Comscore Tracker

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak Banget

Sekali coba bikin ketagihan

Akhir pekan pada ujung masa libur sekolah telah tiba. Bagi kamu yang ingin menghabiskan sisa waktu libur dengan jalan-jalan di Madiun, tidak ada salahnya jika sekalian berwisata kuliner.

Beragam pilihan makanan khas Madiun dapat dijadikan referensi ketika berada di sana. Apa saja daftarnya?

1. Nasi pecel

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak BangetIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Penganan satu ini merupakan ikon di Madiun. Karena itu, banyak warung yang khusus menjual kuliner ini dengan rasa yang yummy. Penjualannya seperti di Depot 99 di Jalan Cokroaminoto, Kota Madiun; Depot Mirasa Bu Wo di Jalan S Parman, Kota Madiun, dan Warung Bang Rokhim di Jalan Panglima Sudirman, Caruban, Kabupaten Madiun.

Masing-masing tempat makan ini memiliki citarasa tersendiri dalam menyajikan kuliner. Namun demikian, pihak pengusaha sama-sama menggunakan wadah pincuk daun pisang. Juga, menambahkan daun jeruk purut saat proses pembuatan sambal pecel yang mampu memunculkan aroma khas.

2. Roti bluder

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak Bangetinstagram.com/lisagunawan05

Kuliner ini mulai dirintis oleh Nyonya Suasana di Jalan Cokroaminoto pada tahun 1989. Berdasarkan lokasi produksi itu maka merek roti ini diberi nama bluder cokro. Kini, pabrik makanan ini pindah di Jalan Hayam Wuruk.

Dari dulu hingga sekarang, penganan ini memiliki rasa yang lembut di lidah. Salah satu penyebabnya karena diolah dengan bahan berkualitas. Teknik pengolahan adonan lebih dominan menggunakan tangan atau secara manual. Ini termasuk saat memberi tambahan rasa, seperti cokelat, keju, kismis, kacang, abon ayam, dan selai nanas.

Selain merek cokro, roti bluder di Kota Madiun juga menggunakan nama Kresna yang diproduksi di Jalan Pringgondani dan merek Metro di Jalan Kutai. Tentunya masing-masing produsen memiliki citarasa tersendiri dalam mengolah kuliner khas ini.

3. Madumongso

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak Bangetsajiansedap.grid.id

Kuliner satu ini terbuat dari ketan hitam yang telah difermentasi dan dicampur dengan bahan lain, seperti gula dan santan. Untuk mendapatkan tekstur dan kualitas bagus, proses pembuatan makanan ringan ini butuh waktu 3-5 hari.

Pertama, ketan hitam direndam dalam air. Kemudian ditaburi ragi untuk membuatnya menjadi tape. Setelah itu, baru dicampur bahan lain dengan cara diaduk di atas tungku yang panas seperti halnya pembuatan jenang dodol.

Di saat telah matang dan dingin, madumongso siap dikemas sesuai selera produsen. Ada yang membungkusnya dengan kertas warna-warna dengan bentuk memanjang. Ada pula yang mengemas dengan plastik bening dengan bentuk bulat. Untuk mendapatkan makanan dengan rasa manis, asam, dan legit ini dapat membeli di toko pusat oleh-oleh Madiun.

4. Iwak kali

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak Bangetinstagram.com/kartikakasirano

Kuliner satu ini banyak ditemukan di rumah makan di Lereng Gunung Wilis. Khususnya di sekitaran Wana Wisata Grape, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Biasanya, iwak kali yang digoreng setelah dibalur tepung adalah jenis ikan wader.

Iwak kali yang diolah ini merupakan lauk dari menu makanan berat atau nasi. Untuk melengkapi sensasi saat menyantap, maka penjual menyediakan sambal terasi, sambal bawang, dan juga beberapa jenis sayuran rebus.

5. Pentol corah

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak Bangetinstagram.com/pentol_corah_raja_pedas

Bagi kamu yang hobi makan pedas, pentol corah dari Kota Madiun menjadi alternatifnya. Makanan ini banyak dibuat oleh warga di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo.

Seperti halnya pentol pada umumnya, corah Madiun berbahan baku tepung kanji, tahu, bawang putih dan garam. Setelah semua bahan dicampur, maka tahap selanjutnya adalah pengukusan. Setelah matang dipotong kecil-kecil.

Pentol ini siap disantap setelah disiram sambal ekstra pedas. Untuk menambah citarasa lain, pihak juga menyediakan tambahan cakar ayam goreng da berbagai jenis kerupuk.

Baca Juga: 5 Fakta Klepon, Jajanan Pasar yang Nggak Habis Ditelan Zaman

6. Nasi jotos

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak Bangetputratravel.net

Sesuai namanya, makanan ini memiliki elemen utama nasi dengan ukuran satu kepalan tangan (jotos). Makanan ini seperti halnya nasi kucing atau hik di Yogyakarta dan Solo. Namun, bungkusan nasi jotos lebih besar dan biasanya dilengkapi dengan irisan telur dadar, tempe orek, sambal terasi, mi atau bihun goreng.

Berbeda dengan nasi jotos atau hik yang tiap bungkusnya kebanyakan hanya dilengkapi dengan tempe orek dan sambal teri. Untuk penjualan nasi jotos banyak ditemukan di warung - warung tepi jalan atau angkringan.

7. Kerupuk dulit

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak BangetCookpad.com

Camilan ini terdiri dari kerupuk upil atau gombal dan sambal kanji. Sesuai namanya, untuk memakannya kerupuk harus dicelupkan atau didulit ke sambal. Makanan ini cocok dijadikan teman kongkow.

Sayang, camilan sederhana ini yang dulu banyak ditemukan di Alun-Alun Kota Madiun ini mulai tenggelam. Rencananya, kuliner ini bakal kembali dimunculkan melalui beberapa even yang digelar Pemkot Madiun.

8. Soto kutilang

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak Bangetthecolourofindonesia.com

Seperti halnya daerah lain, Kota Madiun juga memiliki soto yang menjadi primadona pecinta kuliner. Salah satunya buatan Bu Topo di Jalan Kutilang yang ada sejak puluhan tahun lalu.

Isi dalam satu porsi soto ini seperti daging, kecambah, dan kuah kaldu yang gurih. Selain itu, tambahan makanan seperti daging empal, usus, babat, keripik tempe, dan perkedel kentang juga disediakan penjual.

Selain di Jalan Kutilang, makanan serupa di Jalan Semeru juga bisa dijadikan referensi bagi pencinta soto

9. Tahu telur

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak Bangetinstagram.com/foodloverss___

Tahu telur merupakan salah satu kuliner tradisional di Kota Madiun yang keberadaanya jarang terdengar seperti halnya nasi pecel. Meski demikian, makanan satu ini tetap memiliki daya tarik bagi pencintanya.

Salah satunya karena keunikannya, yakni proses penggorengan antara tahu dan telur dilakukan bersamaan. Kemudian dicampur dengan bumbu kacang dan dipadukan dengan lontong. Penjual makanan ini seperti di Jalan Merbabu, Jalan Bali, dan Jalan Hayam Wuruk.

10. Nasi hik

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak BangetInstagram/angkringan55

Makanan ini hampir sama dengan nasi jotos. Hanya saja, dalam setiap bungkusnya berisi nasi, sambel teri, dan tempe orek. Apabila ingin tambahan lauk, maka harus mengambil yang disediakan pedagang di warung angkringan, seperti tempe bacem bakar, kepala ayam bakar, dan sebagainya.

Sebenarnya, kuliner ini asli dari Solo atau Yogyakarta termasuk warung angkringannya. Beberapa tahun lalu, pedagang warung angkringan dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta mulai berdatangan di Madiun dan sekitarnya. Hingga kini, warung angkringan yang menyediakan nasi hik banyak dibuka.

11. Kue manco

11 Makanan Khas Madiun yang Wajib Kamu Coba, Enak Bangetcarelstoreid.weebly.com

Jajanan khas ini dikembangkan sejak puluhan tahun silam oleh warga Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Konon, makanan ini disajikan para abdi dalem kepada keluarga Kerajaan Gelang-Gelang di Dolopo, Madiun.

Dari masa ke masa, jajanan berbahan dasar tepung ketan ini mengalami pembaharuan. Jika dulunya hanya satu jenis toping, kini menjadi tiga macam, yakni beras, kacang, dan wijen.

Itulah daftar makanan khas Madiun yang bisa menjadi referensi untuk melengkapi wisata kulinermu. Dari sebelas makanan di atas, kamu penasaran sama yang mana?

Baca Juga: Bukan Lontong, Ini 5 Kuliner Khas Nusantara Pengganti Ketupat

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Just For You