TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menarik! Ini Dia Budaya dan Ciri Khas Kota Blitar 

Penuh dengan nilai budaya dan sejarah!

blitarkota.go.id: patung bung karno

Daerah yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur ini memiliki keragaman kebudayaan dan nilai-nilai sejarah yang sangat tinggi. Kota Blitar juga terkenal sebagai tempat dimakamkannya presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Kota Blitar juga memiliki berbagai macam julukan, di antaranya yaitu Kota Patria, Kota Peta, dan Kota Koi. Tentu saja hal ini mengacu pada nilai sejarah dan kebudayaan yang dimiliki oleh Kota Blitar itu sendiri. Nah, penasaran apa saja budaya dan juga ciri khas dari kota Blitar? Yuk, simak artikel berikut ini!

Budaya Kota Blitar

nusadaily.com: grebeg pancasila di blitar

Grebeg Pancasila
Grebeg Pancasila merupakan upacara budaya yang rutin digelar untuk memperingati hari lahirnya pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Tujuannya untuk mengenang proses lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

news.okezone.com: gong kyai pradah blitar

Gong Kyai Pradah
Salah satu aset budaya dari kabupaten Blitar yang sudah dilakukan secara turun-temurun. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk melestarikan kebudayaan bangsa sebagai warisan leluhur, juga sebagai upacara adat untuk mensejahterakan masyarakat dan membawa keberuntungan bagi siapa saja yang mengikutinya.

djarumfoundation.org: wayang orang

Wayang Orang
Wayang Wong atau yang disebut juga Wayang Orang mengacu pada istilah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut. Wayang orang termasuk sebagai salah satu bentuk seni karya sastra, karena di dalamnya terdapat unsur seni, seperti seni tari, seni musik, seni drama, dan seni suara. Hal yang menarik perhatian dari Wayang Orang ini yaitu pada setiap jeda pertunjukannya akan ada tarian kolosal yang dilakukan setiap pemainnya.

Berita Terkini Lainnya