TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tempat Makan Sate Klopo Legend di Surabaya 

Kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba, nih!

Seporsi sate klopo Ondomohen yang melegenda. Instagram/inijie

Kota Surabaya punya banyak kuliner khas yang menggugah selera. Salah satunya adalah sate klopo atau sate kelapa. Sate klopo adalah sate yang berisi tusukan daging dan lemak sapi yang dilumuri bumbu dan parutan kelapa lalu dibakar. Cita rasanya cenderung gurih dan sedap.

Kalau lagi di Surabaya, kamu harus memasukkan sate klopo dalam daftar kuliner yang wajib dicoba. Tak sulit menemukan pedagang yang menjual sate klopo di Surabaya. Kamu bisa mencobanya di 5 rekomendasi tempat makan sate klopo legend di Surabaya berikut ini.

1. Sate Klopo Tiara

Warung Sate Kelopo Tiara di Jalan Pacar Kembang Surabaya. Youtube/Budiono Sukses

Setidaknya ribuan sate klopo ludes terjual di warung sate yang sudah berusia 60 tahun lebih ini. Sate Klopo Tiara adalah salah satu kuliner legend di Surabaya yang dijalankan dari generasi ke generasi. Dari dulu sampai sekarang lokasi jualannya tidak berubah. Pun cita rasanya tetap sama.

Sate klopo Tiara terkenal dengan potongan daging sapinya yang besar. Ditambah dengan bumbu kacangnya yang gurih membuat kelezatannya jadi berkali-kali lipat. Kalau itu belum cukup kamu bisa menambahkan potongan cabe dan bawang merah. Dimakan bersama nasi panas, makan sate klopo Tiara jadi kian sempurna. Harga per 10 tusuk sate dibanderol Rp28.000 aja.

Lokasi: Jl. Pacar Kembang No.21, Pacar Kembang, Kec. Tambaksari, Surabaya
Waktu operasional: Senin-Minggu 07.00-22.00 WIB

Baca Juga: Polrestabes Surabaya Musnahkan 40,8 Kg Sabu Jaringan Sumatera-Jawa

2. Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih

Seporsi sate klopo Ondomohen yang melegenda. Instagram/inijie

Buat yang sering ke Surabaya pasti kuliner satu ini banyak direkomendasikan buat dikunjungi. Sate klopo Ondomohen Bu Asih ada dalam jajaran kuliner legend Surabaya yang sudah eksis sejak tahun 1945. Disebut sate ondomohen karena nama jalan warung ini berada dulunya adalah Jalan Ondomohen sebelum ganti menjadi Jalan Walikota Mustajab.

Buat menunya sendiri di sini banyak pilihannya, di antaranya sate daging/lemak, sate ayam, sate usus, sate otot, sate sumsum, sate campur dan sate sapi ayam. Harganya dibanderol mulai Rp31.000-45.000 per 10 tusuk. Kalau makan di tempat kamu bisa menyaksikan langsung proses pembuatannya yang masih tradisional menggunakan arang dan kipas.

Lokasi: Jalan Walikota Mustajab No.36, Surabaya
Waktu operasional: Senin-Minggu 07.00-22.00 WIB

3. Sate Kelopo Ummik Maryam Tambak Sari

Warung sate kelopo Ummik Maryam di depan Gelora 10 November Surabaya. Youtube/Budiono Sukses

Sate satu ini jadi andalan warga Surabaya kalau lagi ada di sekitar Gelora 10 November. Jualannya ada di halaman stadion Gelora 10 November Surabaya. Sate kelopo Ummik Maryam ini sekarang dijalankan oleh generasi ketiga yang diawali oleh sang nenek.

Menu jualannya di sini cuma ada sate daging kelapa, sate ayam kelapa dan sate usus kikil kelapa. Seporsinya berisi 10 tusuk sate lengkap dengan taburan poya atau serundeng. Yang bikin unik adalah cara Ummik Maryam mengambil nasi yang tidak menggunakan centong melainkan kepalan tangan. Tentunya Ummik Maryam sudah memakai sarung tangan ya saat mengambil nasi.

Lokasi: Jl. Tambaksari No.32, Tambaksari, Kec. Tambaksari, Surabaya
Waktu operasional: Senin-Minggu 06.00-09.00 WIB

4. Sate Kelopo Rizky Dinoyo

Proses penyajian sate klopo di warung sate Rizky Jalan Dinoyo Surabaya. Youtube/Rafa Ahrul Channel

Kalau melewati Jalan Dinoyo, Surabaya kamu bakal mendapati ada sebuah warung yang selalu asapnya tercium ke jalan raya. Ya kamu gak salah lagi, tempat itu adalah warung sate kelopo Rizky. Lokasinya ada di seberang toko roti Suzana.

Buat menunya di sini ada sate klopo sapi lemak dan tanpa lemak, sate sumsum, sate usus, sate ayam dan sate asin. Selain sate di warung ini juga tersedia gule daging sapi sebagai pelengkap. Harga satenya mulai Rp20.000 aja kalau mau tambah nasi atau lontong bayar lagi Rp5.000.

Lokasi: Jl. Dinoyo No.147, Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya
Waktu operasional: Senin-Minggu 06.00-19.00 WIB

5. Sate Klopo Kak Mad

Proses memasak sate klopo Cak Mad Surabaya. Youtube/Kulinersby

Terakhir ada sate klopo Kak Mad yang gak boleh kelewat buat dicoba kalau lagi di Surabaya. Sate ini usianya sejak puluhan tahun dan dulu sempat berjualan di sekitar Jalan Kertajaya sebelum pindah ke Pucang Anom Timur. Lokasinya berada di pinggir jalan raya sehingga strategis dan mudah ditemukan.

Ada tiga pilihan menu sate di sini yaitu sate daging sapi, sate ayam, sate kambing. Kamu bisa request kelapa, tanpa kelapa atau tanpa lemak. Harganya mulai Rp30.000 untuk 10 tusuk sate. Selain sate di sini ada gule kambing, sop ayam dan sop iga sapi. Lengkap banget kan!

Lokasi: Jl. Pucang Anom Timur No.17A, Kertajaya, Kec. Gubeng, Surabaya
Waktu operasional: Senin-Minggu 08.00-00.00 WIB

Nah itu tadi adalah 5 rekomendasi tempat makan sate klopo legend di Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Sudah terpikir mau makan sate klopo di warung yang mana? 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Minum Jus Buah di Surabaya, Bikin Seger 

Verified Writer

dhafintya noorca

Life keeps on going and learning

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya