Dibantai Dewa United, Persebaya Dihukum 2 Gol Mantan

Bajol Ijo keok dengan skor telak 0-3

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya gagal mengamankan poin penuh saat meladeni tantangan Dewa United pada pekan ke-31 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (16/4/2024) sore WIB, tim asuhan Paul Munster mesti bertepuk jidat usai keok dengan angka mencolok 0-3.

Persebaya menurunkan susunan materi pemain terbaik dalam laga ini. Namun, itu tidak membuat Bajol Ijo tampil leluas pada 20 menit pertandingan babak pertama. Mereka justru mendapat gempuran bertubi-tubi oleh tim tamu. Dawa United sanggup mengancam gawang Persebaya lewat aksi Ricky Kambuaya (12'), Alex Martins (14'), Risto Mitrevski (15'), dan Egy Maulana Vikri (18'). Untungnya, tidak ada satu peluang pun yang berbuah gol.

Lini tengah Persebaya benar-benar kalah bersaing setelah itu. Alhasil, mereka lebih sering memainkan bola direct ke arah penyerang. Dengan kata lain, Persebaya hanya mengandalkan umpan bola panjang dari sisi kanan dan kiri lapangan untuk membangun serangan hingga pertandingan berlangsung 40 menit. Skuad Bajol Ijo tampak terlalu mengikuti irama permainan Dewa United sejauh itu.

Benar saja, pada menit ke-40, Persebaya mesti mendapat hukuman. Gawang mereka akhirnya jebol setelah dibobol Ricky Kambuaya. Eks gelandang andalan Persebaya itu berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai melakukan kombinasi umpan dengan Egy Maulana serta melakukan finishing yang sempurna. Ricky pun membawa Dewa United unggul 1-0 atas Bajol Ijo hingga turun minum.

Usai jeda, Persebaya tampak memperbaiki segala kekurangan yang ada pada babak pertama. Ini karena Paul Munster langsung mengubah taktik permainan anak asuhnya makin agresif pada paruh kedua. Buktinya, Bajol Ijo berhasil bikin serangan bertubi-tubi melalui determinasi Paulo Henrique (55', 59'), Robson Duarte (57'), dan Arief Catur Pamungkas (61'). Namun, nahas, seluruh peluang itu tetap gagal membawa Persebaya menyamakan angka dari Dewa United hingga laga berjalan 65 menit.

Alih-alih mencetak gol penyama kedudukan, petaka justru menerpa Persebaya lagi seusai itu. Tuan rumah malah kebobolan dua gol sekaligus lewat sontekan Ahmad Nufiandani (69') dan Alex Martins (72'). Bajol Ijo lagi-lagi dihukum oleh gol mantan pemain, Nufiandani, yang pernah berkostum Bajol Ijo sebelumnya. Kini, keadaan sulit kian dialami Persebaya setelah tertinggal 0-3 dari Dewa United.

Persebaya benar-benar tidak berdaya saat melewati sisa menit dalam pertandingan kontra Dewa United. Itu karena mereka gagal mengemas gol sebiji pun untuk memperkecil kedudukan hingga wasit meniup peluit panjang. Praktis, Bajol Ijo harus berlapang dada setelah dibantai 0-3 oleh Dewa United.

Di sisi lain, kekalahan dari Dewa United juga membuat kondisi Persebaya belum aman dari hukuman dagradasi Liga 1 2023/2024. Itu disebabkan posisi mereka masih rawan terperosok ke zona merah. Untuk sementara, Persebaya sendiri masih bercokol di tangga ke-10 dengan koleksi 39 poin di klasemen Liga 1.

Baca Juga: Preview Laga Persebaya vs Dewa United di Pekan 31 Liga 1

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya