Ulasan Jelang Bentrok Borneo vs Madura United

Madura selalu dibayangi catatan buruk lawan Borneo

Madura United akan melakoni partai sengit pada pekan ke-31 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka mesti menghadapi Borneo FC Samarinda. Pertandingan kedua tim sendiri dijadwalkan terlaksana di Stadion Batakan, Balikpapan, Rabu (17/4/2024) esok.

Madura United dipastikan menghadapi adangan sulit dalam pertandingan ini. Hal itu karena mereka akan bersua Borneo yang notabene tim juara pada babak Reguler Series Liga 1. Meski begitu, Madura United tak boleh patah semangat karena mereka membutuhkan kemenangan demi tiket lolos ke Championship Series.

1. Madura United dibayangi catatan penurunan produktivitas gol di Liga 1

Ulasan Jelang Bentrok Borneo vs Madura UnitedMadura United dalam laga menghadapi Borneo FC pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Madura United tengah merasakan momentum kurang diuntungkan jelang melawan Borneo FC pada pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Betapa tidak, mereka gagal mendulang kemenangan dalam 2 laga terakhir dengan catatan 2 hasil imbang. Itu terjadi saat Laskar Sapeh Kerrab menghadapi Persebaya Surabaya (pekan 29) dan PSS Sleman (pekan 30).

Ada beberapa hal yang menyebabkan grafik performa Madura United macet. Salah satunya disebabkan penurunan jumlah produktivitas gol. Benar saja, Laskar Sapeh Kerrab tidak mencetak gol sama sekali dalam dua pertandingan terakhir Liga 1. Mereka diketahui hanya imbang 0-0 saat bermain kontra Persebaya dan PSS.

Itu jelas menjadi tugas berat bagi pelatih Madura United, Mauricio Souza. Kini, ia harus memutar otak untuk mencari solusi demi memecahkan problematikan yang ada. Sebab, Mauricio tidak bisa terus-terusan mengandalkan bomber utama, Dalberto Luan Belo, sebagai mesin gol. Ini karena striker asal Brasil itu masih belum maksimal usai mengemas 4 gol dari 9 penampilan di Liga 1.

2. Mauricio Souza mengakui Borneo FC adalah lawan yang sulit

Ulasan Jelang Bentrok Borneo vs Madura UnitedMadura United dalam laga menghadapi Borneo FC pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Madura United jelas mesti menghadapi pertandingan yang sulit ketika berjumpa Borneo FC pada pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Maklum, Laskar Sapeh Kerrab akan bersua tim yang sedang dalam penampilan bagus-bagusnya. Borneo adalah tim yang berhasil menyabet gelar juara pada babak Reguler Series Liga 1.

"Kami latihan lagi untuk mempersiapkan tim dengan baik. Kami akan melawan tim (Borneo FC), yang sedang ada di atas dan sudah pasti masuk ke fase selanjutnya. Kami harus serius menatap laga itu," ujar pelatih Madura United, Mauricio Souza, kepada Liga Indonesia Baru.

Di sisi lain, ada banyak pemain vital Borneo yang wajib diwaspadai Madura United jika tak ingin menelan kekalahan. Mereka adalah Stefano Lilipaly dan Felipe Cadenazzi yang jadi mesin gol dengan sebelas gol di Liga 1. Belum lagi, ada Terens Puhiri, Adam Alis, dan Muhammad Sihran yang menjadi juru gedor serangan Borneo musim ini.

3. Madura United punya rekam jejak buruk dari Borneo FC, dua kali keok di kandang

Ulasan Jelang Bentrok Borneo vs Madura UnitedMadura United dalam laga menghadapi Borneo FC pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Tidak hanya itu, Madura United juga mengantongi catatan buruk lain jelang melawan Borneo FC pada pekan ke-31 Liga 1. Mereka diketahui kalah dalam urusan rekor head to head. Buktinya, Laskar Sapeh Kerrab selalu menelan kekalahan beruntun dari Borneo pada empat pertemuan terakhir di seluruh kompetisi.

Paling aktual, kekalahan Madura United dari Borneo terjadi pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. Mereka tidak berdaya setelah tumbang dengan skor 1-2 ketika itu. Lebih parahnya, kekalahan tersebut terjadi saat Laskar Sapeh Kerrab bermain di kandang serta disaksikan oleh ribuan suporter sendiri.

Di lain sisi, Madura United juga pernah dibekuk saat bermain di Piala Presiden 2019. Ketika itu, mereka takluk 0-1 dari Borneo. Sementara itu, dua kekalahan sisa terjadi saat mentas di Liga 1 musim 2022/2023 lalu. Dalam dua pertemuan sekaligus, Laskar Sapeh Kerrab selalu bertepuk jidat usai dikalahkan 0-3 pada pertemuan pertama (laga tandang) serta tumbang 0-1 pada pertemuan kedua (laga kandang).

Baca Juga: Hadapi PSS, Madura United Punya Modal Unggul Head to head

4. Borneo FC menjadikan Madura United sebagai ajang pemanasan untuk fase Championship Series Liga 1

Ulasan Jelang Bentrok Borneo vs Madura UnitedMadura United dalam laga menghadapi Borneo FC pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Borneo FC resmi keluar sebagai tim pertama yang melangkah ke babak Championship Series Liga 1 2023/2024. Walau begitu, mereka tetap tidak akan menganggap remeh untuk empat pertandingan sisa yang ada, termasuk Madura United. Tim Pesut Etam malah menjadikan empat laga itu sebagai ajang pemanasan jelang bersaing pada Championship Series mendatang.

"Persib bakal jadi pertandingan yang bagus apalagi bermain away, Dewa United menjadi tim yang berkembang dengan sangat baik, Madura United bukan tim yang mudah dan Arema sedang berjuang tidak terdegradasi. Keeempat tim ini bakal jadi tantangan dan pemanasan untuk kami menuju Championship Series," tegas pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, dilansir laman resmi klub.

Pertemuan Madura United versus Borneo FC dipastikan akan menjadi salah satu pertandingan terpanas yang akan bergulir pada pekan ke-31 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Sebagai tim tamu, mampukah Laskar Sapeh Kerrab membawa pulang tiga poin penuh dari kandang Pesut Etam nantinya?

 

Baca Juga: 4 Fakta Jelang Persebaya vs Madura United, Derbi Suramadu!

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya