TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Wisata Menarik di Gunung Banyak, Paralayang Hingga Romantic Camp

Menarik banget buat dikunjungi!

Wisata Paralayang Batu (Instagram.com/amazingmalang)

Gunung Banyak merupakan salah satu gunung yang berada di Kota Wisata Batu. Tempat ini tidak hanya menjadi spot mendaki, namun terdapat banyak objek wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah Wisata Paralayang.

Saat berkunjung ke Gunung Banyak, kamu dapat mampir ke beberapa objek wisatanya yang bakal sayang banget jika dilewatkan. Penasaran ada wisata apa saja di Gunung Banyak? Yuk cari tahu informasinya berikut ini!

1. Wisata Paralayang

Wisata Paralayang (instagram.com/paralayangkotabatu)

Berada di ketinggian 1315 mdpl, Paralayang Kota Wisata Batu ini menjadi spot menarik untuk bermain olahraga udara sembari menikmati pemandangan alam yang indah. Tempat ini memiliki lintasan panjang sehingga banyak menarik wisatawan yang ingin menjajal terbang bebas di udara. 

Buka selama 24 jam, kamu bisa bermain paralayang di Paralayang Kota Wisata Batu mulai dari pagi hingga malam hari. Selain itu, tempat ini juga menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunset. Nah buat kamu yang ingin mencoba sensasi melayang di udara, kamu perlu membayar mulai Rp450 ribu hingga Rp850 ribu.

2. Omah Kayu

Omah Kayu (Instagram.com/batuexplore)

Di Gunung Banyak juga terdapat spot foto yang menarik dan instragamabel sekaligus dapat dijadikan lokasi menginap, yakni Omah Kayu. Seperti namanya, rumah-rumah ini terbuat dari kayu pohon eukaliptus, pinus dan juga kasuarina yang berkualitas tinggi. Rumah kayu tersebut dibangun di atas pohon pinus yang berada di lereng Gunung Banyak.

Tidak hanya menikmati suasana alam hutan pinus, saat berada di rumah kayu, kamu bisa menyaksikan keindahan alam Gunung Banyak dan Kota Batu yang nampak menawan, terutama saat malam hari. Di depan rumah kayu, terdapat balkon dengan bahan serupa yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati keindahan alam.

Jadi buat kamu yang ingin menikmati sensasi menginap di rumah kayu, kamu harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Sedangkan tarif untuk menginap di tempat ini ditawarkan mulai Rp350 ribu hingga Rp450 ribu. Namun buat kamu yang ingin berfoto saja, kamu hanya akan dikenai tarif Rp5 ribu rupiah.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Religi di Malang, Dari Masjid Hingga Makam

3. Taman Langit

Taman Langit (Instagram.com/tamanlangitgunungbanyak)

Selain bermain olahraga udara dan menginap di Omah Kayu, kamu juga bisa mampir untuk hunting foto ke Taman Langit. Saat berada di tempat wisata ini, galeri kamu bakal penuh dengan foto-foto yang menarik yang bisa kamu ambil di beberapa spotnya seperti spot foto negeri dongeng, gerbang eksotis yang terbuat dari akar tanaman.

Selain itu, ada pula jalan paving unik dengan batu berwarna-warni. Kamu juga bisa menikmati udara pegunungan yang segar serta bersantai di ranjang rumput Taman Langit dari rumput hias. Replika angsa putih raksasa, putri bersayap, sarang burung besar hingga pemandangan Kota Batu yang menawan bisa kamu jadikan spot foto saat berkunjung ke Taman Langit.

Menariknya lagi, tempat ini bisa kamu kunjungi mulai dari pukul 07.00 WIB hingga tengah malam pukul 00.00 WIB sehingga kamu dapat mengeksplor tempat wisata ini sampai puas. Dengan seabrek fasilitas tersebut, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi tiket Rp20 ribu saja, lho! 

4. Goa Pinus

Gardu pandang Goa Pinus (Instagram.com/jelajahbatu)

Ingin tempat wisata yang anti mainstream saat berkunjung ke Gunung Banyak? Kamu bisa mampir ke Gussari Goa Pinus. Seperti namanya, di area wisata hutan pinus ini terdapat gua peninggalan Jepang yang memiliki panjang 5 meter dengan tinggi hanya sekitar 1,5 meter.

Namun tak hanya gua tersebut yang menjadi spot menarik dari Gua Pinus, suasana alamnya yang sejuk, pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi serta rindang, serta berbagai spot foto menarik seperti gazebo akar, rumah Papua, perahu melayang, balon udara, sangkar lingkaran, dan berbagai spot foto lainnya bisa kamu temukan di tempat ini.

Yang paling ikonik dari Gua Pinus adalah gardu pandang yang dapat dijadikan sebagai lokasi hunting foto hingga bersantai menikmati keindahan alam dari ketinggian. Sayangnya, wisata ini hanya dapat kamu akses mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB dengan membayar tiket Rp10 ribu.

Baca Juga: Wisata Taman Langit Malang, Nikmati Pesona Alam dari Gunung Banyak

Verified Writer

Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya