Comscore Tracker

Deflasi di Kota Malang Dipicu Anjloknya Harga Telur Ayam 

Sebulan terakhir harga telur ayam anjlok

Malang, IDN Times - Murahnya harga telur dalam waktu sebulan terakhir memicu terjadinya deflasi di Kota Malang. Hal itu seperti disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, Jumat (1/10/2021). Deflasi sendiri terjadi sebesar 0,02 persen pada September 2021. 

1. Harga telur ayam picu deflasi

Deflasi di Kota Malang Dipicu Anjloknya Harga Telur Ayam Ilustrasi Pengiriman Telur Ayam. (IDN Times/Sunariyah)

Kepala BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini menjelaskan bahwa salah satu komoditas yang memiliki andil besar terjadinya deflasi adalah harga telur ayam. Paling tidak dalam tempo sebulan terakhir harga telur ayam memang anjlok drastis. Dari peternak, harga yang normalnya berada diangka Rp19.000 kini turun menjadi Rp14.000. "Harga telur ayam ras mengalamu penurunan paling besar yakni 11,96 persen. Angka tersebut berandil pada deflasi sebesar 0.06 persen," kata Erny, Jumat (1/10/2021). 

Baca Juga: Timbulkan Kerumunan, Polisi Bubarkan Aksi Bagi Telur Gratis di Blitar

2. Tempe juga pengaruhi deflasi

Deflasi di Kota Malang Dipicu Anjloknya Harga Telur Ayam Ilustrasi produsen tempe (6/1/2021) (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Lebih jauh, Erny menambahkan bahwa selain harga telur ayam ras, komoditas lain yang turut berpengaruh pada deflasi adalah harga tempe. Saat ini harga tempe menurun sebesar 10,11 persen dan memiliki andil deflasi sebesar 0,06 persen. Berikutnya ada cabai rawit yang turun 28,17 persen dan berandil deflasi sebesat 0,04 persen.

"Beberapa komoditi lain seperti bawang merah juga turun 9,57 persen, dan memberikan andil terhadap deflasi sebesar 0,02 persen. Kalau untuk komoditas yang mengalami inflasi adalah biaya perguruan tinggi naik 1,18 persen, dan memberikan andil 0,04 persen. Juga ada harga mobil yang mengalami kenaikan sebesar 1,78 persen dan berandil apda inflasi sebesar 0,03 persen," tambahnya. 

3. Mamin juga picu terjadinya deflasi

Deflasi di Kota Malang Dipicu Anjloknya Harga Telur Ayam Ilustrasi Deflasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, jika dikelompokkan, maka pengeluaran makanan dan minuman (mamin) menjadi pendorong utama terjadinya deflasi. Selain mamin ada juga tembakau sebesar 0,85 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,04 persen, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya dengan persentase sebesar 0,02 persen. "Kalau untuk kelompok pendorong inflasi terbesar berasal dari transportasi 0,58 persen, pendidikan 0,52 persen, peralatan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,41 persen, perawatan pribadi 0,36 persen dan pakaian serta alas kaki sebesar 0,12 persen," sambungnya. 

4. Tahun 2021 Kota Malang inflasi terendah

Deflasi di Kota Malang Dipicu Anjloknya Harga Telur Ayam Telur ayam yang dijual di pasar (IDN Times/Holy Kartika)

Terlepas dari itu, Erny menyebut bahwa sepanjang tahun 2021 inflasi di Kota Malang berada pada angka paling rendah jika dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Tercatat pada tahun 2019 inflasi year on year (YoY) hingga September tercatat mencapai 2,81 persen. Sementara pada tahun 2020 tercatat berada pada angka 1,22 persen.

"Pada tahun 2021 untuk periode yang sama sebesar 1,15 persen. Angka ini cenderung rendah dan stabil jika dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya," pungksnya. 

Baca Juga: Anjloknya Harga Telur Ayam Picu Deflasi 0,04 Persen di September

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya