TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Stadion Gelora Bangkalan, Markas Kedua Madura United

Tak kalah megah dengan Gelora Madura Ratu Pamelingan

Stadion Gelora Bangkalan (instagram.com/dok. maduraunited.fc)

Madura United baru meresmikan penggunaan Stadion Gelora Bangkalan sebagai homebase kedua di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Dengan demikian, klub kebanggaan masyarakat Madura itu memiliki dua stadion unggulan saat ini. Mereka juga memakai Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan sebagai markas utama.

Gelora Bangkalan sendiri merupakan stadion yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Stadion berkapasitas 14.000 lebih tempat duduk itu resmi didirikan pada 2012. Gelora Bangkalan dulunya tak terawat, namun menjadi megah usai direnovasi. Uniknya, tempat ini juga mempunyai sarana wisata bagi keluarga.

Yuk, ketahui 5 fakta Stadion Gelora Bangkalan lewat ulasan berikut!

Baca Juga: Pindah Homebase, Ini 4 Laga Madura United di Gelora Bangkalan

1. Salah satu stadion terbaik di Madura

Stadion Gelora Bangkalan (jatim.inews.id/Taufik Syahrawi)

Gelora Bangkalan merupakan salah satu stadion terbaik di Madura. Stadion ini hampir menyaingi stadion utama yang baru saja dibangun, Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan. Sebuah stadion berkapasitas kisaran 14.000 kursi penonton yang dibangun di Pamekasan pada 2016.

Kedua stadion tersebut begitu digandrungi oleh masyarakat Madura. Pasalnya, Gelora Bangkalan dan Gelora Madura Ratu Pamelingan jadi markas utama klub sepak bola dari wilayah mereka. Diketahui, ada tiga klub yang menggunakan dua stadion ini. Mereka adalah Madura United, Persepam Pamekasan, dan Perseba Bangkalan.

2. Sempat tak terawat, namun akhirnya dibangun megah

Stadion Gelora Bangkalan saat direnovasi pada 2020. (instagram.com/infomdr)

Stadion Gelora Bangkalan dahulunya tak memperoleh perhatian khusus dari Pemerintah Daerah. Banyak beberapa fasilitas yang tak terawat dengan semestinya. Namun, stadion ini mulai direnovasi seiring perkembangan atlet-atlet sepak bola Madura dan atlet di seluruh Indonesia.

Renovasi besar-besaran Gelora Bangkalan sendiri terjadi menjelang dihelatnya Asian Games 2019 di Surabaya. Hal ini dilakukan guna mendukung tawaran dari Ibu Kota Jawa Timur itu. Sejak saat itu, stadion ini kembali dikembangkan sarana dan prasarananya. Gelora Bangkalan pun menjadi lebih megah hinggi kini.

3. Dilengkapi fasilitas wisata keluarga

Pumara sebagai tempat wisata kuliner di luar Stadion Gelora Bangkalan. (kaskus.co.id/Mulia)

Stadion Gelora Bangkalan dibangun untuk menunjang segala aspek kehidupan masyarakat. Mulai dari bidang olahraga, ekonomi, dan pariwisata. Semua itu diterapkan dalam pembangunan stadion ini. Gelora Bangkalan juga dilengkapi sarana wisata untuk keluarga.

Stadion Gelora Bangkalan memiliki fasilitas tempat kuliner yang bernama Pumara (Pusat Makanan Rakyat). Sebuah tempat yang menjual aneka ragam jenis makanan dan minuman. Tempat ini memiliki konsep food court alias sekumpulan penjual dalam satu tempat yang besar. Pumara sendiri terletak luar stadion Gelora Bangkalan sebelah Selatan.

4. Uji kelayakan stadion dilakukan pada 2023

Kunjungan tim Auditor Risk Assessment Mabes Polri ke Stadion Gelora Bangkalan pada 2023. (jatimnow.com/Yisa)

Usai melewati beragam renovasi, Stadion Gelora Bangkalan selanjutnya melewati tes uji kelayakan pada 2023. Itu dilakukan oleh Tim Auditor Risk Assessment Mabes Polri yang diketuai oleh Kombes Pol Muhammad Yudi Hartanto. Uji tersebut dilakukan guna mengukur seberapa layak Gelora Bangkalan digunakan di kompetisi tertinggi Liga Indonesia.

Untungnya, Gelora Bangkalan berhasil lolos dari uji tersebut. Stadion ini bisa digunakan di kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia mulai 2023. Namun, masih ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Gelora Bangkalan harus memperbaiki kualitas pencahyaan stadion dan sarana khusus bagi penyandang disabilitas.

Baca Juga: Mengenal Striker Asing Madura United dari Brasil Junior Brandao

Verified Writer

rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya