Comscore Tracker

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anak

Melihat perang dengan kacamata polos anak-anak

Mungkin dalam imajinasi anak-anak, perang adalah sebuah peristiwa yang menarik. Dalam perang, akan banyak letusan senjata terjadi, bom di mana-mana serta pesawat tempur, dan tank raksasa yang hilir mudik.

Namun karena usia mereka yang masih terlalu dini, anak-anak belum memahami betul tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam perang. Cara pandang anak-anak yang polos dalam melihat perang ini, kemudian memancing para sineas dunia untuk menampilkannya ke layar lebar.

Berikut 10 film tentang perang dengan menggunakan kacamata polos anak-anak.

1. Hope and Glory (1987) 

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakIMDB

Hope and Glory (1987) karya John Boorman adalah sebuah film perang, komedi dan drama di Britania. John Boorman selaku sutradara merangkap produser dan penulis mengangkat film ini berdasarkan pengalamannya sendiri saat Perang Dunia Kedua, tepatnya saat ia dibesarkan di the Blitz, London.

Film ini mengisahkan keluarga Rowan dalam situasi perang dunia berdasarkan kacamata sang putra, Billy (Sebastian Rice-Edwards), bocah berusia 10 tahun.

Baca Juga: 5 Aktor Muda Sukses Perankan Villain di Drakor, Bikin Geregetan!

2. Empire of The Sun (1987) 

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakIMDB

Film berceria tentang Jamie Graham (Christian Bale), seorang anak sekolah dari keluarga kelas menengah Inggris yang tinggal di Shanghai. Setelah kependudukan Jepang, ia dipisahkan dari orang tuanya. Film perang remaja Amerika Serikat ini diangkat berdasarkan novel semi-autobiografi karya J. G. Ballard dengan judul yang sama.

Baca Juga: Sinopsis 7 Kisah di Drakor Our Blues, Bikin Ambyar

3. Turtles Can Fly (2004) 

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakimdb

Turtles Can Fly merupakan film drama perang saat rezim Saddam Husein berkuasa. Bahkan, film ini adalah film pertama yang yang dibuat di Iraq setelah jatuhnya Saddam Husein. Bercerita tentang Satelite (Soran Ebrahim) yang menjadi pemimpin para pengungsi anak-anak yang tinggal di perbatasan Iraq dan Turki.

4. Pan's Labyrinth (2006) 

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakIMDB

Film drama fantasi perang ini di mengambil latar di Spanyol pada Mei–Juni 1944, atau lima tahun setelah Perang Saudara Spanyol. Film yang disutradarai oleh Guillermo del Toro ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes 2006 dan mendapatkan review positif dari para kritikus.

5. Johnny Mad Dog (2008) 

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakIMDB

Film garapan Jean-Stephane Sauvaire mengangkat latar perang Prancis/Liberia 2008. Kisah diangkat berdasarkan novel Johnny chien méchant (2002) karya Emmanuel Dongala seorang penulis asal Kongo. Film ini menceritakan sekelompok tentara anak-anak yang berjuang melawan Liberians United for Reconciliation and Democracy (LURD) selama Perang Saudara Liberia Kedua.

6. The Boy in The Striped Pajamas (2008) 

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakIMDB

Film ini menceritakan seorang anak laki-laki bernama Bruno tinggal Berlin, Jerman Nazi selama Perang Dunia II. Film yang disutradarai disutradai oleh Mark Herman ini diangkat berdasarkan novel berjudul sama yang ditulis oleh penulis asal Irlandia, John Boyne.

7. Son of Babylon (2009) 

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakIMDB

Film ini mengambil latar tiga (3) minggu setelah kejatuhan Saddam Hussein di Irak akibat gempuran tentara Amerika Serikat.Cerita dimulai ketika seorang anak laki-laki bersama neneknya sedang mencari ayahnya yang yang terpisah selama 12 tahun. Film ini memperlihatkan banyaknya warga Irak yang menjadi korban kekejaman pemerintahan Saddam, termasuk masyarakat Kurdi. 

8. Lore (2012)  

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakIMDB

Lore adalah film seni drama sejarah Australia-Jerman-Britania 2012, diangkat berdasarkan pada sebuah novel karya Rachel Seiffert yang berjudul The Dark Room. Kisah dari film ini bermula ketika ayah Lore merupakan petinggi anggota partai Nazi harus melarikan diri dan terpaksa meninggalkan anak-anaknya. Kemudian Lore sebagai anak tertua tentu harus menjaga keempat adiknya, sembari melakukan perjalanan menuju ke rumah neneknya di dekat Hamburg, dengan berjalan kaki.

9. The Book Thief (2013)  

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakIMDB

Film ini menceritakan seorang gadis bernama Liesel Meminger yang hidup ketika rezim Nazi di Jerman. Berawal dari penangkapan Ayahnya yang dicurigai sebagai aliran komunis, hingga persahatannya dengan orang yang sangat dicari oleh seluruh tentara Nazi yakni lelaki keturunan Yahudi.

10. Jojo Rabbit (2019) 

10 Film Perang dengan Sudut Pandang Anak-anakIMDB

Film yang disutradarai oleh Taika Waititi ini mengisahkan Johannes "Jojo" Betzler (Roman Griffin Davis) adalah seorang anak lelaki berusia sepuluh tahun yang tinggal di Jerman Nazi pada akhir Perang Dunia II. Jojo sering berbicara dengan teman khayalannya, versi Adolf Hitler yang suportif namun kekanak-kanakan (Taika Waititi). Jojo Rabbit adalah film drama komedi perang Amerika Serikat tahun 2019 berdasarkan buku Caging Skies karya Christine Leunens.

Baca Juga: 5 Tips Liburan ke Lombok Naik Kapal dari Surabaya, Murah Pol!   

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya