Comscore Tracker

Manfaat Probiotik Multi Strain Mencegah Penuaan Dini

Multistrain juga tingkatkan regenerasi sel dan cegah penuaan

Malang, IDN Times - Proses penuaan merupakan sesuatu yang bakal dan pasti dialami oleh semua orang. Namun terkadang pada sebagian orang penuaan terjadi lebih cepat daripada usia biologisnya. Salah satu penyebabnya adalah proses regenerasi sel yang tidak berjalan baik. Untuk itu berbagai cara kemudian dilakukan untuk guna mencegah penuaan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan probiotik multi strain. Seperti dikembangkan oleh produsen suplemen asal Kabupaten Malang ini. 

1. Probiotik multi strain bisa meningkatkan aktivitas regenerasi sel

Manfaat Probiotik Multi Strain Mencegah Penuaan Dininccih.nih.gov

Probiotik multi strain sendiri memiliki manfaat cukup baik. Terutama sebagai anti keradangan kronis akibat metabolit patogen. Fungsi utama dari probiotik multi strain adalah bisa meregenerasi sel. Artinya, produk yang mengandung probiotik multi strain bisa untuk meningkatkan siklus kehidupan sel dalam tubuh. Sehingga siklus sel menjadi lebih lama dan menghambat penuaan. 

"Probiotik multi strain memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu juga bisa menjadi penyeimbang anti imun sehingga imun menjadi seimbang," urai salah satu peneliti probiotik multi strain, Apt Tjie Kok, Minggu (30/1/2022). 

Baca Juga: Sehat dan Lezat, 10 Makanan Probiotik yang Baik untuk Tubuh

2. Juga bisa mencegah peradangan kronis

Manfaat Probiotik Multi Strain Mencegah Penuaan Dinifood.ndtv.com

Tjie Kok menambahkan bahwa probiotik multi strain memiliki potensi untuk mencegah peradangan penyakit kronis. Selain untuk mencegah, konsumsi probiotik multi strasin juga bisa menjadi treatment untuk mengatasi penyakit-penyakit kronis mulai darah tinggi dan beberapa lainnya. 

"Jika dikonsumsi rutin bosa mengirangi peradangan akibat penyakit kronis dan mencegah untuk kambuh lagi," imbuhnya. 

3. Takaran konsumsi cukup satu sendok makan

Manfaat Probiotik Multi Strain Mencegah Penuaan Diniilustrasi minum suplemen probiotik (pexels.com/Ivan Samkov)

Salah satu produk probiotik multi strain yang cukup direkomendasikan ProEm 1. Produk ini mengandung probiotik multi strain cukup tinggi. Bahkan produk ini juga diklaim mampu meningkatkan kinerja dalam tubuh dan diyakini mampu mencegah COVID-19 yang saat ini kembali meningkat. Tjie Kok menyebut bahwa takaran standar yang diperlukan adalah satu sendok makan setiap hari. 

"Tetapu kalau dirasa tubuh memerlukan lebih banyak maka bisa ditambah hingga maksimal 4 sendok makan," sambungnya. 

4. Juga bisa mencegah stunting

Manfaat Probiotik Multi Strain Mencegah Penuaan DiniInternet

Tak hanya itu saja, Tjie Kok menyebut bahwa probiotik multi strain juga bisa mencegah stunting. Jadi probiotik multi strain ini adalah mikroorganisme baik yang bisa membantu tubuh menyerap asupan makanan yang cukup. Tentu jika hal ini diberikan pada anak dalam masa pertumbuhan bakal bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya stunting. 

"Karena problem utama stunting itu sebenarnya disebut disbiosis. Artinya mikroorganisme jahat atau patogen banyak menguasai tubuh. Jadi penerapan asupan makanan tidak maksimal," tandasnya. 

Baca Juga: Mahasiswa UGM Pakai Bakteri Probiotik untuk Skrining Kanker Usus Besar

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya