teman di lokasi syuting dan menunjukkannya ke sutradara. Saat disetujui, syuting pun dimulai.

Saat Keanu melakukan perannya bermonolog, Monty Tiwa tidak segera meng-cut adegan itu. Sehingga ia sekuat tenaga untuk melakukan improvisasi adegan saat itu juga. Hal itu tentu membuat Keanu terkejut karena ia tidak memiliki basic aktor atau stand up comedian. Namun hal itu cukup berkesan baginya. 

Itu beberapa kisah lucu yang dibagikan Keanu dalam debut film pertamanya. Keanu juga mengaku tak kapok dan ketagihan untuk bermain fim lagi lho! 

Baca Juga: Film Keramat 2 dan Film Qorin, Mana Teror Jin Paling Seram?

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya