Comscore Tracker

Siap Layani Kunjungan, Lapas Lowokwaru Tunggu Kasus COVID-19 Turun

Lapas tersebut pun ditinjau langsung oleh Menkumham

Malang, IDN Times - Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas I Lowokwaru, Malang menyatakan siap menerima kunjungan. Namun, lantaran pandemik belum kunjung usai, keluarga Napi masih belum diizinkan berkunjung. 

Pihak Lapas Kelas I Lowokwaru sebenarnya sudah menyiapkan segala kelengkapan protokol kesehatan seperti memasang dinding pembatas dari plastik sebagai pembatas antara Napi dan keluarga penjenguk. Kesiapan dari Lapas kelas I bahkan sudah dilihat langsung oleh Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoly saat Rabu (16/9/2020). 

1. Menkumham apresiasi kesiapan Lapas Lowokwaru

Siap Layani Kunjungan, Lapas Lowokwaru Tunggu Kasus COVID-19 TurunMenteri Yasonna Laoly mencoba langsung membuat cat yang dilakukan oleh warha binaan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Yasonna Laoly juga melihat beberapa kelengkapan protokol COVID-19, sekaligus juga memantau kegiatan warga binaan selama menjalani hukuman. Menurutnya, untuk saat ini kunjungan langsung dari keluarga masih belum diperkenankan karena kasus COVID-19 di Jawa Timur masih cukup tinggi. Namun demikian, dirinya memberikan apresiasi positif atas upaya Lapas Lowokwaru untuk mempersiapkan kehidupan dalam lapas selama masa pandemik COVID-19. 

"Pemerintah memutuskan sudah ada tahapan berikutnya di Jatim ini. Prosesnya juga sudah mulai disiapkan oleh Lapas. Tetapi untuk kunjungan masih belum untuk sekarang ini," katanya Rabu (16/9/2020).

2. Tunggu perkembangan kasus COVID-19

Siap Layani Kunjungan, Lapas Lowokwaru Tunggu Kasus COVID-19 TurunMenteri Yasonna Laoly melihat langsung kesiapan bilik kunjungan untuk antisipasi COVID-19. IDN Times/ Alfi Ramadana

Yasonna juga menambahkan bahwa nantinya kebijakan yang dikeluarkan juga bakal ditambah dengan boleh melakukan kunjungan langsung. Tetapi semua itu bergantung pada perkembangan kasus COVID-19 di Jawa Timur.

Jika kasus COVID-19 sudah mulai menurun, maka secara bertahap kunjungan langsung ke Lapas juga bakal diperbolehkan. Namun tetap dengan menerapkan protokol COVID-19 yang ketat. 

"Kami akan pertimbangkan jika kasus COVID-19 di Jatim sudah bisa dikendalikan. Tetapi tetap dengan protokol COVID-19 yang ketat yaitu tidak bersentuhan langsung," tambahnya. 

3. Apresiasi program Lapas Kelas I Lowokwaru

Siap Layani Kunjungan, Lapas Lowokwaru Tunggu Kasus COVID-19 TurunProses kunjungan belum diperbolehkan di Lapas Kelas I Lowokwaru. Kiriman barang dilakukan secara drive thru. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain itu, Yasonna juga sempat melihat aktifitas para warga binaan. Termasuk dirinya juga sempat melihat pengelolaan sampah oleh warga binaan. Menurutnya sistem pengelolaan sampah di Lapas Kelas I Lowokwaru sudah sangat bagus dan harus terus dikembangkan. Apalagi sampaj tersebut diolah menjadi pupuk. Hal itu bisa menekan pengeluaran terutama untuk biaya pembuangan sampah. 

"Sekarang jadi lebih bermanfaat karena diolah menjadi pupuk. Tentu ini menjadi hal yang baik," sambungnya. 

Baca Juga: Pengirim Salak Isi Pil Koplo ke Lapas Jombang Dibekuk di Nganjuk

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Siap Layani Kunjungan, Lapas Lowokwaru Malang Tunggu COVID-19 Turun

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya