Comscore Tracker

SK Penundaan Kompetisi Baru Turun, Persik: Telat

Harusnya Oktober lalu untuk mengatur gaji pemain

Kediri, IDN Times - Terbitnya Surat Keputusan (SK) dari PSSI tentang penundaan kompetisi di tahun 2020, ditanggapi oleh manajemen Persik Kediri. Surat tersebut telah diterima pihak managemen pada Senin (16/11/2020) lalu.

Dalam surat tersebut PSSI memutuskan menunda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 tahun ini. Kompetisi akan dilanjutkan pada bula Februari tahun depan, dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

1. SK PSSI dinilai terlambat turun karena membahas gaji pemain

SK Penundaan Kompetisi Baru Turun, Persik: TelatPemain Persik Kediri saat mengikuti latihan perdana di Stadion Brawijaya, IDN Times/ istimewa

Presiden Klub Persik Kediri, Abdul Hakim Bafagih mengapresiasi surat keputusan ini. Namun, terdapat beberapa poin yang dinilai masih kurang. Di antaranya, nasib klub yang menjadi peserta di Liga 1 maupun Liga 2.

Selain itu, surat ini dinilai juga terlambat. Seharusnya surat turun pada awal bulan karena membahas masalah pembayaran gaji pemain bulan Oktober. "Semestinya SK diterbitkan lebih awal karena mengatur gaji Oktober. Sementara kami baru menerima SK di pertengahan bulan ini," ujarnya, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga: Latihan Diliburkan, Pemain Persik Masih Digaji Hingga Akhir Kontrak

2. Pembayaran gaji Oktober-Desember 25 persen

SK Penundaan Kompetisi Baru Turun, Persik: TelatPemain Persik Kediri saat mengikuti latihan perdana di Stadion Brawijaya, IDN Times/ istimewa

Pada poin keempat dalam surat bernomor SKEP/69/XI/2020 ini, PSSI mengatur pembayaran gaji pemain, pelatih dan offisial. Mulai bulan Oktober hingga Desember pihak klub bisa membayar gaji mereka maksimal 25 persen, dari kewajiban yang tertera dalam perjanjian kerja.

Apabila kompetisi telah berjalan, pihak klub bisa melakukan kesepakatan ulang dengan pemain. Hakim mengingatkan agar PSSI benar-benar memikirkan klub Liga 1. Jangan sampai ada kekosongan hukum dalam mengatur hubungan klub dengan pemain, pelatih dan ofisial. "Kami butuh di-back up PSSI dengan regulasi yang lebih tegas," imbuhnya.

3. Minta jaminan keberlangsungan kompetisi tahun depan

SK Penundaan Kompetisi Baru Turun, Persik: TelatPemain Persik Kediri saat mengikuti latihan perdana di Stadion Brawijaya, IDN Times/ istimewa

Hakim juga menilai meskipun dalam SK sudah menjelaskan kompetisi akan dilanjutkan pada bulan Febriari tahun depan, namun hal ini tidak bisa menjadi jaminan. Pihak klub membutuhkan kepastian dan jaminan lanjutan kompetisi.

"Jangan sampai kejadian penundaan kompetisi Oktober lalu terulang kembali. Sebab, jika tidak ada kepastian yang jelas, klub bukan hanya rugi tetapi semua klub Liga 1 bisa bangkrut," pungkasnya.

Baca Juga: Jaga Pemasukan Klub, Persik Sewakan Stadion Brawijaya untuk Umum

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Tanggapi SK Penundaan Kompetisi, Persik: Telat

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya