TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mau Wisata Sambil Belajar, 6 Tempat di Jember Ini Wajib Dikunjungi 

Banyak tempat wisata edukasi di Jember

Pusat penelitian kopi dan kakao di Jember. IDN Times/Humas Pemkab Jember

Kabupaten Jember dikenal sebagai kota Tembakau Na Oogst sebagai bahan baku pembuatan rokok cerutu. Maka, bila mampir ke Jember kamu perlu mengunjungi sebuah museum tembakau yang dikelola Pemkab Jember.

Di sana, kamu akan melihat aneka jenis tembakau, informasi sejarah hingga produk olahan tembakau seperti parfum. Tidak hanya museum, Jember juga dikenal sebagai pusat kawasan perkebunan di Indonesia.

Berikut adalah 6 museum dan tempat wisata edukasi yang layak kamu kunjungi saat berada di Jember.

1. Museum Tembakau Jember

Museum Tembakau Jember. Instagram.com/museumtembakau.jember

Bila mampir ke Jember, kamu akan mudah menemukan tanaman dan gudang tembakau, terutama saat musim tanam. Untuk mengenal lebih dekat tentang dunia pertembakauan, kamu bisa mampir ke museum tembakau yang ada di Jl Kalimantan No.1, Krajan Timur, Kecamatan Sumbersari.

Lokasi museum ini cukup strategis, berada di kawasan Kampus Universitas Jember. Di sana, pengunjung akan dipandu oleh petugas yang menjaga museum bila ingin mendapatkan informasi soal tembakau. 

Museum ini menyimpan contoh produk panen daun tembakau, obat obatan herbal dari tembakau, bahkan juga ada minyak wangi dari tembakau. Bila ingin mendalami informasi tentang sejarah tembakau Jember, di museum ini juga dilengkapi buku buku hasil penelitian yang bisa dibaca pengunjung.

2. Museum Huruf Jember

https://www.instagram.com/museumhuruf/?hl=en

Selanjutnya, di Jember juga terdapat Museum Huruf yang dikelola oleh warga dan komunitas Rumah Desain Mix Media. Berdiri sejak tahun 2016, Museum Tulis Jember mencoba menghadirkan koleksi naskah naskah tulisan kuno dari berbagai bahasa.

Pengunjung bisa belajar seperti apa jenis dan bentuk tulisan mandarin, korea, sansekerta, mesir kuno, dan lainnya. 

Museum Tulis Jember berada di Jl. Bengawan Solo No.27, Tegal Boto Lor, Sumbersari. Di sana, juga tersedia tempat untuk santai sambil memesan aneka minuman kopi. Kemudian, layanan designer dan babershop.

3. Gudang Benda Purbakala

Instagram.com/pplgudangpurbakalajember

Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata sambil belajar adalah Gudang Purbakala Jember. Di sini kamu bisa melihat benda-benda pra sejarah seperti menhir, batu kenong, kapak batu, tengkorak, tombak dan lainnya. Benda-benda itu disimpan di ruangan milik Balai Pelestari Cagar Budaya di jalan Kreongan Atas, Jemberlor, Kecamatan Patrang.

Saat berkunjung ke sana, pengunjung bisa masuk dan belajar bersama petugas pelestari cagar budaya. Hanya saja, ruangannya yang sempit membutuhkan konfirmasi ke petugas terlebih dahulu bila ingin datang bersama rombongan, seperti wisata edukasi sekolah, atau penelitian.

Baca Juga: Beragam! Ini 10 Kesenian Khas Jember

4. Landhep Agung GalleryMuseum

Landhep Agung Gallery. IDN Times/Tangkapan layar google street view.

Satu lagi, di Jember terdapat benda-benda bersejarah yang dirawat secara komunitas. Benda-benda bersejarah tersebut berada di Landhep Agung Gallery
Museum.

Landhep Agung Gallery Museum menyimpan artefak-artefak kuno seperti senjata, mahkota, perhiasan dan benda metereoit. Museum ini berada di Jl. Sumatra No.58, Tegal Boto Lor, Sumbersari.

5. Monumen Letkol Moch Sruji

Instagram.com/sroedji

Bila sedang mampir ke Jember, kamu akan melihat patung besar seorang pahlawan di depan Kantor Pemkab Jember. Siapa sangka, bahwa patung tersebut merupakan pejuang yang turut mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Jember saat agresi militer Belanda.

Bila ingin melihat tempat perjuangan terakhir Letkol Moch Sruji, bisa mengunjungi monumennya di Dusun Krajan, Karang Kedawung, Kecamatan Mumbulsari.

Baca Juga: 7 Restoran di Jember yang Nyaman untuk Keluarga

Berita Terkini Lainnya