Aji Santoso Melihat Peluang Timnas Indonesia ke Final Piala Asia U-23

Indonesia jangan remehkan Uzbekistan

Malang, IDN Times - Malam nanti (29/4/2024) Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan berjumpa dengan Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-23 Qatar 2024. Ini akan menjadi momen penentuan apakah Timnas Indonesia asuhan Shin Taeyeon akan kembali menorehkan sejarah atau terhenti di babak ini.

Namun, Timnas Indonesia saat ini bukan lagi tim yang bisa diremehkan oleh lawan-lawannya. Pasalnya mereka sebelumnya berhasil menumbangkan tim kandidat juara, Korea Selatan, di babak 8 besar.

1. Aji Santoso melihat ada peluang Timnas Indonesia melaju ke babak final Piala Asia U-23

Aji Santoso Melihat Peluang Timnas Indonesia ke Final Piala Asia U-23Mantan Pemain Timnas Indonesia, Aji Santoso. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Mantan pemain Timnas Indonesia yang kini melatih Persikabo 1973, Aji Santoso mengatakan jika Marselino Ferndinan dan kawan-kawan memiliki peluang untuk lolos ke babak final. Tapi mereka tidak boleh meremehkan calon lawannya kendati berhasil menumbangkan raksasa Korea Selatan. Mereka tetap harus bermain kolektif dan tidak boleh membiarkan Uzbekistan menguasai bola sampai ke lini pertahanan Garuda muda.

"Kemungkinan ada (lolos ke final) tapi tidak mudah, karena Uzbekistan juga tim bagus. Tapi paling tidak di event U-23, Indonesia sudah tampil sangat luar biasa. Ini jadi kekuatan kepercayaan diri pemain dulu, kalau pemain terlanjur percaya diri, lawan siapa saja enggak ada takutnya," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (29/4/2024).

Pada laga yang akan digelar pada pukul 21.00 WIB nanti, Aji berharap Timnas Indonesia kembali menampilkan performa seperti saat melawan Jordania dan Korea Selatan. Dengan performa itu, ia yakin Yordania akan berhasil ditaklukan.

Baca Juga: 3 Bintang Uzbekistan yang Jadi Ancaman Timnas U-23 di Piala Asia 2024

2. Aji Santoso sangat ingin melihat Timnas sepak bola Indonesia di Olimpiade

Aji Santoso Melihat Peluang Timnas Indonesia ke Final Piala Asia U-23Aksi pemain Timnas U-23 saat berhadapan dengan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI).

Aji Santoso juga menyampaikan impiannya untuk melihat Timnas Indonesia berlaga di Olimpiade Paris 2024. Pasalnya memang Indonesia hampir selalu tersingkir sebelum bisa menginjakkan kakinya di pentas sepak bola level dunia. Jadi ini akan jadi kesempatan untuk Indonesia kembali mengukir sejarah.

"Yang jelas kita sudah semifinal, tinggal satu lagi mereka tampil di olimpiade, kalau kita bisa tampil di olimpiade ini sejarah baru, selama ini kan kita tidak pernah. Dan Korea selama 36 tahun selalu tampil di olimpiade, baru kali ini dia tidak bisa lolos di olimpiade, itu karena tim kita," tegasnya.

Aji mengingatkan jika Malam nanti akan menjadi laga yang lebih berat dibandingkan melawan Korea Selatan. Pasalnya Uzbekistan juga akan memiliki motivasi lebih karena sama-sama dekat dengan laga final. Jadi ia minta para pemain Indonesia memiliki motivasi lebih tinggi.

3. Aji Santoso singgung pemain-pemain Indonesia yang layak main di luar negeri

Aji Santoso Melihat Peluang Timnas Indonesia ke Final Piala Asia U-23Mantan Pemain Timnas Indonesia, Aji Santoso. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Besar harapan masyarakat Indonesia melihat pemain-pemain lokal mereka bermain di luar negeri. Setelah penampilan mereka di Piala Asia U-23 ini, diprediksi makin banyak tim-tim dari Asia bahkan Eropa yang melirik bakat-bakat lokal. Aji juga melihat peluang itu, tapi ia menilai tidak semua bisa bermain di Eropa.

"Marsel (Marselino Ferndinan) dan Arhan cukup bagus, mereka menunjukkan selama kompetisi di abboard itu ada input, ada perkembangan. Marcel lebih matang main bolanya, lebih dewasa, Arhan pun juga seperti itu. Jadi selama main di luar negeri kompetisi di luar negeri, pemain-pemain seperti Asnawi, Marsel, dan Arhan memang ada improve ada perkembangan yang cukup bagus. Kalau saya lihat sekarang perkembangan Marsel luar biasa, dia jadi lebih dewasa cara bermainnya, lebih kuat, lebih mobility, dan dia konsisten main terus selalu starter," jelasnya.

Aji juga berpendapat jika pemain-pemain belia Indonesia lebih baik dimatangkan dulu di Indonesia, pasalnya tidak menjamin juga tim-tim luar negeri memiliki kualitas untuk mengembangkan bakat pemain. Kemudian pada usia 16 tahun bisa mengikuti abboard di Eropa atau tim-tim papan atas Asia. Ia yakin jika di Indonesia pasti ada bakat-bakat muda yang menyaingi Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo saat usia 16 tahun.

"Karena di luar negeri itu pemain muda-muda juga banyak yang bagus. Jadi kalaupun ada agen yang qualified, jangan hanya sekedar ikut latihan saja buat apa," pungkasnya.

Baca Juga: Aji Santoso Nilai Kemenangan Indonesia atas Korsel Bukan Keberuntungan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya