Hitung-hitungan Nasib Arema FC di Laga Terakhir, Bisa Lolos Degradasi?

Sambil berharap tim kompetitor keok pada laga penentu

Arema FC menjadi salah satu kesebelasan yang gagal mempertontonkan kualitas apik di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka masih tercecer di papan bawah klasemen Liga 1. Bahkan, klub yang diperkuat Dendi Santoso dan kawan-kawan ini juga terancam kembali terpeleset ke jurang degradasi.

Meski demikian, Arema memiliki kesempatan untuk menghindari hukuman degradasi itu lantaran meraih kemenangan dalam dua pertandingan terakhir Liga 1. Singo Edan baru saja mengalahkan Borneo FC Samarinda (2-1) dan PSM Makassar (3-2). Namun, nasib skuad Singo Edan mesti ditentukan dalam laga menghadapi Madura United pada pertandingan pemungkas Liga 1, Selasa (30/4/2024) mendatang.

Lantas, seperti apa syarat Arema FC untuk bisa lepas dari hukuman degradasi Liga 1 2023/2024?

1. Arema FC wajib menang dari Madura United

Hitung-hitungan Nasib Arema FC di Laga Terakhir, Bisa Lolos Degradasi?Arema FC dalam laga menghadapi Madura United pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Syarat pertama Arema FC untuk lolos dari hukuman degradasi adalah dengan memenangi pertandingan terakhir babak Reguler Series Liga 1 2023/2024 menghadapi Madura United pada pekan ke-34 Liga 1. Hasil kemenangan akan membuat posisi Singo Edan benar-benar aman.

Arema sendiri tengah bercokol di tangga-13 klasemen sementara Liga 1 dengan 37 poin. Bila menang dari Madura United, mereka dipastikan mengakhiri kompetisi dengan raihan 40 poin serta berpeluang naik peringkat. Ini membuat poin mereka pun tidak akan terjangkau dari kejaran tim kompetitor macam PSS Sleman (36 poin), Persita Tangerang (36 poin), dan RANS Nusantara (35 poin) meski nantinya meraup kemenangan pula pada pertandingan penentu.

Baca Juga: Arema FC Tunggu Hasil Pertandingan Persis vs Persita

2. Jika imbang, Arema FC berharap tim kompetitor gagal menang pada laga penentu

Hitung-hitungan Nasib Arema FC di Laga Terakhir, Bisa Lolos Degradasi?Arema FC dalam laga menghadapi Madura United pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Berbeda cerita bila Arema FC hanya imbang dari Madura United pada pertandingan penutup Reguler Series Liga 1 2023/2024. Hasil ini tentu membuat nasib mereka kembali terancam masuk ke jurang degradasi. Namun, asumsi itu tetap mesti menunggu hasil akhir dari pertandingan PSS Sleman, Persita Tangerang, dan RANS Nusantara.

Nasib Singo Edan akan selamat manakala ketiga klub itu gagal menang pada pertandingan pemungkas Liga 1. Dengan catatan PSS, Persita, dan RANS optimalnya mengemas hasil imbang. Jika terjadi, maka semua klub tersebut akan menyudahi klasemen akhir Liga 1 dengan statistik Arema (38 poin), PSS (37 poin), Persita (37 poin), dan RANS (36 poin).

Di samping itu, sebenarnya Arema hanya membutuhkan 1 dari 3 tim kompetitor sebagai tumbal degradasi. Jadi, Singo Edan hanya menunggu salah satu dari PSS, Persita, dan RANS untuk terpeleset pada pertandingan penentu sehingga bikin posisi mereka tetap aman. Dikatakan demikian karena kuota degradasi Liga 1 tinggal menyisakan untuk 1 slot saja sedangkan 2 slot lain sudah diambil Persikabo 1973 dan Bhayangkara Presisi Indonesia FC.

3. Kekalahan dari Madura United akan memperkecil harapan Arema FC

Hitung-hitungan Nasib Arema FC di Laga Terakhir, Bisa Lolos Degradasi?Arema FC dalam laga menghadapi Madura United pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Arema FC akan menemui jalan lebih terjal ketika menelan kekalahan dari Madura United pada pertandingan pemungkas Reguler Series Liga 1 2023/2024. Ini membuat peluang lolos degradasi mereka kian mengecil. Posisi Singo Edan dipastikan tersalip jika PSS Sleman, Persita Tangerang, dan RANS Nusantara kompak menang pada laga penentu.

Meski demikian, hasil kekalahan Arema dari Madura United tetap bisa diselamatkan dengan tumbangnya salah satu tim kompetitor pada laga terakhir Liga 1. Tidak hanya itu, Singo Edan juga dapat mengandalkan hasil akhir dalam laga penentu RANS versus PSM Makassar. Sebab, wajah Arema tetap terselematkan bila RANS hanya imbang dari PSM. Ini disebabkan poin RANS (36 poin) tetap tidak menjangkau poin Arema (37 poin) di klasemen akhir.

Sementara itu, ada skenario lain jika RANS berhasil menang sedangkan PSS dan Persita hanya imbang pada laga penentu. Ini membuat pertarungan degradasi hanya tertuju kepada Arema, PSS, dan Persita yang mengemas 37 poin di klasemen akhir. Dengan begitu, adu rekor head to head mesti diambil untuk menemukan siapa di antara ketiganya yang layak degradasi.

Arema FC, PSS Sleman, Persita Tangerang, dan RANS Nusantara menjadi tim yang sama-sama berpeluang terperosok ke jurang degradasi pada akhir babak Reguler Series Liga 1 Indonesia 2023/2024. Menurut kalian, tim manakah yang mampu menyelamatkan diri dari hukuman turun kasta?

Baca Juga: Greg Nwokolo Kesal, Arema FC Disebut Menang Cuma Modal Penalti

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya