Comscore Tracker

Kediri Betta Contest Pecahkan Rekor MURI

Diikuti peserta dari mancanegara

Kediri, IDN Times - Kontes ikan Cupang yang diadakan Kediri Betta Club (KBC) memecahkan dua rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Kontes yang digelar secara terbatas dan tertutup serta dengan pelaksanaan protokol kesehatan ketat ini dinobatkan sebagai kontes dengan jumlah peserta terbanyak dan dengannilai total hadiah terbesar. Tak hanya wilayah Indonesia, kontas ikan cupang ini juga diikuti perwakilan negara tetangga diantaranya Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam dan Thailand.

1. Jumlah peserta kontes terbanyak

Kediri Betta Contest Pecahkan Rekor MURIPerwakilan MURI menyerahkan piagam rekor indonesia ke Bupati Kediri. IDN TImes/ istimewa

Customer Relation Manager MURI, Andre Purwandono mengatakan, kontes cupang di Kabupaten Kediri ini tercatat diikuti oleh 2457 ikan cupang. Jumlah ini mengalahkan kontes yang sama di Padang, Sumatra Barat pada tahun 2017 lalu. Dalam kontes tersebut peserta sebanyak 1440 ekor ikan cupang.

"Total peserta ini setelah kami lakukan verifikasi secara manual. jadi data yang ada dari panitia, kita hitung ulang dan hasilnya terdapat 2457 peserta. Kalau rekor sebelumnya untuk kontes cupang di Padang dengan peserta sebanyak 1440," ujarnya, Minggu (27/6/2021).

2. Kontes dengan total hadiah terbesar

Kediri Betta Contest Pecahkan Rekor MURISuasana kontes ikan cupang yang digelar di Kabupaten Kediri. IDN Times/ istimewa

Andre juga menyebut, satu rekor lagi yang berhasil dipecahkan adalah kontes dengan total hadiah terbesar di Indonesia. Hadiah utama dalam kontes ini adalah sebuah mobil, yang dimenangkan oleh tim Bajul Joget dari Surabaya. Tim ini mengirimkan 400 ekor lebih ikan. "Total hadiah kontes ini sejumlah Rp 196 juta. Nilai hadiah yang sangat fantastis. Hadiah termewah ini," jelasnya.

3. Ingin kembangkan produksi ikan cupang

Kediri Betta Contest Pecahkan Rekor MURIPeserta kontes ikan cupang di Kabuoaten Kediri. IDN TImes/ istimewa

Sementara itu Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh KBC Kediri ini. Dirinya berharap perkembangan ikan hias akan terus meningkat. Mas Dito juga menyebut jika ikan cupang ini merupakan produk andalan dari Kabupaten Kediri selain lele dan ikan Koi. "Sekarang yang kita upayakan adalah para petani cupang di Kabupaten Kediri ini, bisa memiliki brand ikan cupang sendiri. Genetiknya ini bisa dari wild betta nanti kita crossing agar bisa menghasilkan jenis ikan cupang dengan kualitas yang lebih bagus lagi. Pemerintah akan terus berupaya mendorong itu," pungkasnya.

Baca Juga: Bisnis yang Menggiurkan, Mengintip Peluang Usaha Salon Ikan Cupang

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Kontes Ikan Cupang di Kediri Pecahkan Rekor MURI

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya