Comscore Tracker

Unej Buka SBMPTBR Bagi yang Gagal SBMPTN, Cek Tahapannya!

Jangan putus asa, masih ada jalan lain

Jember, IDN Times - Sebanyak 29.594 orang dari 33.428 yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di Universitas Jember dinyatakan tidak lolos. Kendati tidak lolos, bagi yang ingin kuliah di Universitas Jember jangan berkecil hati. Sebab, jalur pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) telah dibuka.

1. Dibuka hingga 25 Juni

Unej Buka SBMPTBR Bagi yang Gagal SBMPTN, Cek Tahapannya!Wakil Rektor I Universitas Jember bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Slamin. IDN Times/Istimewa

Wakil Rektor I Universitas Jember bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Slamin mengatakan, jalur pendaftaran SBMPTBR telah dibuka mulai tanggal 14 hingga 25 Juni 2021.

"Bagi peserta yang tidak lolos dalam SBMPTN 2021 tidak perlu berkecil hati, karena saat ini Universitas Jember telah membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 25 Juni mendatang," ujar Slamin, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Dari 33.428 Peserta SBMPTN di Unej, Hanya 3.834 yang Lolos 

2. Alur pendaftaran SBMPTBR

Unej Buka SBMPTBR Bagi yang Gagal SBMPTN, Cek Tahapannya!Ilustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelum mendaftar di jalur SBMPTBR, pihaknya mengingatkan agar para siswa mempelajari alur pendaftaran melalui laman resmi sbmptbr.unej.ac.id.

"Detail panduan lengkapnya melalui laman resmi sbmptbr.unej.ac.id. jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan kepada kami melalui akun sosial media resmi Univesitas Jember,” ujarnya.

Dalam panduan resmi, para peserta bisa langsung mendaftar secara online di website sbmptbr.unej.ac.id dengan langsung megakses menu "Pendaftaran". Selanjutnya peserta diminta mengisi biodata mulai dari nama sesuai ijazah, NIK, jenis kelamin, jurusaj di SMA/SMK sederajat, dan pilihan kelompok ujian.

Usai mengisi biodata diri, peserta bakal mendapat KAP dan PIN untuk kemudian dicetak sebagai ID pembayaran pendaftaran SBMPTBR di bank sebesar Rp 350.000. Usai membayar, peserta harus mengakses kembali situs sbmptbr.unej.ac.id menggunakan KAP dan PIN. Selanjutnya tinggal meng-upload foto pribadi, mengisi data personal, memilih program studi hibgga mencetak kartu peserta SBMPTBR.

3. Jurusan kedokteran paling diminati 

Unej Buka SBMPTBR Bagi yang Gagal SBMPTN, Cek Tahapannya!Kampus Universitas Jember. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, dari 33.428 peserta yang mengikuti SBMPTN hanya 3.834 peserta yang dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa Universitas Jember.

"Bagi calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lolos wajib melakukan verifikasi data dan berkas pada tanggal 16 Juni hingga 25 Juni 2021. Kemudian dilanjutkan dengan proses registrasi online pada tanggal 1 sampai 9 Juli 2021,” ujarnya.

Berdasarkan data peserta SBMPTN program studi yang paling banyak diminati oleh siswa di Universitas Jember yakni rumpun Sains Teknologi. Posisi pertama ditempati Program Studi Pendidikan Dokter dengan jumlah pendaftar sebanyak 2.467 peserta.

Diikuti oleh Program Studi Farmasi peminatnya mencapai 1.858 peserta. Posisi ketiga ditempati oleh Program Studi Ilmu Keperawatan dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.676 peserta. Posisi keempat dan kelima ditempati oleh Program Studi Pendidikan Dokter Gigi dan Kesehatan Masyarakat dengan Jumlah peseta masing-masing adalah 1.566 dan 1.139.

Baca Juga: 29.594 Peserta SBMPTN Tidak Lolos Seleksi Masuk Unej

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mohamad Ulil Albab di IDN Times Community dengan judul Unej Buka Jalur Seleksi Bersama Bagi yang Gagal SBMPTN, Cek Yuk!

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya