Comscore Tracker

Akan Diproduksi Massal, Inilah Motor Listrik Karya Anak ITS

Gesits andalkan komponen lokal

 

Surabaya, IDN Times - Sepeda motor listrik nasional Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) akan diproduksi massal. Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pun sangat mendukung produk ini. Bahkan, saat mencobanya Rabu (7/11), dia meyakini kalau Gesits akan diminati dan mampu bersaing di pasar. Namun, tahukah kalian awal mula Gesits sebelum masuk industri? 

Nah, Engineers Tim Riset Gesits, Ayuning Fitri Desanti membeberkannya kepada IDN Times. 

1. Dibuat sejak tahun 2016, butuh satu tahun selesai

Akan Diproduksi Massal, Inilah Motor Listrik Karya Anak ITSDok.IDN Times/Istimewa

Saat dihubungi IDN Times, Fitri mengatakan bahwa sepeda motor Gesits sudah mulai dibuat oleh Tim Riset dari ITS sejak tahun 2016. Dia mengungkapkan bahwa proses pembuatannya tidak sebentar. "Kurang lebih satu tahun. Itu keseluruhan. Mulai dari proses desain hingga fabrikasi," ujarnya, Rabu (7/11).

Baca Juga: Jokowi Jajal Motor Listrik Gesits, Ini Harganya!

2. Hanya baterai yang impor, produksi lainnya bekerjasama dengan UMKM

Akan Diproduksi Massal, Inilah Motor Listrik Karya Anak ITSDok.IDN Times/Istimewa

Fitri menjelaskan, seluruh komponen di Gesits adalah rancangan sendiri kecuali baterainya. Dia membeberkan, dulunya tegangan baterai sepeda motor Gesits 100v dan memiliki motor listrik sebagai penggerak utama dengan daya 5kw. Sampai akhirnya dayanya sekarang sudah ditambah pasca masuk industri. 

"Saat riset kami memang hanya impor baterainya. Yang lainnya, Alhamdulillah kami bekerjasama dengan UMKM sekitar kampus. Yang di media (sekarang) sebenarnya produk kami di awal," kata Fitri.

3. Komponen utama dibuat sendiri

Akan Diproduksi Massal, Inilah Motor Listrik Karya Anak ITSDok.IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Fitri juga membeberkan kesulitan awal membuat Gesits. Menurutnya, kesulitan membuat Gesits karena komponen utama dibuat sendiri. Seperti halnya motor listrik, controller, body dan chasis. "Setelah itu, kami harus buat sistem integrasinya (IVC) dan harus menggabungkannya menjadi suatu produk yang harus istimewa," pungkasnya.

Baca Juga: Dijajal Presiden Jokowi, Ini Spesifikasi Motor Gesits

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You